Bhinneka News

Panduan Memesan Kopi di Kopitiam. Kenali Istilahnya!

Memesan kopi di kopitiam bagi sebagian orang mungkin masih merupakan hal yang unik dan terkadang membingungkan. Hal ini terutama jika Anda mengunjungi koptiam ala Malaysia dan juga Singapura. Hal ini dikarenakan beberapa menu kopi yang ada di kedai kopi tersebut menggunakan istilah khusus yang mungkin masih asing.

Mengenal Kopitiam

Kopitiam atau Kopi Tiam merupakan istilah yang memiliki arti kedai kopi, dimana istilah tersebut berasal dari gabungan kata kopi dan tiam. Tiam sendiri memiliki arti kedai atau toko dalam bahasa Hokkian maupun Hakka.

Kopi Tiam di Indonesia terutama yang bergaya tradisional banyak ditemui di Riau, Bangka Belitung, Pekanbaru, Medan, hingga Lampung. Namun di beberapa kota besar juga sekarang ini banyak terdapat kedai kopi modern yang mengadopsi gaya atau desain kopi tiam tradisional.

Selain di Indonesia, kopi tiam juga banyak terdapat di Malaysia dan juga Singapura. Hampir sama konsepnya, kedai kopi ini menyediakan kopi dengan berbagai macam makanan sederhana seperti roti bakar, telur rebus.

Berkembangnya Kopi Tiam Modern

Untuk bersaing dengan berbagai gerai kopi modern & internasional serta restoran modern lainnya, banyak kedai kopi yang mengubah konsepnya menjadi lebih modern tapi tidak meninggalkan kesan tradisionalnya.

Hal ini dapat dilihat mulai dari berbagai jenis variasi makanan maupun minuman yang ditawarkan. Beberapa kedai modern menawarkan menu – menu makanan yang kurang lebih menyerupai menu – menu pada restoran atau gerai modern lainnya.

Panduan Memesan Kopi di Kopitiam Malaysia & Singapura

Jika Anda berkunjung ke kedai kopi di Malaysia dan Singapura, Anda mungkin sedikit bingung dengan istilah yang digunakan pada menu kopi dan teh yang dijualnya. Hal ini dikarenakan beberapa menu tersebut menggunakan istilah seperti Kopi-O, Kopi Gao, Kopi-O Po dan lainnya.

memilih kopi di kopitiam

Hal ini tentu menyulitkan jika Anda tidak terbiasa atau tidak paham arti dari istilah – istilah tersebut. Bahkan beberapa kopitiam modern Indonesia juga ada yang mengadopsi istilah – istilah tersebut dalam menunya.

Agar Anda tidak bingung, berikut ini merupakan daftar istilah yang perlu Anda ketahui:

  • Kopi = kopi
  • Teh = teh
  • Kosong = tanpa gula
  • Gau = strong (rasa yang lebih kuat / kental)
  • Po = weaker
  • Siew Dai = manis sedikit
  • Gah Dai = lebih manis
  • C = menggunakan susu evaporasi
  • Peng = dengan es (dingin)

Apabila Anda telah memahami istilah di atas beserta artinya, maka Anda dapat menggabungkan istilah tersebut untuk memesan kopi atau teh yang Anda inginkan.

Misalnya saja Anda ingin memesan kopi hitam tanpa gula, maka cukup pesan Kopi-O Kosong. Tapi bila Anda ingin kopi hitam Anda dingin, maka Anda dapat memesan Kopi-O Kosong Peng.

Lalu bagaimana bila Anda ingin memesan kopi hitam dengan gula dan susu? Maka cukup pesan kopi tanpa istilah apapun setelah kopi.

Ini mengapa jika Anda berkunjung ke kedai kopi Malaysia atau Singapura dan langsung memesan kopi, Anda akan disajikan kopi dengan susu, karena istilah kopi memang berarti kopi hitam dengan gula dan susu.

kopi

Namun tidak perlu khawatir, jika Anda kurang paham, Anda dapat menanyakannya kepada pemilik kedai ataupun petugasnya dan sampaikan pesanan yang Anda inginkan.

Pada beberapa kedai yang modern pun juga terdapat menu dan biasanya sudah terdapat keterangan apa arti dari istilah menu tersebut. Cukup membantu sehingga Anda tidak perlu menghafalkan istilah – istilah di atas.

Leave a Reply