mesin cuci bukaan depan
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mesin Cuci Front Loading & Top Loading: Mana yang Lebih Bagus

Memilih antara mesin mesin cuci front loading (bukaan depan) dengan mesin cuci top loading (bukaan atas) menjadi salah satu hal yang terkadang membingungkan. Banyak dari kita kurang paham apa perbedaan maupun kelebihan dan kekurangan dari jenis mesin cuci ini.

Terkadang salah memilih mesin cuci dapat menimbulkan masalah seperti misalnya kapasitas mesin cuci terlalu besar sedangkan pakaian yang dicuci hanya sedikit, ukuran mesin cuci yang terlalu besar, hingga tidak mempertimbangkan efisiensi atau penghematan air saat membelinya.

Penggunaan mesin cuci kini semakin banyak digunakan karena selain dapat meringankan pekerjaan mencuci, mesin cuci juga banyak dilengkapi dengan sejumlah fitur yang dapat memaksimalkan proses serta hasil cucian.

mesin cuci

Faktor – Faktor dalam Memilih Mesin Cuci

Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih mesin cuci agar dapat menentukan mesin cuci mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Adapun faktor – faktor tersebut antara lain:

  1. Kapasitas mesin cuci
  2. Jenis mesin cuci, apalah mesin cuci front loading atau top loading
  3. Ukuran mesin cuci
  4. Harga mesin cuci
  5. Daya mesin cuci
  6. Fitur – fitur pada mesin cuci

Dalam artikel kali ini akan lebih spesifik dibahas mengenai perbedaan antara mesin cuci bukaan depan dengan mesin cuci bukaan atas.

Perbedaan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading

Mesin cuci front loading dan top loading dapat dibedakan dari sejumlah hal mendasar diantara keduanya, antara lain:

  1. Tampilan
  2. Ukuran
  3. Harga
  4. Kemudahan Instalasi dan Penggunaan
  5. Efisiensi

Tampilan Mesin Cuci Front Loading & Top Loading

Hal yang paling jelas membedakan kedua jenis mesin cuci ini dari segi tampilan adalah pada pintu bukaan untuk menaruh pakaian. Mesin cuci bukaan atas umumnya memiliki bukaan pintu yang terletak pada bagian atas mesin cuci dan dibuka ke atas.

Tinggi mesin cuci biasanya setinggi pinggang orang dewasa sehingga dengan bukaan atas, Anda tidak perlu bersusah payah jongkok atau membungkukkan badan untuk membuka pintu, memasukkan pakaian dan mengeluarkan pakaian dari dalam mesin cuci.

mesin cuci bukaan depan

Sebaliknya pada mesin cuci front loading, bukaan terletak pada bagian depan atau muka mesin cuci dan dibuka menyerupai pintu rumah. Karena akses pintu yang terletak di depan, maka pengguna umumnya perlu duduk, atau membungkukkan badan.

Namun mesin cuci bukaan depan lebih ramah bagi para penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Sebaliknya mesin cuci bukaan atas lebih ramah untuk orang – orang yang sulit untuk membungkukkan badannya.

Ukuran Mesin Cuci Front Loading & Top Loading

Mesin cuci top loading atau bukaan atas dapat dikatakan memiliki desain yang sedikit ramping dari segi kedalaman / depth mesin. Tetapi mesin cuci ini memiliki tinggi yang lebih tinggi dibanding mesin cuci bukaan depan.

Sebaliknya mesin cuci bukaan depan memiliki ketebalan / kedalaman mesin yang lebih dibandingkan mesin cuci bukaan atas. Hal ini dikarenakan akses pintu dari mesin cuci ini berada di depan mesin.

Harga

Dari segi harga, mesin cuci front loading memiliki harga yang lebih tinggi / mahal dibandingkan dengan mesin cuci top loading. Harga mesin cuci bukaan atas atau top loading juga lebih murah dikarenakan pada jenis ini Anda dapat memilih juga antara mesin cuci bukaan atas 1 tabung atau 2 tabung.

Kemudahan Instalasi dan Penggunaan

Baik mesin cuci bukaan depan maupun bukaan atas memili tingkat kesulitan pemasangan yang sama. Yang membedakan antara keduanya adalah pada saat Anda membeli mesin cuci yang tidak memiliki fungsi pengering yang menjadi satu.

front load stack

Jika Anda hanya membeli mesin cuci yang tidak memiliki fungsi dryer, maka Anda perlu menyediakan tempat untuk memasang mesin dryer. Pada mesin cuci bukaan depan, umumnya Anda dapat menumpuk mesin cuci dan mesin dryer untuk menghemat ruangan.

Namun hal yang sama tidak dapat Anda lakukan pada mesin cuci bukaan atas. Jika mesin cuci bukaan atas Anda tidak memiliki fungsi pengering, maka Anda perlu menyediakan space khusus untuk meisn dryer.

Efisiensi

Mesin cuci bukaan depan walaupun lebih mahal namun dapat memberikan hasil cucian yang lebih bersih dibandingkan mesin cuci bukaan atas. Selain itu juga lebih hemat energi dan hemat air. Mesin cuci ini juga tidak terlalu berisik dibandingkan mesin cuci bukaan atas.

Leave a Reply