Uncategorized

Manfaat Renang untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai macam manfaat renang untuk kesehatan menjadikan renang sebagai salah satu olahraga yang banyak digemari berbagai kalangan. Hal ini juga dikarenakan selain sebagai olahraga, renang juga dapat dijadikan sebagai aktivitas rekreasi yang menyenangkan.

Renang sama halnya seperti lari atau jogging, merupakan salah satu jenis olahraga kardio. Renang yang dilakukan secara rutin dapat membantu melatih otot tubuh dan kekuatan kardiovaskular. Renang juga dijadikan salah satu alternatif bagi orang untuk menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang gemar berenang, mungkin ada banyak manfaat dari renang untuk kesehatan yang tidak atau belum Anda ketahui. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenaik manfaat renang untuk kesehatan.

Manfaat Renang Untuk Kesehatan

Renang apabila dilakukan secara rutin, ternyata memiliki banyak sekali manfaat baik secara langsung atau tidak langsung untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat renang untuk kesehatan yang mungkin tidak Anda ketahui:

Melatih Seluruh Tubuh

Keunggulan renang sebagai salah satu olahraga kardio dibandingkan dengan yang lain adalah, pada saat berenang Anda menggunakan seluruh otot tubuh. Pada saat berenang, otot bagian lengan, kaki, hingga perut bekerja seiring dengan ayunan dan tarikan lengan serta kaki di dalam kolam. Hal ini memungkinkan Anda untuk melatih otot – otot yang mungkin jarang terlatih saat Anda berolahraga.

manfaat renang untuk kesehatan

Meningkatkan Massa Otot

Bagi Anda yang sedang membentuk otot di gym atau tempat fitness, Anda dapat menyelipkan aktivitas renang di salah satu rutinitas latihan beban yang Anda lakukan. Pada saat berenang, tubuh akan bergerak melawan tekanan air.

Hal ini dapat membantu untuk membentuk dan melatih otot – otot tubuh. Selain membentuk massa otot, renang juga dapat membantu agar otot tubuh lebih kencang dan terlihat bentuknya.

Menurunkan Berat Badan

Renang merupakan salah satu olahraga jenis kardio. Rutin berenang dapat menjadi salah satu cara untuk Anda yang sedang menjalanin program untuk menurunkan berat badan. Berenang dapat menjadi alternatif dari jogging atau treadmill.

Berenang juga dikategorikan sebagai olahraga dengan intensitas rendah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Renang juga dapat menjadi alternatif untuk orang tua atau orang – orang yang mungkin memiliki cidera lutut misalnya sehingga tidak dapat melakukan olahraga kardio lain seperti berlari.

Menurunkan Stres

Salah satu kelebihan lain berenang yang mungkin tidak disadari adalah, aktivitas renang merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bahkan renang dapat dianggap sebagai aktivitas rekreasi. Berenang dapat membantu untuk menurunkan stres yang dialami seseorang disamping juga memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Melatih dan Memperkuat Sistem Kardiovaskular

Renang merupakan salah satu jenis latihan kardio. Oleh karenanya, rutin renang dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular yang terdiri dari jantung, paru-paru dan pembuluh darah.

Membantu Mengatasi Saraf Kejepit

Renang seringkali disarankan oleh para ahli untuk membantu mengatasi saraf kejepit. Hal ini juga didukung oleh renang sebagai salah satu olahraga dengan intensitas rendah. Berbagai gerakan dalam renang bisa membantu agar otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih rileks dan meringankan saraf kejepit.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari berbagai manfaat dari olahraga renang ini, sebaiknya lakukan renang secara rutin beberapa kali dalam satu minggu. Bagi para pemula dapat mulai dengan frekuensi yang lebih sedikit terlebih dahulu dan perlahan mulai meningkatkan intensitas serta frekuensi renang dalam seminggu nya.

Leave a Reply