Info Bisnis Tren Bisnis

6 Rekomendasi Menu Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

Sahur merupakan salah satu aktivitas penting ketika menjalani ibadah puasa. Santap sahur akan menjadi kunci bagaimana Anda dalam menjalani ibadah puasa ini agar bisa lancar dan juga berjalan baik. Maka dari itu penting untuk setiap muslim mengetahui Menu Sahur Sehat.

Tubuh ketika menjalani ibadah ini harus dalam kondisi fit dan prima. Untuk bisa mendapatkan kondisi tubuh seperti ini Anda harus memperhatikan pola makan dan apa yang dimakan. Jadi menu sahur dengan deretan makanan bergizi akan memudahkan seseorang menunaikan ibadah puasa ini.

Menu Sahur Sehat

Sahur memang jadi sumber kekuatan utama dalam menjalankan ibadah puasa. Selain dapat membuat seseorang terhindar dari rasa lapar dan haus, Sahur juga bisa menghilangkan beberapa masalah seperti sakit kepala ataupun mual. Semua ini dapat Anda wujudkan jika mengkonsumsi makanan sahur yang bergizi dan sehat, berikut beberapa menu sahur sehatnya :

1. Menu Sahur Sehat dengan Protein dan Rendah Lemak

Menu sahur sehat pertama yang harus Anda siapkan adalah berbagai jenis makanan dengan kandungan protein tinggi serta rendah lemak. Makanan dengan kombinasi ini dapat melakukan proses pencernaan dalam tubuh secara perlahan sehingga dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.

Hal ini juga akan membuat tubuh Anda dapat bertahan lebih lama untuk tidak mengkonsumsi apapun terlebih dahulu. Makanan dengan protein yang kaya ini bisa seseorang temukan di nasi telur, ayam, ataupun ikan. Menu sahur seperti ini cukup efektif membuat seseorang bertahan lebih lama saat berpuasa.

2. Menu Sahur Sehat Ala Rasulullah SAW

Sebagai panutan umat Islam, tentu saja menu sahur ala Rasulullah SAW merupakan santapan menyehatkan. Buah kurma merupakan makanannya orang Arab dari zaman dulu sampai sekarang. Tidak heran jika baginda Rasulullah SAW sering mengkonsumsinya ketika sahur maupun berbuka.

Kebutuhan nutrisi untuk menjalani puasa sebenarnya dapat terpenuhi hanya dengan makan kurma karena memang buah ini mengandung banyak nutrisi. Pada zaman sekarang Anda bisa mengkombinasikannya dengan oatmeal sehingga tubuh bisa bertahan lebih lama dan merasakan kenyang sampai berbuka.

3. Menu Sahur dengan Lemak Sehat

Sudah menjadi rahasia umum jika lemak memang terbagi dalam dua bentuk yaitu jahat dan baik. Menghadirkan menu sahur dengan kandungan lemak sehat tinggi juga bisa jadi salah satu opsi terbaik agar tubuh Anda dapat bertahan lebih lama saat menjalani ibadah puasa.

Makanan dengan kandungan lemak sehat yang banyak dapat Anda temukan di minyak zaitun, lemak dari kacang kacangan, atau buah alpukat. Ketika memakan santap sahur usahakan menghadirkan menu seperti Chia Seeds atau Chia Pudding sehingga aktivitas berpuasa dapat lebih lancar.

4. Menu Sahur dengan Buah Buahan

Menu sahur sehat selanjutnya yang harus Anda usahakan hadir adalah aneka buah buahannya. Buah memang menjadi konsumsi terbaik untuk tubuh karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Tubuh manusia apabila suplai nutrisinya bagus maka ketahanan tubuh meningkat.

Usahakan ketika shur mengkonsumsi beberapa buah buahan seperti Pir, Semangka, Apel, atau Melon. Untuk buah buahan dengan serat tinggi tentunya Anda bisa memakan pisang. Buah jadi menu tambahan sahur yang praktis dan bisa langsung seseorang santap dengan cepat dan mudah.

5. Menu Sahur Granola

Apabila Anda mencari menu sahur yang dapat menahan rasa lapar lebih lama, maka opsi terbaik adalah Granola. Menyantap makanan ini ketika sedang melakukan aktivitas santap sahur dapat membuat perut seseorang merasakan kenyang lebih lama. Hal ini karena nutrisi dari Granola tinggi.

Menariknya lagi Granola merupakan makanan yang sangat mudah untuk Anda kombinasikan dengan makanan lainnya. Granola sangat cocok jika Anda santap dengan susu atau yogurt. Tidak hanya itu Granola juga sangat cocok seseorang makanan dengan tambahan buah buahan seperti Blueberry atau Strawberry.

6. Sayuran

Selain buah buahan, sayur mayur jadi menu santap sahur yang harus Anda usahakan selalu hadir. Mengkonsumsi sayur dengan cairan tinggi dapat membantu seseorang terjaga dari resiko dehidrasi dan cepat lelah ketika sedang melaksanakan aktivitas berpuasa.

Beberapa sayuran seperti daun seledri, tomat, timun, dan lain sebagai sangat mudah Anda dapatkan. Sebenarnnya sayuran apa saja boleh untuk menemani santap sahur, akan tetapi yang perlu seseorang perhatikan adalah bagaimana cara pengolahannya. Hal ini sangat penting agar sayur bisa berikan nutrisi tubuh secara optimal.

Demikian rekomendasi menu sahur sehat. Mari siapkan kebutuhan sahur anda sejak sekarang melalui Bhinneka, anda bisa membeli dengan mudah kapanpun dan dimanapun melalui halaman Makanan dan Minuman di Bhinneka.

Leave a Reply