Bhinneka News

Microsoft Cortana Hentikan Dukungan Pada Android dan iOS

Sperti kita ketahui pada tahun 2015, Microsoft memperluas layanan asisten digital Cortana ke Android dan iOS yang di klaim bahwa lebih canggih dari para pesaingnnya. Sayangnya, saat ini Microsoft memutuskan menghentikan Cortana di kedua platfrom tersebut. Tidak pada kedua platform tersebut, Microsoft juga menghentikan Cortana pada Microsoft Launcher dengan alasan karena ingin lebih fokus mengembangkan Cortana pada Microsoft 365.

Menurut berita juga, Microsoft akan menghentikan dukungan ini pada 31 Januari 2020untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS di Google Play Store dan AppStore. Saat dukungan Cortana dihentikan di Android dan iOS, asisten digital tersebut tidak akan berfungsi lagi sebagai reminder dari daftar tugas yang telah dibuat oleh pengguna. Akan tetapi, pengguna dapat mengakses Cortana di Windows.

Microsoft Cortana pada Android dan iOS bisa dikatakan belum terlalu dilirik pengguna dua platform tersebut, mengingat keduaplatform tersebut juga telah mempunyai voice assistent tersendiri dan juga Microsoft di industri mobile belum sempat menikmati keberhasilannya. Oleh karenanya, Microsoft lebih memilih mengembangkan Cortana untuk Microsoft 365, yang mana aplikasi tersebut hanya tersedia untuk enterprise dan small business.

Leave a Reply