LabInc Kampus Merdeka Tips & Tutorial

5 Perbedaan Tinggal Di Asrama Dan Kostan

Apakah anda merupakan mahasiswa baru dan memutuskan untuk berkuliah yang memiliki jarak yang cukup jauh dengan kampung halaman anda? Mungkin anda bingung untuk memutuskan harus memilih untuk tinggal di asrama atau kostan.

Jika iya, maka anda harus memutuskan tempat tinggal yang akan anda tempati nantinya. Anda harus menentukan tempat tinggal yang aman dan nyaman sehingga anda merasa nyaman menjalankan aktivitas anda seharui-hari.

Foto Perbedaan Tinggal Di Asrama Dengan Di Kostan

Banyak sekali opsi yang dapat anda pilih untuk dijadikan sebagai tempat tinggal selama anda berada di tanah rantau. Jika anda memiliki sanak saudara yang tinggal didekat daerah kampus anda, anda dapat memutuskan untuk tinggal bersama dengan keluarga anda. Karena hal ini dapat menghemat pengeluaran bulanan anda.

Namun, jika anda tidak memiliki sanak saudara didekat daerah kampus anda, maka anda dapat memilih untuk tinggal di asrama atau kostan. Nah, jika kamu bimbang untuk menentukan tempat tinggal mana yang sebaiknya anda pilih, maka anda dapat menyimak penjelesan mengenai perbedaan dari asrama dengan kostan.

Apa saja perbedaan tersebut? Yuk, kita bahas

1. Perbedaan Pertama Tinggal Di Asrama dan Kostan Adalah Jumlah Penghuni

Salah satu perbedaan antara tinggal di asrama dengan di kostan adalah jumlah penghuninya. Jika anda pernah merantau atau tinggal di kostan, mungkin anda sudah mendapatkan gambaranan mengenai bagaimana tinggal di kostan. Jika anda memilih untuk tinggal di kostan, maka anda dapat menentukan apakah anda ingin tinggal seorang diri di dalam kostan atau berdua bersama dengan teman anda.

Namun, jika anda memilih untuk tinggal di asrama, maka anda tidak bisa menentukan untuk tinggal sendiri atau berdua. Mungkin bagi beberapa asrama di kampus-kampus tertentu, mereka menyediakan sebuah kamar hanya untuk sendirian atau hanya berdua orang saja.

Namun, beberapa kampus lain mengharuskan kamu untuk tinggal bersama dengan anak asrama lain dengan jumlah yang telah ditentukan oleh pihak asrama, apakah 3 atau 4 orang.

Berbeda dengan tinggal di kostan dimana anda bisa memilih dan menentukan teman mana yang bisa anda jadikan sebagai teman kostan anda. Di asrama anda tidak bisa menentukan siapa yang akan menjadi teman asrama anda nantinya. Sehingga terkadang anda dapat bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa yang berbeda fakultas dan jurusan dengan anda.

2. Perbedaan Kedua Tinggal Di Asrama dan Kostan Adalah Privasi

Perbedaan lainnya antara tinggal di asrama dengan kostan adalah dalam hal menjaga privasi. Untuk asrama sendiri anda tinggal dalam satu gedung yang terdiri dalam banyak kamar-kamar.

Dalam kamar tersebut, anda juga tinggal dengan banyak orang yang jumlahnya disesuaikan dengan kebijakan asrama. Ada asrama yang mengharuskan tinggal bersama dengan banyak orang, namun ada pula asrama yang hanya menyediakan untuk dua orang perkamarnya.

Dikarenakan anda tinggal secara beramai-ramai dalam satu kamar, maka akan menyulitkan anda untuk menjaga privasi anda. Anda juga menjadisulit untuk melakukan hal-hal yang menurut anda adalah privasi. Anda bukan tidak bisa melakukannya, namun anda akan terbatas untuk melakukan kegiatan tersebut.

Apalagi jika anda tinggal di asrama secara beramai-ramai, tidak jarang barang yang anda miliki juga akan digunakan secara bersama-sama dan berpeluang untuk kehilangan barang tersebut. Sehingga anda harus menjaga barang anda secara baik-baik.

