Info

Qualcomm siapkan Antena untuk Smartphone 5G NR

Teknologi 5G NR merupakan teknologi penerus dari 4G LTE yang digunakan saat ini pada smartphone. Qualcomm vendor dari System on Chip (SoC)saat ini sedang menyiapkan untuk masuk dalam  teknologi 5G NR. Setelah meluncurkan chip modem Snapdragon X50 dan menghadirkan prototipe smartphone 5G, Qualcomm dikabarkan telah merilis modul antena baru dengan nama Qualcomm QTM052. Antena tersebut mengusung teknologi 5G NR yang nantinya digunakan untuk perangkat smartphone, tablet PC, laptop serta Virtual Reality.

Qualcomm QTM052 mendukung standar 3GPP Release 15 yang telah mendukung frekuensi sub-6Ghz, serta mmWave yang berada direntang frekuensi 600 Mhz hingga 24 Ghz, frekuensi tersebut lebih tinggi dibandingkan  4G LTE yakni 5.8 Ghz. Modul QTM052 telah mendukung teknologi Beam Forming yang memungkinkan antena mencari dan meneruskan beberapa jalur sinyal mmWave ke satu titik, hingga menghasilkan jangkauan lebih baik baik dan kecepatan yang lebih tinggi. Sehingga satu buah smartphone bisa menggunakan hingga 3 modul sekaligus dalam 1 smartphone.

Target dari Qualcomm, kecepatan awal 5G NR berada di 5Gbps hingga mencapai 20 Gbps pada generasi chipset berikutnya. Selain itu, Qualcomm juga sedang melakukan ujicoba kepada lebih dari 1o vendor untuk menggunakan perangkat 5G NR serta beberapa operator terkenal. Qualcomm menargetkan area hotspot 5G NR akan tersedia di akhir tahun 2018 serta perangkat 5G NR akan tersedia pada awal tahun 2019.

Leave a Reply