mesin cuci merk samsung
Elektronik Rumah Tangga Review

7 Merk Mesin Cuci yang Bagus dan Tahan Lama di Indonesia

Merk mesin cuci di Indonesia ada banyak. Namun ada beberapa merk mesin cuci yang bagus menurut pandangan konsumen Indonesia. Beberapa merk di bawah ini paling banyak dicari di web Bhinneka dan Store Bhinneka. Selain punya kualitas terbaik, harganya juga cukup terjangkau.

Membeli mesin cuci dari merk ternama memungkinkan Anda mendapat produk yang tahan lama. Klaim garansi juga lebih mudah karena tersedia hotline service. Layanan after sales juga tersebar di banyak kota di Indonesia. Jika suatu saat terjadi kerusakan bisa ditangani dengan cepat.

Buat Anda yang bingung milih merk mesin cuci yang bagus, berikut ini kami beri rekomendasinya.

1. Sharp

merk mesin cuci sharp

Sharp menjual 3 jenis mesin cuci, yaitu: Front Loading, Top Loading, dan Twin Tub atau 2 tabung. Kapasitas mesin cuci mulai 6 kg, 7 kg, 8 kg, hingga di atas 10 kg. Beberapa seri mesin cuci Sharp diantaranya adalah: Megamouth, Twin Tub, Boomerang, Dolphinwave, Full Auto, Quick Wash, Inverter, dan Hijab.

Mesin cuci Megamouth punya ukuran tabung dan bukaan tutup lebar sehingga memudahkan Anda memasukan banyak pakaian kotor. Kemudian mesin cuci Twin Tub jadi pilihan mesin cuci termurah dari Sharp.

Mesin cuci dengan teknologi Dolphinwave punya pulsator dengan desain mirip sirip ekor dan tubuh lumba-lumba. Desain ini membuat air berputar menuju pulsator sehingga tidak merusak pakaian. Seri Full Auto sangat mudah untuk digunakan. Fitur Quick Wash dan Hijab ada di beberapa seri untuk bantu mencuci pakaian lebih cepat tanpa merusaknya.

2. Samsung

mesin cuci merk samsung

Samsung juga menjual 3 jenis mesin cuci: Front Load, Top Load, dan Twin Tub (2 tabung). Mesin cuci Samsung punya fitur unggulan Eco Bubble. Dengan fitur ini, Anda bisa mencuci efektif di suhu air rendah. Eco Bubble dapat mengubah deterjen menjadi gelembung sabun.

Gelembung sabun tersebut bisa masuk ke dalam serat kain sehingga bisa menghilangkan noda 24% lebih efektif. Teknologi ini juga bisa mengurangi konsumsi listrik hingga 70%. Eco Bubble menjaga warna dan tekstur pakaian tetap tahan lama, 45.5% lebih baik dari metode pencucian biasa.

Selain itu ada teknologi Wobble yang dapat mencegah pakaian kusut dan saling terbelit satu sama lain saat dicuci. Teknologi Digital Inverter mengonsumsi listrik 40% lebih rendah dibanding motor mesin cuci biasa. Garansi motor mesin cuci bisa mencapai 11 tahun tergantung seri.

3. LG

 

mesin cuci merk lg

LG merupakan salah satu merk mesin cuci yang bagus di Indonesia. Kebanyakan produk mesin cuci LG menyasar segmen konsumen menengah ke atas. Berbeda dari kebanyakan merk mesin cuci, LG punya 4 varian mesin cuci. Lebih banyak dibanding lainnya.

LG punya mesin cuci jenis Front Loading, Top Loading, 2 Tabung (Twin Tube), dan TWINWash. Mesin cuci jenis TWINWash adalah mesin cuci revolusioner yang menggabungkan mesin cuci Front Loading dan Top Loading jadi satu. Di bagian atas terdapat mesin cuci Front Loading, di bawahnya mesin cuci Top Loading.

Mesin cuci LG TWINWash bisa menyelesaikan dua jenis cucian dalam waktu bersamaan. Mesin cuci utama di bagian atas untuk mencuci pakaian berat seperti seprei, jaket, jeans, dan lainnya. Sedangkan untuk mesin cuci bawah untuk pakaian kecil seperti kain, pakaian bayi, handuk, dan lainnya, Mesin cuci di bawah punya kapasitas lebih kecil.

4. Polytron

mesin cuci merk polytron

Polytron adalah merk mesin cuci lokal yang bagus di Indonesia. Selain harganya terjangkau, fitur yang dimiliki mesin cuci Polytron juga canggih. Polytron bermarkas pusat di Kudus, Jawa Tengah. Jenis mesin cuci Polytron yang dijual adalah: 2 tabung, 1 tabung, dan bukaan depan.

Mesin cuci Polytron hadir dalam 4 pilihan seri, yaitu: Primadona Samba Series (2 tabung), New Zeromatic (1 tabung), Wonderwash (bukaan depan), dan Wonderwash 2 in 1. Mesin cuci Wonderwash 2 in 1 dapat mengeluarkan uap panas 90 derajat Celcius agar pakaian lebih bersih dari virus, bakteri, dan kuman.

