Info

Penyebab & Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Jerawat dapat muncul karena berbagai faktor penyebab dan dapat muncul di berbagai area tubuh, terutama pada wajah, termasuk jerawat di dagu. Pada wajah, umumnya jerawat dapat muncul di bagian pipi, dahi, hidung hingga dagu.

Sedangkan pada area tubuh lain, jerawat juga dapat muncul pada area punggung, leher, dan juga dada. Umumnya jerawat, termasuk jerawat di dagu muncul karena tersumbatnya pori – pori. Pori – pori tersumbat ini mengakibatkan munculnya komedo dan juga jerawat kecil.

Penyebab Muncul Jerawat di Dagu

Sama seperti jerawat lainnya, jerawat di dagu dapat muncul baik pada pria atau wanita. Salah satu faktor utama penyebabnya juga karena kebersihan wajah. Debu menempel pada wajah dan saat mencuci muka tidak bersih sehingga sebagian debu tertinggal dan menyumbat pori – pori.

jerawat di dagu

Untuk orang dengan tipe muka berminyak, juga dapat serta lebih mudah memicu pori – pori tersumbat. Oleh karenanya disarankan untuk orang dengan tipe muka berminyak menggunakan pembersih wajah khusus sesuai dengan tipe kulit wajahnya.

Pada dasarnya ada beberapa penyebab muncul di dagu, antara lain sebagai berikut:

  1. Tersumbatnya pori – pori akibat debu atau minyak wajah
  2. Ingrown hair akibat bercukur / shaving, terutama pada pria
  3. Perubahan hormon

Ingrown hair umumnya terjadi akibat dari bercukur, terutama pada pria. Dalam kasus ingrown hair, terutama apabila hasil pencukuran tidak bersih / clean shave, rambut wajah dapat tumbuh kembali di dalam kulit. Akibatnya, ingrown hair ini akan menyebabkan peradangan dan jerawat pada area sekitar dagu dan rahang.

Perubahan hormon tubuh terutama pada remaja juga dapat memicu munculnya jerawat. Jerawat yang dipicu akibat perubahan hormon tidak hanya sebatas di dagu saja tapi juga dapat di area lain. Pada remaja, produksi hormon lebih meningkat sehingga jerawat pada remaja merupakan permasalahan yang umum dan sering terjadi.

Cara Mengatasi Jerawat

Untuk mengatasi serta mencegah jerawat di dagu, umumnya sama dengan jerawat pada area lainnya. Cara yang diterapkan juga kurang lebih sama, misalnya:

  1. Rajin mencuci muka atau membersihkan wajah
  2. Hindari sabun yang mengandung bahan yang dapat memicu muncul jerawat seperti sabun yang mengandung parfum, atau sabun dengan pH tinggi
  3. Hindari menyentuh wajah untuk mencegah kotoran dan debu pada tangan memicu atau memperparah kondisi jerawat
  4. Jangan sekali – kali memencet jerawat
  5. Saat bercukur, gunakan pisau silet yang tajam / tidak tumpul, serta gunakan shaving foam untuk mendapatkan clean shave dan mengurangi risiko iritasi, razor burn hingga ingrown hair

Apabila jerawat meradang, Anda juga dapat mengoleskan obat jerawat atau konsultasi pada dokter kulit. Umumnya dokter akan memeriksa jerawat Anda dan meresepkan obat seperti salep jerawat agar cepat kering serta antibiotik jika diperlukan untuk mengurangi peradangan jerawat.

Leave a Reply