Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Manfaat Air Humidifier untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Banyak manfaat air humidifier untuk kesehatan yang masih jarang diketahui. Humidifier atau air humidifier merupakan alat pelembap ruangan yang dapat membantu untuk menjaga kelembapan udara dalam suatu ruangan.

Cara kerja dari alat ini juga cukup sederhana yaitu menyemprotkan uap air ke udara. Air humidifier sendiri cukup umum dipasang atau digunakan di ruang perkantoran, rumah, atau kamar tidur. Beberapa jenis humidifier juga dilengkapi hygrometer untuk mengukur kelembapan udara dan akan otomatis bekerja untuk menyeimbangkan tingkat kelembapan dalam suatu ruangan.

manfaat air humidifier

Meski memiliki banyak manfaat, namun beberapa dari kita mungkin kurang mengetahui bahwa udara dengan tingkat kelembapan yang seimbang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bukan saja menghindarkan dari penyakit, namun juga dapat melegakan pernapasan.

Untuk itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai sejumlah manfaat dari memasang atau menggunakan air humidifier di dalam ruangan.

Manfaat Humidifier untuk Kesehatan

Air humidifier apabila digunakan dengan tepat, dapat melembapkan ruangan dengan udara yang cukup kering. Namun pemakaian hendaknya dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Ruangan yang terlalu lembap juga dapat membahayakan kesehatan dan menjadi sarang tumbuhnya jamur dan lainnya.

Penggunaan humidifier secara tepat dapat menciptakan ruangan dengan tingkat kelembapan yang sesuai dan membawa manfaat sebagai berikut:

Mencegah Sakit Tenggorokan

Kondisi udara yang terlalu kering atau tingkat kelembapan yang rendah dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit tenggorokan. Dengan humidifier, kondisi udara dapat terjaga sekaligus mempercepat pemulihan dan mencegah sakit tenggorokan

Menghindari Kulit Kering dan Bibir Pecah

Pemakaian AC dalam ruangan memang terasa nyaman karena menyejukkan. Namun penggunaan AC untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan udara menjadi kering. Akibatnya kulit tubuh menjadi kering dan rawan pecah.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mencoba memasang air humidifier dalam ruangan ber AC sehingga kelembapan ruangan akan tetap terjaga.

Dapat Membantu Mencegah Asma

Penggunaan air humidifier dapat membantu orang yang menderita asma agar risiko serangan asma tidak kambuh.

Menghambat Penularan Penyakit

Beberapa jenis penyakit, virus atau bakteri mudah menular dalam kondisi udara yang kering, misalnya saja virus influenza. Penggunaan air humidifier dapat membantu mencegah penularan penyakit karena udara akan menjadi lebih lembab dan virus atau bakteri menjadi mati atau tidak mudah menular

air humidifier

Mencegah Mimisan

Udara kering sering menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya mimisan. Menggunakan air humidifier dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi mimisan yang dipicu oleh udara kering.

Tips Memakai Humidifier

Agar manfaat kesehatan dari memakai air humidifier dapat Anda rasakan secara optimal, ada sejumlah tips yang dapat Anda lakukan, misalnya saja:

  1. Gunakan Air Humidifier untuk menjaga kelembapan udara dalam rentang 30 – 40%
  2. Anda dapat menggunakan air matang untuk humidifier
  3. Rutin membersihkan saringan dan juga filter dari air humidifier agar terhindar dari bakteri dan lumut
  4. Jauhkan dari jangkauan anak – anak selama pemakaian

Leave a Reply