Perlengkapan Mandi

Memilih Sabun Muka Untuk Kulit Berminyak

Jangan pilih sabun muka untuk kulit berminyak secara sembarangan. Salah memilih atau kandungan pada sabun yang tidak sesuai bisa membuat muka makin berminyak. Tentu ini tidak diinginkan, karena muka berminyak bisa menimbulkan banyak masalah kulit pada wajah.

Misalnya saja memilih pencuci wajah atau sabun yang mengandung alkohol dapat memperparah kondisi berminyak pada wajah. Wajah berminyak tentu akan berakibat munculnya jerawat atau komedo.

Untuk memilih sabun muka untuk kulit berminyak, pahami terlebih dahulu karakteristik kulitmu, lalu pahami kandungan yang berguna dan sebaiknya dihindari pada sabun muka.

Ciri dan Karakteristik Kulit Berminyak

Kulit wajah manusia biasanya memiliki karakteristik tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu berminyak. Ini karena kulit manusia memerlukan minyak alami yang diproduksi tubuh untuk menjaga agar kulit tetap lembab, terhidrasi dan tidak kering.

Adakalanya kelenjar pada wajah memproduksi terlalu banyak sebum oil / minyak yang diperlukan oleh tubuh. Akibatnya wajah menjadi terlalu berminyak dan terlihat mengkilat akibat minyak yang terlalu banyak.

Minyak yang terlalu berlebih pada wajah dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti menyumbat pori – pori, membuat pori – pori menjadi besar, komedo, hingga jerawatan. Ciri – ciri kulit berminyak antara lain:

  1. Muka terlihat mengkilap akibat minyak yang berlebih
  2. Permukaan kulit muka terasa berminyak saat diraba
  3. Makeup sulit bertahan
  4. Area wajah yang berminyak muncul komedo, jerawat
  5. Pori – pori kulit terlihat membesar, terutama pada area hidung, dahi dan dagu

kulit berminyak

Wajah dengan tipe berminyak umumnya disebabkan faktor turunan. Sehingga bila salah satu atau kedua orang tua memiliki tipe wajah berminyak, maka kemungkinan Anda juga memiliki tipe wajah berminyak.

Selain faktor turunan, wajah berminyak juga dapat disebabkan karena adanya perubahan hormon atau kadar hormon dalam tubuh. Wajah berminyak karena faktor hormon ini biasa terjadi pada masa pubertas, saat masa menstruasi wanita hingga pada saat mengandung dan juga menopause.

Memilih Sabun Muka Kulit Berminyak

Untuk kulit wajah berminyak, Anda tidak dapat menggunakan sembarang sabun muka. Penggunaan sabun muka yang keliru bisa semakin membuat wajah berminyak ataupun menimbulkan breakout jerawat.

Hindarilah penggunaan sabun muka jenis face cleanser. Ini karena face cleanser biasanya mengandung pelembab tambahan yang justru seharusnya dihindari pada kulit wajah berminyak. Anda dapat memilih antara menggunakan sabun batang biasa, face wash ataupun face scrub.

Sabun batang

Anda bisa menggunakan sabun batang untuk membersihkan kulit berminyak. Namun pastikan Anda menggunakan sabun dengan tingkat pH 5.5. Sabun dengan tingkat pH 5.5 akan menjaga dan mengembalikan tingkat pH pada kulit wajah Anda dan menghindari kulit wajah menjadi terlalu kering akibat menggunakan sabun dengan pH tinggi.

Kekurangannya adalah sabun batang terkadang kurang atau jarang mengandung kandungan tambahan yang dapat membantu memerangi kulit berminyak seperti glycolic, salicylic acid yang biasanya banyak terkandung pada face wash / face scrub yang ditujukan untuk kulit berminyak.

sabun muka kulit berminyak

Face Wash

Face wash dapat menjadi salah satu pilihan untuk membersihkan kulit berminyak. Pastikan Anda memilih face wash yang khusus ditujukan untuk mengatasi kulit berminyak. Face wash jenis ini biasanya mengandung kandungan seperti Salicylic Acid, Glycolic Acid, Glycerin, Allantoin yang selain membersihkan juga dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Face Scrub

Face scrub hampir serupa dengan face wash dari segi kandungan dimana untuk kulit berminyak biasanya mengandung AHA dan BHA  seperti salicylic acid. Yang membedakan adalah sifat dari face scrub yang mengeksfoliasi kulit.

Oleh karenanya penggunaan face scrub setiap hari harus dihindari. Ini untuk mencegah kulit menjadi terlalu tipis akibat tereksfoliasi terus – menerus dan menjadi kering. Hal ini akan kontraproduktif dan berpotensi membuat wajah semakin berminyak atau mudah berjerawat.

Kandungan pada Sabun Muka Kulit Berminyak

Saat memilih dan membeli sabun muka untuk kulit berminyak, pastikan Anda melihat kandungan pada pencuci muka sebelum Anda membelinya. Hindari kandungan atau bahan yang bersifat melembabkan.

Ada beberapa kandungan yang cocok dan bermanfaat untuk kulit berminyak, seperti:

  1. Glycolic Acid, membantu mengurangi minyak berlebih dan mencegah pori – pori tersumbat debu / kotoran
  2. Salicylic Acid, membantu mengurangi minyak berlebih pada pori – pori. Dapat membantu untuk mengurangi jerawat juga
  3. Niacinamide, meningkatkan daya tahan kulit, menyerap sebum serta menstimulasi produksi colagen pada kulit

Leave a Reply