Tips Memilih Laptop untuk Karyawan
Tips & Tutorial

Tips Memilih Laptop untuk Karyawan yang Bagus dan Murah

Memilih laptop untuk karyawan tidak bisa asal pilih. Di satu sisi karyawan butuh laptop yang bagus untuk kerja lebih cepat dan mudah dibawa-bawa. Sedangkan, di satu sisi pemilik usaha harus memperhatikan budget yang dikeluarkan untuk semua karyawannya.

Banyak juga karyawan saat ini yang sering bekerja di luar kantor, seperti: kafe, hotel, dan di perjalanan. Oleh karena itu, karyawan juga membutuhkan laptop yang mempermudah pekerjaan dan sangat mobile. Ada banyak laptop yang dijual di pasaran, dan banyak serinya. Setiap seri laptop punya keunggulannya sendiri.

Untuk membantu Anda memilih laptop yang bagus untuk karyawan, Bhinneka akan memberikan rekomendasi apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop untuk karyawan. Termasuk apa saja spesifikasi dan fitur yang wajib dimiliki laptop karyawan.

Tips Memilih Laptop untuk Karyawan

Prosesor untuk Laptop Karyawan

Ada 2 merk prosesor yang paling umum digunakan di laptop karyawan, yaitu: Intel dan AMD. Untuk laptop tahun 2022, disarankan memilih laptop dengan prosesor minimal Intel Core i3 generasi ke-10. Jika lebih baik bisa pilih prosesor Intel generasi ke-11 atau di atasnya. Sedangkan, untuk AMD disarankan AMD Ryzen 3 seri 5000 atau di atasnya.

Kemudian untuk grafisnya biasanya prosesor terbaru sudah dilengkapi integrated VGA. Laptop karyawan tidak terlalu membutuhkan kartu grafis tambahan. Kecuali jika karyawan Anda membutuhkan laptop untuk desain grafis dan editing video. Prosesor Intel Core generasi ke-10 dan AMD Ryzen seri 5000 sudah cukup mampu untuk menangani pekerjaan yang cukup berat.

Kapasitas RAM yang Ideal

Laptop karyawan yang bagus di tahun 2022 disarankan memiliki kapasitas RAM minimal 4GB. Kapasitas RAM 4GB juga sebenarnya sudah sangat minimal. Karena untuk menjalankan sistem operasi Windows 10, RAM 4GB sudah cukup sesak. Apalagi untuk menjalankan sistem operasi Windows 11, kapasitas RAM 4GB jadi persyaratan minimal.

Oleh karena itu, laptop karyawan di tahun 2022 direkomendasikan memiliki RAM 8GB. Untuk soal harga, laptop karyawan dengan RAM 4GB memang lebih murah, namun RAM 8GB juga harganya semakin murah. Bagi pemilik usaha harus lebih bijak supaya tidak mengorbankan performa laptop demi memilih harga laptop yang lebih murah.

Jenis Storage yang Direkomendasikan

Laptop terbaru keluaran tahun 2022 kebanyakan sudah menggunakan storage jenis SSD. Supaya kinerja karyawan Anda tetap lancar, disarankan untuk memilih laptop dengan SSD. Dibanding HDD, performa SSD jauh lebih baik. Sistem operasi bisa bekerja lebih lancar, buka aplikasi lebih cepat, dan performa aplikasi lebih responsif.

Kemudian dari segi harga, laptop dengan SSD harganya semakin murah. Kelebihan lain dari laptop dengan SSD adalah dimensinya lebih ringkas dan beratnya lebih ringan. Laptop yang lebih ringkas dan ringan memudahkan karyawan Anda untuk bekerja di mana saja.

Baterai Tahan Lama dan Fast Charging

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat memilih laptop yang bagus untuk karyawan adalah kapasitas baterai dan kemampuan Fast Charging. Terutama jika karyawan Anda sering bekerja di luar kantor. Laptop jenis ultrabook (tanpa kipas) punya konsumsi daya baterai lebih efisien. Namun, harganya kebanyakan cukup mahal.

Tips Laptop untuk Karyawan

Ultrabook punya bobot lebih ringan, lebih kecil, dan punya daya tahan baterai lebih lama. Namun laptop standar atau mainstream saat ini juga banyak yang punya konsumsi baterai hemat. Prosesor juga berpengaruh pada boros atau tidaknya baterai laptop.

Laptop yang hemat baterai lebih menguntungkan. Karena tidak perlu terus menerus dicolok ke stok kontak. Tagihan listrik kantor jadi lebih hemat. Beberapa laptop terbaru 2022 juga punya Fast Charging supaya bisa mengisi baterai sampai penuh dalam waktu singkat.

Memilih Laptop Bisnis untuk Karyawan

Setiap data yang dikerjakan karyawan sifatnya rahasia. Karyawan bertanggung jawab untuk menjaga rahasia dan data-data penting perusahaan. Untuk bantu jaga kerahasiaan data, ada baiknya Anda membeli laptop bisnis karena memiliki fitur keamanan lebih lengkap.

Laptop bisnis punya daya tahan lebih baik, tahan cuaca ekstrem dan benturan, dan sudah dilengkapi keamanan berupa fitur enkripsi. Penyimpanan dan sistem operasi juga lebih aman dari pencurian data. Bahkan, ada beberapa laptop bisnis yang dilengkapi perlindungan USB untuk menghindari pencurian data melalui port USB.

Konektivitas Nirkabel Kencang (4G, 5G, dan WiFi)

Jika karyawan Anda sering bekerja di luar kantor, ada baiknya Anda mempertimbangkan beli laptop yang sudah dibekali konektivitas 4G atau 5G. Jadi, tidak perlu bergantung terus ke WiFi. Juga tidak perlu bawa-bawa modem saat kerja di mana saja. Namun, jika hanya ada pilihan WiFi, pastikan pilih teknologi WiFi terbaru supaya jaringan tetap stabil dan cepat.

Pertimbangan Saat Membeli Laptop untuk Karyawan

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop untuk karyawan. Namun sebagai pemilik usaha, Anda harus bijak dalam mengelola budget untuk pembelian laptop. Karyawan level staff yang menangani pekerjaan bersifat umum cukup beli laptop mainstream dengan harga Rp 6 sampai 10 jutaan.

Laptop yang Bagus untuk Karyawan

Untuk karyawan level senior sampai manajer disarankan beli laptop bisnis karena terbiasa berurusan dengan data dan dokumen rahasia. Mereka juga sering meeting dengan klien atau petinggi perusahaan rekanan, oleh karena itu ada baiknya bekali mereka dengan laptop yang bagus. Selain bisa membuat kerja lebih cepat, tapi juga bisa kasih image positif bagi perusahaan di mata klien.

Laptop karyawan idealnya memiliki ukuran layar 14 inci, paling kecil 13 inci. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core generasi ke-10 ke dan atau AMD Ryzen seri 5000 atau yang terbaru. Kapasitas RAM minimal yang paling direkomendasikan di tahun 2022 adalah 8GB. Sedangkan, jenis storage yang cocok adalah SSD.

Bhinneka menyediakan berbagai macam laptop yang bagus untuk karyawan. Ada laptop mainstream, laptop gaming, laptop untuk desain grafis, laptop bisnis, sampai ultrabook. Cari dan beli laptop karyawan terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply