Tips & Tutorial

Penyebab Muncul Uban di Usia Muda

Apa penyebab muncul uban di usia muda? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan, karena uban atau rambut putih yang seringkali muncul pada orang dewasa atau usia lanjut ternyata dapat juga muncul pada usia remaja. Uban atau rambut putih biasanya mulai muncul saat seseorang berusia 40. Namun, tidak jarang ada remaja atau anak muda usia belasan atau 20 yang juga memiliki uban.

Hal ini wajar dan tidak aneh. Uban tidak hanya muncul dikarenakan proses penuaan. Namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan uban muncul di kepala bahkan pada usia remaja sekalipun. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa penyebab yang dapat menjadi faktor munculnya uban di usia muda.

Peran Melanin Pada Warna Rambut

Sebelum membahas penyebab seseorang di usia muda dapat memiliki rambut beruban, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai melanin. Melanin adalah pigmen yang berfungsi untuk memberi warna pada kulit.

Pada kulit kepala kita terdapat folikel atau tempat tumbuh rambut. Pada folikel ini terdapat sel pigmen melanin. Secara khusus terdapat dua jenis melanin yaitu eumelanin dan pheomelanin yang berfungsi menentukan warna rambut seseorang.

penyebab uban muncul di usia muda

Jumlah melanin dapat berkurang. Jumlah melanin yang sedikit inilah yang membuat rambut seseorang tumbuh menjadi warna abu keperakan atau putih dan kita kenal dengan uban atau rambut putih. Jumlah melanin biasanya berkurang seiring bertambahnya usia seseorang.

Lantas apa penyebab seseorang yang masih berusia muda dapat memiliki rambut putih atau uban?

Penyebab Muncul Uban di Usia Muda

Apabila pada usia tua, rambut putih umumnya disebabkan karena berkurangnya produksi melanin, maka ada beberapa hal atau faktor yang dapat menyebabkan munculnya uban pada usia muda. Dari hasil penelitian, uban di usia muda pada orang Asia dapat terjadi bahkan sebelum usia 25 tahun.

Ada beberapa penyebab tumbuh atau munculnya uban di usia muda, antara lain:

Kurangnya Vitamin

Salah satu vitamin esensial yang berguna untuk kesehatan rambut antara lain vitamin B6, B12, vitamin D dan vitamin E. Vitamin – vitamin ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan sel rambut.

Vitamin B12 misalnya, memiliki peran untuk sel darah merah yang mengangkut oksigen salah satunya ke sel – sel rambut. Apabila Anda mengalami defisiensi vitamin ini, dapat mempengaruhi jumlah oksigen yang diterima sel rambut dan pada akhirnya mempengaruhi jumlah produksi melanin.

Faktor Genetik

Penyebab rambut memutih atau beruban di usia muda juga dapat disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Orang Asia dapat mengalami rambut memutih sebelum usia 25 tahun, sedangkan orang kaukasia misalnya dapat mengalaminya bahkan sebelum usia 20 tahun.

Jika Anda mengalami rambut beruban di usia muda, bisa juga disebabkan karena orang tua atau kakek dan nenek Anda memiliki kondisi serupa sehingga menurun.

Stres

Jangan stres nanti cepat ubanan. Hal ini tentu sering Anda dengar dari orang – orang sekitar Anda. Ya, stres dan rambut beruban memang memiliki hubungan. Apabila Anda stres, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan dalam tubuh.

uban di usia muda

Hal ini dapat menyebabkan rusaknya sel – sel rambut. Rusaknya sel rambut ini dapat memicu kerusakan pada folikel dan juga berkurangnya melanin sehingga rambut memutih.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Beberapa kondisi kesehatan atau penyakit yang dialami seseorang juga dapat menyebabkan rambut memutih lebih awal pada usia muda. Misalnya saja kondisi autoimun yang disebut dengan Vitiligo, dimana beberapa bagian rambut dan kulit mengalami kehilangan pigmen warna sehingga memutih. Sindrom Werner juga bisa menyebabkan munculnya uban di usia muda.

Leave a Reply