kerja sama Pos Indonesia
Bhinneka News Press Release

Pos Indonesia Jadi Mitra Strategis Baru Bhinneka

Pos Indonesia dan Bhinneka umumkan kerja sama strategis terbaru untuk memperkuat ekosistem bisnis e-commerce di Indonesia. Visi Bhinneka untuk membangun super ekosistem bagi pelaku bisnis, beserta kapabilitas infrastruktur logistik Pos Indonesia yang lengkap, saling bersinergi dengan membangun sistem pergudangan dan distribusi e-commerce yang optimal. Termasuk bagi produk BUMN serta UMKM di seluruh Tanah Air. Kerja sama yang tercipta antara Bhinneka dan PT Pos Indonesia menjadi harapan besar dalam menyikapi kebutuhan pasar di sektor B2B e-commerce yang terus bertumbuh 15,2% setiap tahunnya (Kenneth Research), melalui layanan yang lebih dekat dan lebih cepat.

Penandatanganan dilakukan antara Chief Operating Office (COO) Bhinneka, Stefanus Didi Hartanto, dengan Senior VP Retail Business PT Pos Indonesia, Makky Muhammad Makmur, di Kantor Pos Pusat, Jalan Gedung Kesenian, Jakarta Pusat, pada Kamis (16/12) pagi.

tanda tangan kerja sama Pos Indonesia
Penandatanganan kerja sama antara Bhinneka dan PT Pos Indonesia dilakukan oleh COO Bhinneka, Stefanus Didi Hartanto (jas hitam), dan Senior VP Retail Business PT Pos Indonesia, Makky Muhammad Makmur (batik biru), disaksikan oleh Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia, Siti Choiriana.

Laju pasar ekonomi digital Indonesia di masa pandemi masih dalam momentum bertumbuh pesat seiring kemampuan belanja, dan pertumbuhan permintaan masyarakat Indonesia yang kian terpenuhi melalui e-commerce. Hal ini pun perlu diiringi dengan pertumbuhan infrastruktur logistik yang baik untuk menjamin kecepatan dan pelayanan baik kepada konsumen sekaligus pelaku bisnis.

“Kolaborasi Bhinneka dan PT Pos Indonesia menjadi langkah strategis terbaik untuk memperkuat super ekosistem bisnis yang matang dan berkembang pesat. Cakupan wilayah layanan PT Pos Indonesia hingga daerah terpencil sekalipun sangat memungkinkan dalam menciptakan biaya yang jauh lebih bersaing dan cepat untuk proses distribusi. Kerja sama ini tidak hanya memberikan keunggulan dari sisi pemasaran produk BUMN yang dipasarkan oleh Bhinneka, tetapi berlaku juga untuk produk yang berasal dari UMKM,” ungkap Stefanus Didi Hartanto, COO Bhinneka.

“Yang terpenting adalah Bhinneka bersama PT Pos Indonesia dapat hadir lebih dekat dan lebih cepat, tak hanya dalam memasarkan produk dan mengirimkan produk ke pembeli, tapi juga menaungi para penjual produk hulu (bahan baku, barang setengah jadi) hingga ke hilir (produk jadi),” papar Didi.

Saat ini Bhinneka yang selama tiga dekade beroperasi di Indonesia sejak 1993 sudah melayani 1,5 juta pelanggan, para pelaku bisnis dari berbagai skala dan sektor, termasuk lebih dari 130 Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah (K/L/PD). 

Data dari Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) tahun 2021 menyebutkan bahwa arus pengiriman barang mengalami pertumbuhan pesat hingga 40% selama masa pandemi. Roda ekonomi digital terus bergerak, karena industri e-commerce menggeliat menembus angka transaksi Rp395 triliun (Laporan Bank Indonesia, 2021). Sehingga e-commerce dan logistik pun memainkan peran sangat penting dalam kebangkitan pemulihan ekonomi di 2022. Oleh karenanya, kerja sama antara Bhinneka dan PT Pos Indonesia diharapkan memberikan kontribusi dalam kebangkitan ekonomi digital di tahun depan.

tanda tangan kerja sama Pos Indonesia
Foto bersama setelah penandatanganan kerja sama antara Bhinneka dan PT Pos Indonesia.

PT Pos Indonesia sendiri hingga saat ini memiliki gudang (warehouse) yang tersebar di 33 provinsi, dan lebih dari 58.000 titik layanan berupa kantor pos, agen pos, hingga mobile postal service yang tersebar di seluruh Indonesia. Kolaborasi bersama Bhinneka sebagai super ekosistem bisnis dari hulu ke hilir ini menjadi strategis dengan adanya representatif Bhinneka di 33 provinsi, serta akan semakin dekat dan cepat dalam melayani pasar dengan keberadaan jaringan pergudangan yang dimiliki PT Pos Indonesia.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama strategis dengan Bhinneka sebagai salah satu pemain e-commerce pertama di Indonesia. Transformasi Bhinneka menjadi super ekosistem bisnis menjadi perluasan bisnis kami di industri logistik untuk melayani segmen B2B, dalam hal ini konsumen dan pelaku bisnis seperti produk BUMN dan UMKM. Ke depannya kerja sama ini akan menghadirkan layanan Pospay sebagai sebagai salah satu metode pembayaran milik PT Pos Indonesia sehingga memudahkan transaksi setiap pengguna yang ada,” tutur Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia.

Implementasi konkret kerja sama strategis ini mencakup beberapa aspek layanan, mulai dari layanan berupa Pos Instan dan Pos Express yang dapat dipilih oleh pengguna, layanan pembayaran kemudian, API bagi pengembang aplikasi, dan juga Pick Up Service dan Reporting yang membantu pencatatan dan pelaporan distribusi kiriman produk ke seluruh wilayah Indonesia.

Kesepakatan kerja sama strategis yang dibangun oleh Bhinneka dan PT Pos Indonesia membuka potensi bagi industri di Indonesia, yang sebelumnya terbatas dalam aspek logistik dan pemasaran. Pengalaman 28 tahun Bhinneka, bersama 275 tahun pengalaman PT Pos Indonesia melahirkan optimalisasi pergudangan dan distribusi yang matang, tersebar, serta dapat menjangkau banyak daerah di seluruh Indonesia.

Leave a Reply