Bhinneka Bisnis LabInc Kampus Merdeka

Pertemuan Bhinneka.com X UNIBA dengan Program Campus Marketplace

Pertemuan Bhinneka.com x Univeritas Balikpapan yang disingkat menjadi UNIBA dengan ini Bhinneka.com x UNIBA yang akan melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan membuat sebuah marketplace. Universitas Balikpapan adalah perguruan tinggi swasta di Balikpapan yaitu Kalimantan Timur.

Kerja sama yang dilakukan antara Bhinneka.com dan UNIBA membuat sebuah marketplace dengan nama program Campus Marketplace. Yang nantinya kerja sama ini dapat menguntungkan pihak Universitas  yaitu sudah memiliki Marketplace sendiri.

Campus Marketplace adalah sebuah inovasi baru yang diluncurkan oleh Bhinneka.com untuk dapat berkolaborasi dengan universitas-universitas di Indonesia dengan menyediakan sebuah platform E-marketplace.

Nantinya marketplace ini juga dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada civitas academyca saja, melainkan juga kepada UMKM atau masyarakat lainnya yang ingin berjualan secara online.

Univeritas Balikpapan yang sudah melakukan pertemuan perdana secara online pada Jum’at, 13 Mei 2022 dengan pihak Bhinneka.com.

Tamu Undangan Univerisitas Balikpapan

Dalam pertemuan perdana yang dilakukan oleh Bhinneka.com x UNIBA pun mendapatkan dukungan dari berbagai organisasi maupun UMKM. Universitas Balikpapan yang  menginginkan para pelaku usaha agar tetap maju dan berkembang dalam usahanya.

Maka dari itu UNIBA akan melakukan kolaborasi dengan Bhinneka.com untuk membuat sebuah platform marketplace yang di khususkan untuk para pelaku usaha di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur.

Serta UNIBA pun berhasil mengundang salah satu orang yang berpengaruh dalam dunia bisnis atau ekonomi kreatif. Pertemuan perdana Bhinneka.com x UNIBA mendatangkan Ibu Dr. Ir. Hetifa Sjaifudian, MPP yaitu salah satu komisi X DPR RI.

Pertemuan Bhinneka.com x UNIBA ini mendapatkan dukungan positif oleh Ibu Hetifah Sjaifudian selaku Komisi X DPR RI. Ia memberikan sambutan dan sapaan untuk para tamu undangan dan dukungan untuk program campus marketplace yang dilakukan oleh Bhinneka.com.

Pertemuan Komisi X DPR dengan Bhinneka.com dan UNIBA

“Karena banyak dari senior UNIBA ini yang menjadi dalam dunia kampus yang meng-global dan berbasis teknologi. Jadi saya bersyukur sekali yah saya yakin dalam program peluncuran yang diberikan oleh Bhinneka akan sangat banyak manfaatnya.” Ujarnya dalam pertemuan perdana.

“Saya pun sebagai anggota DPR yang membidangi komisi X pendidikan sekaligus ekonomi kreatif berasa ini adalah salah satu trobosan yang dimana kampus ini menjadi pengungkit ekonomi bagi masyarakat, khususnya teman-teman Balikpapan dan PPU, serta teman teman aktivis lainnya.”Lanjutnya.

Pertemuan Bhinneka.com X UNIBA  disambut Ibu Hetifah selaku komisi X yang menghadiri pertemuan perdana ini pun siap membantu dan mendorong seluruh masyarakat Balikpapan khususnya masyarakat Kalimantan Timur untuk dapat bergabung dengan program marketplace ini.

Dilanjut dengan perkenalan yang dilakukan oleh pihak Bhinneka.com. Dimana perkenalan campus marketplace tersebut dibawakan oleh Bapak Dennis Kumara selaku head of business dan SEO Aronawa.

Awal dari perkenalan ini ialah dengan mengenalkan atau menjelaskan perjalanan Bhinneka.com berkembang dari tahun 1993 hingga saat ini tetap terus berjaya. “Kami dari Bhinneka dan Aronawa sangat senang sekali bisa bekerja sama dengan pihak UNIBA yang sangat cepat antusias nya dalam menjalin hubungan ini.” Ujarnya dalam pertemuan online tersebut.

Dimana Bhinneka dan Aronawa juga melakukan kerja sama atau kolaborasi yang saling menguntungkan satu sama lain. “Aronawa juga terinspirasi dari bahasa jawa yang artinya Anawa adalah samudra kemudian kami juga terinspirasi dari kepala suku Indonesia yaitu lagu Aronawa yang yamko rambe yamko sehingga menggabungkan dari yang namanya Anawa yang artinya samudra menjadi suatu kata Aronawa.” Ujarnya

Perjalanan Bhinneka untuk Universitas Balikpapan

“Aronawa sendiri adalah B2B jadi marketplace yang bergerak secara e-commerce teknologi platform dan kami bergerak di bidang e-procurement menjadi solusi kebutuhan korporasi pemerintah dan untuk para UMKM juga. Karena kalo melihat B2B dengan angkat hanya baru 13% dan masih kecil sekali yang dilayanin secara e-commerce.” Lanjutnya dalam pertemuan perdana.

Pertemuan Bhinneka.com x UNIBA bertujuan untuk melakukan kolaborasi dengan Universitas Balikpapan yang dimana nantinya Universitas Balikpapan dapat memiliki campus marketplace sendiri yaitu seperti memiliki e-commerce pada umumnya.

Untuk kali pertamanya Universitas Balikpapan yang akan melakukan kolaborasi dengan Bhinneka.com yaitu dengan membuat sebuah platform marketplace. Universitas Balikpapan yang akan menyiapkan micrositenya dan diberikannya pilihan nama marketplace itu sendiri seperti UNIBA Store, UNIBA Marketplace atau UNIBA Mart.

Serta pihak Bhinneka.com akan membantu untuk menjadi seller-seller di Univeristas Balikpapan yang dimana bisa melayani pembelian juga di BeLa Pengadaan. Sebelumnnya Bhinneka.com sudah melakukan kerja sama lebih dulu bersama pemerintah Kota Balikpapan untuk UMKM-UMKM juga bisa mendaftar.

Dimana semuanya sudah disediakan oleh pihak Bhinneka dan UNIBA serta UMKM lainnya hanya tinggal mendaftar menjadi seller dan buyer saja.

Pertemuan Rektor Universitas Balikpapan x Bhinneka.com

Rektor Universitas Balikpapan yaitu Bapak Dr. Ir. M. Isradi Zainal, M.T.,M.H.,M.M., DESS- CAAE.,A.Eng, IPU. Beliau mengatakan “Pada kesempatan ini saya mengapresiasi kegiatan ini yaitu dengan adanya marketplace ini. Saya memberikan dukungan penuh untuk program yang dijalankan oleh UNIBA dan Bhinneka Aronawa. Saya mengapresiasi banget semuanya serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat.”

Dalam pertemuan perdana yang dilakukan oleh UNIBA x Bhinneka.com sudah mendapat lampu hijau dari semua pihak. Dimana acara selanjutnya hanya tinggal melakukan lauching campus marketplace itu sendiri.

Leave a Reply