Tim Bhinneka saat latih UMKM lokal
Bhinneka Events Seputar Bhinneka

Latih UMKM Lokal, Bhinneka Berkolaborasi dengan President University

Dengan semangat kolaborasi untuk pengembangan dan peningkatan UMKM, yang bahkan bisa dimulai dari lingkungan perguruan tinggi, Bhinneka dan SetSail BizAccel yang merupakan inkubator bisnis President University (PresUniv) telah meluncurkan platform Campus Marketplace pada Agustus lalu.

Kehadiran Campus Marketplace bertajuk SetSail Store ini ditujukan untuk beberapa hal. Selain menjadi lokapasar khusus civitas academica PresUniv yang melayani belanja kebutuhan sehari-hari, perlengkapan kuliah, maupun perkantoran, SetSail Store sekaligus menjadi wadah praktik nyata kewirausahaan yang dijalankan oleh para mahasiswa kampus yang berada di jantung kawasan industri terbesar Asia Tenggara, yakni Kawasan Industri Jababeka tersebut.

Seperti yang disampaikan Rektor PresUniv, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto saat peluncurannya beberapa waktu lalu, Campus Marketplace PresUniv yang dapat diakses melalui laman setsail.bhinneka.com ini menjadi salah satu upaya untuk terus mengembangkan ekosistem kewirausahaan (entrepreneurial ecosystem) di lingkungan kampus.

Latih UMKM lokal dengan digital marketing
Suasana pemaparan materi tentang Digital Marketing.

Namun, lebih dari itu, kemitraan Bhinneka dan PresUniv juga diperluas untuk menjangkau para pelaku UMKM lokal atau yang berada di sekitar lokasi kampus. Salah satu langkah nyatanya adalah dengan penyelenggaraan pelatihan UMKM binaan PresUniv yang berlangsung Sabtu (13/11) kemarin bertajuk “Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Desa Karangraharja dengan Campus Marketplace SetSail.Bhinneka.com”.

“Kami di Bhinneka menyadari bahwa sebuah ekosistem ekonomi digital yang ideal, tak lepas dari peran serta berbagai pihak. Sehingga kegiatan pembinaan ini menjadi salah satu langkah nyata sinergi antara Bhinneka selaku pelaku industri e-commerce, PresUniv sebagai institusi yang mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta masyarakat pelaku UMKM setempat demi terwujudnya pemberdayaan ekonomi digital yang optimal,” tutur Head of Corporate Communication Bhinneka, Astrid Warsito.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung B kampus PresUniv, Cikarang ini, para pelaku UMKM binaan dari Desa Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi, mendapatkan wawasan tentang beberapa hal mendasar. Diawali dengan Manajemen Strategi Bisnis di Era Digital, dilanjutkan dengan Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran, serta Pengenalan Digital Marketing. Semua materi dibawakan oleh berbagai tim dari Bhinneka, dan ditambah dengan pendampingan langsung kepada para peserta yang ingin onboard atau bergabung dalam platform.

Sementara itu, melalui kolaborasi dengan akademisi dan pemerintah lewat program #BanggaBuatanIndonesia, serta berbagai partner lainnya dalam melaksanakan program pelatihan pelaku UMKM serupa, Bhinneka mencatat pertumbuhan Merchant sekitar 30% di sepanjang tahun 2021. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menembus platform BeLa Pengadaan untuk belanja barang dan jasa di lingkungan pemerintahan.

Seluruh Merchant atau pelaku UMKM yang bergabung dalam platform Bhinneka berpeluang terkoneksi dengan berbagai mitra pemampu (enabler partners) dalam konteks business super-ecosystem. Mulai dari mitra perbankan, fintech, mitra penyedia layanan logistik, konsultan dan riset, serta institusi pengembangan bisnis lainnya.

Bhinneka dan PresUniv Latih UMKM
Para pemateri dari Bhinneka dan PresUniv, berfoto bersama peserta yang merupakan pelaku UMKM lokal binaan dari Desa Karangraharja.

Campus Marketplace kolaborasi Bhinneka dan PresUniv, SetSail Store dapat diakses melalui setsail.bhinneka.com.

Leave a Reply