Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Macam Jenis & Manfaat Vitamin B Kompleks

Ada berapa macam jenis vitamin B yang Anda ketahui? Vitamin B merupakan vitamin yang tidak hanya terdiri dari satu jenis saja seperti vitamin A atau vitamin C. Vitamin B terdiri dari 8 jenis vitamin yang berbeda. Kedepalan jenis vitamin ini dikenal dengan sebutan vitamin B Kompleks.

Tentunya dengan berbagai jenis yang berbeda, masing – masing jenis vitamin B ini memiliki manfaat dan kegunaan tersendiri untuk tubuh. Namun pada dasarnya, vitamin B berfungsi untuk menjaga agar sel tubuh dapat berfungsi dengan baik dan membantu metabolisme.

manfaat vitamin b kompleks

Pada artikel ini akan dibahas dengan singkat berbagai macam vitamin B dan juga makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin B.

Jenis Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks adalah kumpulan atau berbagai turunan dari vitamin B yang terbagi menjadi delapan jenis yaitu:

Vitamin B1 (Thiamin)

Merupakan vitamin yang berguna untuk membantu metabolisme tubuh dan mengolah karbohidrat menjadi energi. Vitamin ini dapat mencegah komplikasi pada organ tubuh. B1 atau Thiamin juga membantu seseorang mencegah penyakit seperti beri – beri.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Merupakan vitamin yang sering atau banyak ditemui dalam makanan berupa biji – bijian. Vitamin B2 berperan dalam mengatur dan menjaga pasokan energi untuk tubuh. Hal ini karena pada dasarnya Riboflavin berfungsi untuk memecah dan mengurai karbohidrat, lemak dan protein dari makanan yang kita makan dan mengolahnya menjadi energi

Vitamin B3 (Niacin)

Sama seperti Riboflavin, Niacin juga berperan dalam mengolah makanan menjadi energi untuk tubuh serta menjaga agar tubuh tetap sehat. B3 juga dapat membantu untuk menjaga agar kolesterol tetap normal serta membantu menangkal radikal bebas.

Vitamin B5

Vitamin B5 adalah salah satu turunan dari Vitamin B Kompleks yang berfungsi mengubah makanan menjadi glukosa, membentuk hormon seks, membentuk sel darah merah. Vitamin ini juga membantu memecah karbohidrat, lemak dan protein dan mengolahnya menjadi energi yang digunakan oleh tubuh.

Vitamin B6

Vitamin B6 atau Piridoksin merupakan bagian dari vitamin B yang berfungsi untuk membentuk hemoglobin dan membantu dalam perkembangan otak. Vitamin B6 juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

Vitamin B7

Sama seperti vitamin B lainnya yang berperan dalam metabolisme, namun vitamin B7 ini juga berperan dalam menjaga kesehatan rambut dan juga kuku serta kulit. Kekurangan vitamin B7 atau biotin seringkali berakibat rambut mudah rontok atau masalah kebotakan

Vitamin B9 (Folat)

Vitamin ini diperlukan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah dan putih di sumsum tulang. Menghasilkan DNA dan juga RNA serta dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.

Vitamin B-12

Salah satu vitamin B yang sering dikenal. Vitamin B-12 adalah turunan vitamin B yang berfungsi menjaga kesehatan jaringan saraf, fungsi otak serta produksi sel darah merah. Orang yang kekurangan vitamin B-12 dapat mengalami masalah terkait saraf dan juga anemia.

Makanan yang Mengandung B Kompleks

Vitamin B Kompleks memiliki banyak turunan vitamin dan masing masing memiliki fungsinya sendiri. Untuk itulah seseorang perlu memastikan asupan vitamin B terpenuhi sesuai yang diperlukan oleh tubuh.

Selain mengkonsumsi suplement, Anda dapat memperoleh vitamin B dari makanan yang tinggi vitamin B seperti:

  • Salmon
  • Sayuran hijau
  • Hati
  • Telur
  • Susu
  • Daging sapi
  • Kerang
  • Ayam
  • Biji bunga matahari

Leave a Reply