apa itu altimeter
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Pengertian Altimeter Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa itu Altimeter ? Apa fungsi altimeter dan bagaimana cara kerjanya ? Altimeter adalah alat yang biasa digunakan pada kegiatan yang berhubungan dengan penerbangan, pendakian, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan ketinggian. Altimeter merupakan salah satu peralatan navigasi pesawat terbang.

Kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian membutuhkan peralatan bantu untuk navigasi. Salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah untuk mengukur ketinggian posisi Anda dari daratan, atau biasanya yang jadi patokan adalah ketinggian terhadap permukaan air laut.

Apa itu Altimeter ?

apa itu altimeter

Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian dan menggunakan titik ukur dari permukaan laut. Altimeter digunakan pada kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian, seperti: penerbangan, mendaki gunung, sampai terjun payung. Altimeter berfungsi memantau ketinggian pesawat di atas permukaan bumi. Lalu bagi penerjun payung menggunakan altimeter untuk menentukan lokasi saat masih di atas tanah.

Cara Kerja Altimeter

Berdasarkan penggunaannya, altimeter memiliki prinsip kerja yang berbeda, yaitu:

  1. Tekanan udara. Jenis altimeter yang sering digunakan. Bekerja dengan cara mengukur tekanan udara di sekitar Anda. Semakin tinggi posisi Anda dari permukaan laut, semakin kecil tekanan udaranya.
  2. Magnet Bumi. Jenis altimeter yang mengunakan sudut inklinasi. Mengukur sudut antara bidang yang jadi acuan dengan bidang yang diukur kemiringannya.
  3. Gelombang Radio. Menggunakan sinyal radio ultrasonik atau inframerah.

Jenis-Jenis Altimeter

Hingga saat ini, ada tiga jenis altimeter yang paling banyak digunakan, yaitu:

1. Altimeter Tekanan

Altimeter jenis ini banyak digunakan di dunia penerbangan komersil. Altimeter dengan sistem tekanan bekerja dengan mekanisme barometer aneroid. Altimeter ini menentukan ketinggian posisi Anda dari permukaan laut dengan tekanan atmosfer bumi. Semakin tinggi posisi Anda dari permukaan laut, semakin kecil tekanan yang dihasilkan.

2. Altimeter Sinyal Radio

Altimeter jenis sinyal radio digunakan untuk mengukur jarak dari pemancar ke permukaan bumi. Altimeter jenis ini digunakan untuk mengukur waktu yang ditempuh sinyal radio ketika memancar dari satelit ke permukaan bumi. Perangkat altimeter dengan sinyal radio biasa digunakan di pesawat terbang. Untuk melacak posisi Anda, altimeter bekerja dengan melacak satelit melalui GPS (Global Positioning System).

3. Altimeter Laser

Altimeter laser bekerja dengan cara yang hampir sama dengan altimeter sinyal radio. Yang membedakannya adalah altimeter laser menggunakan gelombang sinar laser, bukan sinyal radio. Altimeter laser biasanya digunakan di pesawat ruang angkasa. Kelebihan dari altimeter laser adalah bisa mengukur ketinggian pesawat dari permukaan bumi. Selain bisa mengukur ketinggian, altimeter laser bisa mengukur ketinggian laut, tanah, dan lapisan es.

Fungsi Altimeter

fungsi altimeter

Sesuai dengan penjelasan pengertian altimeter di atas, alat ini berfungsi untuk mengukur ketinggian posisi Anda saat ini dari permukaan laut. Selain itu, altimeter juga sering digunakan untuk mengetahui kedalaman laut, tanah, dan lapisan es. Altimeter banyak digunakan di kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian, seperti: penerbangan, terjun payung, sampai mendaki gunung. Berdasarkan jenisnya, fungsi altimeter bisa dibagi menjadi dua, yaitu:

Altimeter untuk Mengukur Ketinggian

Altimeter yang bekerja dengan tekanan udara berfungsi untuk mengukur ketinggian. Tekanan udara di setiap permukaan bumi berubah-ubah, oleh karena itu perlu dipantau setiap saat. Perubahan tekanan udara disebabkan oleh perubahan cuaca.

Altimeter Sebagai Alat Navigasi

Altimeter berbasis radio biasanya digunakan bersama kompas. Altimeter dengan radio ini biasanya digunakan di pesawat terbang komersil sampai pesawat tempur. Gelombang radio dari altimeter ditembak ke permukaan bumi, lalu dipantulkan kembali. Dengan menghitung waktu sinyal radio kembali ke pesawat, altimeter akan menghitung berapa jarak pesawat ke permukaan bumi atau laut.

altimeter adalah

Altimeter berfungsi mengukur ketinggian posisi Anda dari permukaan bumi atau laut. Seorang pilot membutuhkan altimeter untuk mengetahui posisinya saat menerbangkan pesawat. Dengan bantuan altimeter, pesawat bisa terbang dengan aman dan menghindari gunung atau bukit di tengah kondisi cuaca yang buruk.

Sebelum digunakan, altimeter harus dikalibrasi terlebih dulu. Altimeter adalah alat yang peka dengan perubahan iklim dan guncangan. Jadi, saat Anda memasuki kawasan baru, Anda harus perhatikan terus ketinggian yang dicatat di perangkat altimeter.

Altimeter adalah salah satu fitur tambahan yang banyak digunakan di smartwatch. Fungsi altimeter di smartwatch adalah untuk mengetahui ketinggian saat mendaki gunung. Beli smartwatch dengan altimeter di Bhinneka.

Leave a Reply