Sedangkan jika anda tinggal seorang diri di kostan, maka anda dapat menjaga privasi anda dengan sebaik mungkin dan anda memiliki banyak waktu untuk me time. Anda akan memiliki banyak waktu untuk sendirian sehingga anda bebas untuk melakukan apapun.

Anda juga tidak akan terikat dengan peraturan yang mengikat. Bahkan, barang yang anda miliki juga lebih minim untuk hilang dan dipinjam oleh orang lain. Sehingga barang-barang anda tidak akan mudah hilang.

3. Perbedaan Ketiga Tinggal Di Asrama dan Kostan Adalah Akses ke kampus

Perbedaan lainnya antara tinggal di asrama dengan kostan adalah akses ke kampus. Biasanya asrama letaknya relatif lebih dekat dengan kampus. Sehingga anda hanya perlu jalan ke fakultas yang anda tuju.

Berbeda dengan kostan yang letaknya tersebar di sekitar kampus. Ada yang memiliki jarak yang cukup dekat, namun ada pula yang memiliki jarak yang lumayan jauh. Sehingga anda memerlukan kendaraan umum ataupun berjalan kaki untuk pergi ke kampus anda.

4. Perbedaan Keempat Adalah Peraturan

Salah satu perbedaan lainnya jika tinggal di asrama dengan tinggal di kostan adalah adanya perbedaan peraturan. Dikarenakan asrama dimiliki oleh sebuah lembaga, maka biasanya asrama memiliki peraturan yang cukup ketat. Beberapa contoh aturan yang dietatpkan oleh asrama adalah tentang jam malam dan hanya orang-orang tentu saja yang diperbolehkan untuk masuk ke asrama

Misal, anda harus masuk asrama maksimal jam 22.00 malam. Jika anda pulang melebihi jam tersebut, maka anda siap-siap tidak dapat masuk ke dalam asrama dikarenakan gerbang asrama telah dikunci. Anda juga tidak dapat mengajak pacar anda ke dalam kamar anda.

Nah, jika anda memiliki kegiatan yang cukup banyak sehingga membuat anda sering pulang larut malam, maka asrama bukanlah tempat tinggal yang tepat. Karena dengan anda tinggal di asrama maka akan membuat anda tidak dapat fleksibel.

Jika dibandingkan dengan kostan, anda tidak akan memiliki peraturan yang ketat. Mungkin ada beberapa kostan yang memiliki peraturan yang cukup ketat, namun anda masih bisa mendiskusikan kesibukan yang anda miliki dengan ibu kos anda.

Sehingga mereka akan mencoba untuk memahami anda. Anda juga dapat melakukan apapun selagi tidak mengganggu kenyamanan tetangga kostan anda.

Namun, jika anda merasa kostan tidak dapat membuat anda menjadi pribadi yang lebih disiplin, maka anda dapat memilih asrama sebagai tempat tinggal anda. Karena dengan adanya peraturan yang cukup ketat maka akan membuat anda menjadi lebih disiplin lagi.

5. Perbedaan Keempat Adalah Fasilitas

Perbedaan yang terakhir jika tinggal di asrama dengan tinggal di kostan adalah fasilitas yang dimiliki. Jika ketika di asrama anda akan menikmati banyak fasilitas, namun tetap memiliki kekurangan. Dimana fasilitas yang akan kamu gunakan akan digunakan secara bersamaan dengan anak asrama lainnya. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah kamar mandi, dapur, televisi umum, wifi, dan lain-lain.

Berbeda ketika anda tinggal di kostan yang mana semua fasilitas yang anda gunakan merupakan fasilitas anda pribadi. Sehingga anda tidak perlu menggunakannya secara bersamaan dengan teman-teman anda. Namun, dengan adanya kelebihan inilah yang membuat harga kostan jauh lebih mahal daripada dengan asrama.

Itulah tadi 5 perbedaan jika tinggal di kostan dengan tinggal di asrama. Sebenarnya masih banyak perbedaan lainnya jika anda tinggal di asrama dengan di kostan.

Namun, dengan adanya 5 perbedaan tadi, dapat anda jadikan pertimbangan untuk menentukan mana tempat tinggal yang sebaiknya anda pilih. Setiap tempat tinggal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Leave a Reply