7 manfaat olahraga secara teratur
Tips & Tutorial

7 Manfaat Olahraga Teratur, Simak Penjelasannya

7 manfaat olahraga teratur dalam artikel ini, bisa dijadikan motivasi untuk meningkatkan semangat dalam berolahraga.

Manfaat kesehatan dari olahraga teratur dan aktivitas fisik sangat berguna untuk kita. Semua orang bisa mendapatkan manfaat dari olahraga, tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau kemampuan fisik.

7 manfaat olahraga secara teratur

7 Manfaat olahraga teratur

1. Olahraga mengontrol berat badan

Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat Anda melakukan aktivitas fisik, Anda membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Perjalanan rutin ke gym memang bagus, tetapi jangan khawatir jika Anda tidak dapat menemukan banyak waktu untuk berolahraga setiap hari. Jumlah aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali. Untuk mendapatkan manfaat olahraga, lebih aktiflah sepanjang hari Anda seperti menggunakan tangga daripada lift atau lakukan bersih-bersih rumah.

2. Olahraga meningkatkan mood

Olahraga dapat membantu dorongan emosional serta dapat menghilangkan stress setelah melakukan aktivitas berat seperti belajar ataupun bekerja. Untuk menghilangkan hal tersebut sebaiknya Anda melakukan olahraga jalan cepat di gym ataupun jogging di lapangan terbuka.

Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan tidak terlalu cemas.

Anda mungkin juga merasa lebih baik tentang penampilan Anda dan diri Anda sendiri saat berolahraga secara teratur, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda.

3. Olahraga meningkatkan energi

7 manfaat olahraga secara teratur

Setelah melakukan aktivitas panjang seharian, sehingga tubuh merasa lelah disarankan untuk berolahraga secara teratur agar dapat meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh.

Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih efisien dan ketika kesehatan jantung dan paru-paru Anda meningkat, Anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

4. Olahraga meningkatkan kualitas tidur

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, tidur lebih nyenyak, dan memperdalam tidur Anda. Sebaiknya jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, hal ini dapat menyebabkan risiko berbahaya bahkan hingga kematian.

5. Olahraga bisa membuat bahagia dan memiliki banyak teman

Latihan dan aktivitas fisik bisa menyenangkan. Mereka memberi Anda kesempatan untuk bersantai, menikmati alam bebas, atau sekadar melakukan aktivitas yang membuat Anda bahagia.

Aktivitas fisik juga dapat membantu Anda terhubung dengan keluarga atau teman dalam suasana sosial yang menyenangkan.

Jadi, bergabunglah ke berbagai kegiatan aktivitas fisik seperti kelas Zumba, tim sepak bola, yoga, fitness, dan lain-lain. Temukan kelas olahraga yang paling Anda sukai.

6. Olahraga mengurangi risiko penyakit berbahaya

Penyakit jantung dan stroke adalah dua penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Melakukan aktivitas fisik sedang setidaknya 150 menit seminggu dapat membuat Anda berisiko lebih rendah terkena penyakit ini. Aktivitas fisik secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Selain itu, aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kombinasi dari terlalu banyak lemak di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) rendah, trigliserida tinggi, atau gula darah tinggi.

Orang-orang mulai melihat manfaat pada tingkat aktivitas fisik bahkan tanpa memenuhi rekomendasi aktivitas fisik sedang selama 150 menit seminggu. Jumlah tambahan aktivitas fisik tampaknya lebih menurunkan risiko.

Terakhir berolahraga dapat juga menurunkan risiko kanker yang umum. Orang dewasa yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik dalam jumlah yang lebih besar telah mengurangi risiko terkena kanker

Jika Anda adalah penyintas kanker, melakukan aktivitas fisik secara teratur tidak hanya membantu memberikan kualitas hidup yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan kebugaran fisik Anda.

7. Berolahraga dapat memperkuat tulang dan otot

Seiring bertambahnya usia, penting untuk melindungi tulang, persendian, dan otot Anda. Mereka menopang tubuh Anda dan membantu Anda bergerak. Menjaga kesehatan tulang, persendian, dan otot dapat membantu memastikan bahwa Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan aktif secara fisik.

Aktivitas penguatan otot seperti angkat beban dapat membantu Anda meningkatkan atau mempertahankan massa dan kekuatan otot. Ini penting untuk orang dewasa yang lebih tua yang mengalami penurunan massa otot dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia.

Secara perlahan meningkatkan jumlah berat dan jumlah pengulangan yang Anda lakukan sebagai bagian dari aktivitas penguatan otot akan memberi Anda lebih banyak manfaat, berapa pun usia Anda.

Demikian artikel seputar 7 manfaat olahraga teratur, diharapkan dengan membaca artikel ini bisa menyadarkan kita pentingnya kesehatan serta manfaat dari berolahraga secara teratur.

Leave a Reply