Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Power Tools: Pengertian, Fungsi Power Tools dan Jenisnya

Fungsi power tools atau disebut juga dengan perkakas mesin atau peralatan mesin dalam kehidupan sehari – hari sangat banyak. Sama halnya dengan hand tools, power tools juga seringkali digunakan tidak hanya dalam rumah tangga namun juga dalam berbagai bidang industri.

Power tools juga terdiri dari beberapa macam jenis dan masing – masing jenis memiliki fungsi nya tersendiri. Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai hand tools atau perkakas tangan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perkakas mesin atau power tools.

Pengertian Perkakas Mesin (Power Tools)

Apabila hand tools merupakan perkakas yang dalam penggunaannya tidak menggunakan mesin atau listrik dan mengandalkan tenaga manusia, maka sebaliknya dengan perkakas mesin atau power tools. Power tools membutuhkan sumber tenaga berupa listrik atau baterai.

jenis power tools

Ada beberapa perkakas mesin yang membutuhkan perkakas tersebut tersambung ke sumber listrik untuk dapat bekerja. Namun pada beberapa mesin yang modern, biasanya dilengkapi juga dengan baterai yang dapat diisi ulang, sehingga mesin tidak perlu terus terhubung ke sumber listrik.

Fungsi Power Tools

Sama dengan perkakas tangan, perkakas mesin atau power tools juga memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Misalnya saja untuk memperbaiki kendaraan, untuk memperbaiki perabot rumah tangga yang rusak, untuk memasang baut atau sekrup, dan masih banyak lagi.

Dikarenakan power tools menggunakan tenaga dari listrik atau baterai, maka untuk beberapa jenis pekerjaan dapat lebih meringankan apabila menggunakan power tools, misalnya saja untuk mengencangkan atau melepaskan baut. Tidak perlu menggunakan obeng manual tapi dapat menggunakan cordless screwdriver misalnya.

Jenis – Jenis Perkakas Mesin

Perkakas mesin atau power tools terdiri dari banyak jenis atau macamnya. Masing – masing perkakas memiliki fungsi dan kegunaan masing – masing. Beberapa perkakas cocok atau sering digunakan untuk industri tertentu, sementara untuk kebutuhan rumah tangga, Anda mungkin tidak membutuhkan beberapa macam jenis perkakas mesin, misalnya saja bench grinder.

fungsi power tools

Berikut ini akan dibahas beberapa contoh jenis power tools yang sering digunakan beserta fungsi dari masing – masing perkakas tersebut:

Bor Listrik (Electric Drill / Hand Drill)

Perkakas mesin ini merupakan perkakas mesin umum yang digunakan baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk industri. Mesin bor listrik merupakan perkakas mesin yang memiliki kegunaan untuk membuat lubang atau mengebor pada objek tertentu, misalnya kayu, triplek, tembok, sesuai kebutuhan.

Bor Impact (Impact Drill)

Bor impact memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan bor listrik biasa. Bor impact juga dapat digunakan untuk melubangi objek benda tertentu.

Akan tetapi, yang membedakan adalah pada bor impact dilengkapi dengan fungsi untuk memberikan hentakan atau daya bentur ke objek yang keras seperti beton. Hal ini bertujuan agar objek yang keras seperti beton tetap dapat dilubangi ataupun baut dan sekrup yang terpasang keras dapat mudah dilonggarkan.

Bench Drill

Bench drill atau seringkali disebut juga bor duduk, merupakan variasi lain dari mesin bor. Perbedaannya adalah bila pada mesin bor biasa atau impact drill umumnya mesin bor bersifat portabel dan digenggam, maka pada bench drill, posisi mesin adalah diletakkan di atas meja atau permukaan.

Selanjutnya benda yang hendak dilubangi, diarahkan ke posisi pengeboran pada mesin. Bench drill cocok digunakan untuk pekerjaan dengan skala yang besar.

Gerinda (Grinder)

Grinder atau gerinda adalah perkakas mesin yang berfungsi untuk meratakan permukaan benda, memotong hingga membentuk suatu permukaan. Umumnya gerinda juga digunakan di industri konstruksi atau bangunan untuk meratakan material dan memotong keramik, kayu, hingga kaca.

Bench Grinder

Sama seperti mesin bor, gerinda juga memiliki tipe variasi berupa mesin gerinda duduk atau bench grinder. Berbeda dengan mesin gerinda biasa yang sifatnya portable, bench grinder biasanya tertanam di meja kerja dan objek yang hendak dihaluskan atau dipotong, diarahkan ke mesin.

Cordless Screwdriver

Obeng cordless atau cordless screwdriver merupakan perkakas mesin yang memiliki fungsi sama dengan obeng manual. Akan tetapi pengguna tidak perlu menggunakan tenaga manual, melainkan menggunakan tenaga mesin dari listrik atau baterai.

Biasanya arah putaran dari cordless screwdriver dapat diatur apakah putaran searah jarum jam (mengencangkan) atau berlawanan jarum jam (melonggarkan).

Demikian artikel mengenai pengertian, fungsi power tools beserta beberapa contoh perkakas mesin yang umum digunakan dalam rumah tangga maupun industri.

Leave a Reply