Mesin cuci Polytron dilengkapi teknologi Zeropressure yang bisa mencuci di air tekanan kecil. Ada juga Easy to Operate dan Mode Hijab yang bisa mencuci dengan efektif tanpa merusak pakaian. Mesin cuci 2 tabung Polytron punya teknologi Magic Gear yang bisa menghasilkan putaran maksimal dengan listrik minimal.

5. Sanken

merk mesin cuci sanken

Sanken adalah merk produk elektronik asal Indonesia. Perusahaan ini bermarkas pusat di Tangerang, Banten. Merk lokal ini mampu bersaing dengan banyaknya merk internasional seperti Samsung dan LG. Sanken punya produk peralatan rumah tangga modern, inovatif, dan teknologi terbaru.

Mesin cuci Sanken kokoh dan tahan lama. Jenis mesin cuci yang dijual ada 3, yaitu: dua tabung, satu tabung (top loading), dan bukaan depan (front loading). Pilihan modelnya juga banyak dengan rentang harga bervariasi. Harganya relatif terjangkau.

Teknologi andalan mesin cuci Sanken adalah X-Tor Big Pulsator. Pulsator ini dapat menghasilkan arus kuat dan dapat melarutkan deterjen dengan sempurna supaya pakaian lebih bersih. Ada juga Fuzzy Logic, yakni teknologi dari Jepang yang bisa menghitung pakaian secara otomatis dan menyesuaikan pemakaian air dan waktu pencucian.

6. AQUA

mesin cuci aqua

AQUA atau AQUA Japan adalah salah satu merk mesin cuci yang bagus di Indonesia. Perusahaan ini sebelumnya bernama Sanyo. Nama Sanyo resmi diganti menjadi AQUA pada November 2015. AQUA Japan sendiri adalah perusahaan asal Jepang yang dikenal inovatif dan punya standar teknologi tinggi.

Produk inovatif AQUA di antaranya adalah mesin cuci hijab series dan Handy Washer yakni mesin cuci sebesar telapak tangan. Varian produk yang dijual antara lain adalah: mesin cuci Twin Tub (2 tabung), Top Loading, Front Loading, dan Duo Drum.

Mesin cuci AQUA Duo Drum punya dua tabung Front Loading. Jadi Anda bisa mencuci lebih banyak dalam waktu bersamaan. Anda juga bisa memisahkan pakaian yang berbahan lembut dengan pakaian berat seperti seprei dan jeans. Kapasitas mesin cuci AQUA mulai dari 7 kg hingga lebih dari 10 kg.

7. Denpoo

merk mesin cuci denpoo

Satu lagi merk mesin cuci terbaik asal Indonesia, yaitu DENPOO. Perusahaan ini berkantor pusat di Pluit, Jakarta. Perusahaan yang didirikan pada 1990 ini punya empat pabrik yang berlokasi di Jababeka, Bekasi, Jawa Barat. Mesin cuci yang dijual terdiri dari jenis: dua tabung, satu tabung, dan bukaan depan.

Salah satu produk andalannya adalah DENPOO DW-3. Mesin cuci ini punya kapasitas 3 kg. Ukurannya sangat ringkas. Mesin cuci ini cocok dipakai di kosan atau untuk cuci pakaian bayi. Selain bisa cuci, juga bisa keringkan pakaian. Daya listriknya hanya 120 Watt.

Beberapa mesin cuci DENPOO punya tabung dari Stainless Steel. Tabung Stainless anti karat ini juga hadir di mesin cuci tipe 2 tabung. Pulsator juga terbuat dari Stainless Steel yang dapat membuat mesin cuci lebih tahan lama. Harga mesin cuci DENPOO juga cukup terjangkau.

8. Electrolux

mesin cuci merk electrolux

Electrolux adalah merk mesin cuci terbaik asal Swedia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1919 dan bermarkas di Stockhold. Salah satu produk unggulannya adalah mesin cuci. Dimensi mesin cuci Electrolux lebih ramping, hemat air, mencuci bebas kusut, dan jaga pakaian bebas alergen.

Kapasitas mesin cuci Electrolux di pasaran berkisar 5 – 10 kg. Teknologi terbaru seperti Cuci Semprot Langsung bisa mengatur konsumsi air dan listrik sesuai muatan. Jika ada sedang buru-buru, beberapa mesin cuci Electrolux punya program Quick 18 yang bisa mencuci pakaian dalam 18 menit.

Mesin cuci Electrolux dapat mencuci berbagai bahan atau pakaian, seperti: Wool, Lingerie, Jeans, dan Sport. Lalu mesin cuci ini Electrolux bisa mengeringkan pakaian dengan kecepatan 1600rpm. Pakaian akan kering 25 menit lebih cepat dan konsumsi listrik lebih rendah.

Selain 7 merk mesin cuci yang bagus di atas, masih banyak merk lain yang juga tidak kalah bagus, seperti: Modena, Beko, Mito, Maspion, dan lainnya. Beli mesin cuci terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply