Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Perbedaan Drill dan Impact Drill: Kelebihan & Kekurangannya

Sulit membedakan fungsi dan perbedaan drill dan impact drill masih sering dialami oleh banyak orang. Baik drill biasa atau dikenal dengan mesin bor tembok serta impact drill atau mesin bor impact keduanya termasuk dalam power tools.

Power tools adalah perkakas mesin  yang penggunaannya menggunakan listrik dan dapat membantu dalam melakukan pekerjaan berat, khususnya pekerjaan pertukangan maupun konstruksi. Ada berbagai jenis power tools, misalnya gergaji mesin, grinder, dan juga mesin bor listrik.

Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pertukangan saja, mesin bor juga umum dimiliki dalam setiap rumah tangga. Pada artikel ini akan membahas mengenai fungsi dan perbedaan dari mesin bor tembok atau drill biasa dengan mesin bor impact atau impact drill agar Anda tidak bingung dan tidak salah memilih mesin bor.

Perbedaan Drill dan Impact Drill

Pada dasarnya, fungsi dari mesin bor baik mesin bor biasa / mesin bor tembok dengan mesin bor impact / mesin bor beton adalah sama – sama untuk membuat lubang untuk dapat dipasangi paku atau sekrup.

Lantas apa yang membedakan kedua mesin bor ini? Yang membedakan keduanya adalah dari segi material benda yang akan dilubangi. Agar lebih paham, berikut adalah perbedaannya:

perbedaan drill dan impact drill

Mesin Bor Listrik Biasa

Mesin bor listrik biasa atau mesin bor tembok, biasa digunakan untuk material yang terbuat dari kayu, besi hingga dapat digunakan untuk membuat lubang pada tembok. Dalam menggunakannya, Anda perlu memperhatikan agar mata bor yang digunakan sesuai dengan material benda yang akan dibor.

Mesin Bor Impact (Impact Drill)

Impact drill, sama seperti mesin bor biasa, dapat digunakan untuk melubangi material dari kayu dan besi hingga tembok. Akan tetapi, impact drill juga dapat digunakan untuk melubangi beton. Hal ini dimungkinkan karena impact drill dirancang khusus untuk dapat mengebor dengan turut memberikan efek daya bentur atau hentakan.

Biasanya pada impact drill terdapat tombol pengaturan apakah Anda ingin mengebor secara biasa untuk material kayu atau tembok dan besi, atau mengebor dengan fungsi impact atau daya bentur apabila hendak mengebor beton.

Keunggulan dan Kekurangan Masing – Masing Bor

Baik mesin bor biasa maupun mesin bor impact atau impact drill memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Mesin bor biasa cenderung memiliki harga yang lebih murah. Hal ini wajar mengingat mesin bor biasa tidak dilengkapi fitur yang dimiliki oleh mesin bor impact.

Pada mesin bor impact, terdapat fitur untuk memberikan impact atau daya bentur saat mengebor material keras seperti beton. Fitur ini tidak terdapat pada mesin bor biasa. Sehingga, mesin bor impact biasanya lebih mahal.

kelebihan dan kekurangan drill

Selain itu, pada beberapa model atau merek yang lebih baru atau canggih, mesin bor impact juga dilengkapi sejumlah fungsi seperti:

  1. Mengatur kecepatan putaran mata bor
  2. Mengatur arah putaran mata bor
  3. Fitur untuk meredam getaran sehingga tangan tidak mudah lelah

Apabila mesin bor hanya digunakan untuk keperluan sehari – hari seperti mengencangkan atau melonggarkan baut dan sekrup, atau membuat lubang pada dinding tembok, Anda dapat memilih mesin bor biasa karena lebih murah. Akan tetapi untuk kebutuhan industri atau konstruksi, ada baiknya menggunakan mesin bor impact.

Demikian perbedaan antara mesin bor biasa dan juga mesin bor impact. Memilih dan membeli power tools seperti mesin bor merupakan pembelian untuk penggunaan jangka panjang. Jadi pastikan Anda memilih dan membeli mesin bor yang sesuai kebutuhan Anda ke depannya.

Leave a Reply