LabInc Kampus Merdeka

Manfaat Mahasiswa Mengikuti Organisasi Kampus

Kampus merupakan tempat mencari ilmu bagi mahasiswa. Kampus juga menjadi tempat media berekspresi bagi mahasiswa, karena adanya kegiatan di kampus yang bisa anda ikuti sesuai dengan minat ataupun hobi anda sehari-hari. Selain itu kampus juga menjadi wadah bersosialisasi antar mahasiswa dari fakultas satu dengan yang lainnya. Itu semua bisa anda wujudkan dengan bergabung di organisasi-organisasi yang ada di kampus anda.

Perlu anda ketahui di dalam kehidupan kalian akan beroriensi dengan soft skill dan hard skill, nah di dalam kelas tidak semuanya mahasiswa akan mendapat keduanya. Maka dari itu kalian harus mencoba mengikuti organisasi di kampus untuk mengasa hard skill dan soft skill kalian. Selain itu juga nanti kalian akan mendapatkan banyak manfaat, mendapat teman baru, pengalaman baru, dan ilmu baru.

Pengertian Organisasi

manfaat mahasiswa mengikuti organisasi

Organisasi merupakan suatu wadah yang menampung lebih dari satu orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi di kampus tidak hanya menjadi tempat pembelajaran, namun mahasiswa juga dilatih untuk lebih mandiri dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Jenis-Jenis organisasi

Jenis organisasi yang umumnya terdapat di kampus-kampus Indonesia, antara lain:

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  3. Lembaga Dakwah Kampus (LDK)
  4. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)
  5. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
  6. Dan lain sebagainya.

Terkadang banyak orang yang bertanya pentingkah mengikuti organisasi di kampus bagi mahasiswa? Manfaat apa saja yang bisa didapat dengan mengikuti organisai tersebut? Dan seperti apa pengaruh organisasi tersebut terhadap gaya belajar mahasiswa itu? Sebenarnya, itu semua tergantung dari individu mahasiswa tersebut, karena setiap mahasiswa memiliki alasan berbeda untuk mengikuti organisasi yang ada di kampus.

Untuk itu penulis memberikan gambaran secara umum manfaat ketika mahasiswa mengikuti organisasi di kampus. Simak di bawah ini.

Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus

manfaat mahasiswa mengikuti organisasi

Adapun manfaat mengikuti organisasi yang ada di kampus bagi mahasiswa, antara lain:

  1. Membangun Relasi yang Berbeda Antar Jurusan

Umumnya, di dalam organisasi kampus merupakan kumpulan dari berbagai mahasiswa atau mahasiswa dari berbagai jurusan, kalian pasti akan bertemu dengan orang-orang yang berbeda jurusan bahkan fakultas dan pasti juga bertemu dengan orang-orang yang berbeda daerah maupun provinsi dengan kalian. Nah dengan diri kalian yang bertemu dengan teman-teman baru nantinya akan mendapatkan pengalaman yang lebih luas dan menambah relasi ketika kalian mencari kerja.

  1. Menambah Pengalaman Baru

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan di organisasi, kalian pasti mendaptkan pengalaman yang baru, entah dari kegiatan sosial atau acara di organisasi dan tentunya ini merupakan pengalaman baru yang kemungkinan belum pernah kalian lakukan.

Dengan banyaknya pengalaman yang kalian dapatkan, kalian akan lebih mudah ketika kalian akan melamar kerja karena sudah memiliki pengalaman dalam berorganisasi atau dalam kerja kelompok.

  1. Belajar berkepimpinan

Di dalam organisasi kalian bisa membangun jiwa-jiwa berkepemimpinan kalian, kamu akan dituntut bagaimana agar acara kalian bisa sukses, kalian juga dituntut untuk mengambil keputusan dengan benar dan kalian juga harus bisa memecahkan masalah yang ada dalam organisasi tersebut atau acara yang sedang kalian kerjakan.

  1. Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Ketika kalian memiliki waktu senggang, kalian bisa mengikuti organisasi karena selain kalian mendapatkan banyak manfaat organisasi juga memberikan kalian kesibukan yang pastinya waktu senggang kalian akan diisi oleh hal-hal positif.

  1. Membentuk Pola Pikir yang Baik

Dalam sebuah organisasi pasti kita akan mendapatkan banyak pelajaran yang secara tidak langsung meningkatkan kemampuan berorganisasi kita, keterampilan sosial, menghargai sesuatu, dan yang terpenting kita membiasakan diri menggunakan pola pikir yang baik karena apa yang kita lakukan berhubungan dengan orang lain.

Oleh karena itu, dari kita mengikuti organisasi kita, kita akan dapat membentuk pola pikir kita dari pelajaran dan pengalaman yang kita hadapi.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Pekerjaan dalam tim akan efektif apabila kalian berdiskusi, memberi saran, bertukar pikiran dan lainnya ini akan melatih kemampuan berkomunikasi anda.

Setelah kalian banyak mengetahui manfaat mengikuti organisasi di kampus, apakah kalian tertarik untuk mengikutinya juga? Penulis berharap kalian sekarang mulai berfikir bahwa mengikuti organisasi di kampus itu sangat penting.

Leave a Reply