Tips & Tutorial

Penyebab dan Tanda Aki Mobil Lemah & Soak

Banyak penyebab serta tanda aki mobil lemah dan soak yang terkadang tidak diketahui pengendara mobil. Hal ini menyebabkan seringkali para pengendara menjadi bingung saat mobil mereka tidak bisa menyala, mendadak mogok atau menunjukkan gejala aki melemah.

Aki soak sendiri merupakan masalah umum yang seringkali terjadi dan dialami oleh setiap pengendara. Penyebabnya juga banyak dan salah satunya karena aki mobil tidak bisa dirawat dengan baik. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai akibat dari aki soak dan apa saja penyebab aki soak pada mobil.

Tanda Aki Mulai Bermasalah

Aki pada kendaraan bermotor termasuk mobil memiliki masa usia pakai 2 – 3 tahun. Apabila dirawat dengan benar, masa usia pakai aki bisa mencapai 4 tahun. Namun seringkali, aki hanya dapat bertahan 2 tahun saja akibat tidak dirawat dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa gejala dan akibat dari aki mobil mulai soak:

Mesin Sulit Dinyalakan

Hal paling utama yang terasa adalah mobil menjadi sulit dihidupkan apabila aki sudah soak. Meski sudah coba di starter berulang – ulang, mesin tidak mau menyala bahkan tidak muncul suara sama sekali.

Suara Klakson Menjadi tidak Nyaring

Pada kendaraan dengan aki yang mulai soak atau melemah, dapat ditandai salah satunya dengan suara klakson. Klakson pada kendaraan dengan aki soak suaranya tidak lagi terdengar normal, cenderung lemah dan tidak nyaring bahkan tidak berbunyi.

mobil mogok

Cahaya Lampu Lebih Redup

Gejala aki lemah atau soak juga dapat dilihat dari sorotan lampu utama kendaraan. Apabila aki soak, umumnya lampu utama akan terlihat lebih redup dan tidak terang seperti biasanya akibat pasokan listrik dari aki yang melemah.

Penyebab Aki Mobil Lemah

Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan aki mobil menjadi soak. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab umum:

Mobil jarang Dipakai

Salah satu penyebab sering dari aki soak adalah mobil yang jarang dipakai dan jarang dihidupkan. Hal yang terjadi pada mobil yang jarang dipakai adalah pasokan listrik menjadi berkurang akibatnya aki menjadi tidak optimal dan melemah akibat tidak adanya suplai listrik. Untuk menghindari hal ini, cukup hidupkan atau panaskan mobil secara rutin.

tanda aki mobil lemah

Penggunaan Aksesoris Berlebihan

Aki pada mobil memiliki kapasitasnya tersendiri. Penggunaan aksesoris yang berlebihan di dalam mobil atau memodifikasi mobil terlalu berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada suplai listrik dari aki. Misalnya saja sistem audio modifikasi yang membutuhkan listrik besar. Akibatnya aki menjadi tidak kuat dan akan cepat soak.

Menggunakan Lampu Jenis Projector

Lampu jenis proyektor pada mobil membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Apabila kapasitas aki tidak sesuai ataut idak kuat, tentu akan menyebabkan pasokan suplai listrik ke sistem mobil yang lain menjadi terganggu.

Mobil Sering Digunakan

Apabila mobil sering digunakan, Anda perlu memastikan mengecek aki secara rutin. Hal ini dikarenakan apabila mobil sering digunakan terutama untuk jarak tempuh jauh atau durasi yang lama terus menerus, akan membuat aki bekerja dengan esktra.

Aki Sudah Memasuki Batas Usia Pakai

Aki soak juga dapat disebabkan karena aki yang sudah memasuki batas usia pakai. Untuk itu, aki perlu diganti dengan yang baru agar sistem kelistrikan pada mobil dapat berfungsi dengan baik lagi.

Demikian beberapa penyebab aki mobil soak. Pastikan Anda selalu melakukan pengecekan secara rutin dan merawat aki mobil Anda dengan baik untuk menghindari mobil Anda mogok karena aki menjadi soak.

Leave a Reply