LabInc Kampus Merdeka Tips & Tutorial

Resep Membuat Ayam Woku

Resep membuat ayam woku tidak sulit, hampir sama dengan membuat olahan ayam lainnya, karena semua bahan dari masakan ini dapat anda temukan di pasar tradisional, pasar modern atau bahkan warung sekitar rumah. Membuatnya simple dan praktis, bagi anda yang belum pernah mencobanya mungkin akan berhasil jika sekali coba saja.

Ayam woku merupakan salah satu jenis olahan ayam yang banyak di gemari, karena bahannya yang mudah di dapat dan juga rasanya yang nikmat.

Woku sendiri adalah bumbu makanan ala Manado, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, yang terbuat dari berbagai macam bumbu. Yang menjadi makanan khas Manado. Namun banyak orang dari berbagai daerah sudah membuat resep ayam woku ini.

Ayam woku juga bisa dijadikan salah satu menu di hari-hari besar seperti untuk hari raya idul Fitri, kumpul keluarga dan hari lainnya, juga resep ayam woku tidak menggunakan santan sehingga tidak mudah basi dan aman dikonsumsi untuk orang tua.

Adapun bahan yang perlu anda persiapkan dalam membuat ayam woku antara lain:

1. Bahan-bahan Membuat Ayam Woku

– Ayam
– Bawang Merah
– Bawang Putih
– Cabe Merah
– Cabe Rawit
– Tomat
– Kemiri
– Jahe secukupnya (1 ruas jari)
– Kunyit (1 ruas jari)
– Lengkuas (1 ruas jari)
– Serai
– Daun Jeruk
– Daun Salam
– Daun kemangi
– Penyedap rasa
– Garam

Bahan-bahan di atas sangat mudah di temukan atau mungkin sudah ada di dapur anda masing-masing. Anda bisa menyesuaikan banyaknya rempah untuk bumbu dengan banyaknya ayam yang akan dimasak, bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing yang memasaknya.

2. Cara Memasak Ayam Woku.

– Bumbu Halus

Haluskan semua bahan untuk menjadi bumbu ayam, yaitu bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, sejempol jahe dan kunyit, beberapa kemiri, jangan lupa untuk menyuci semua bahan yang akan di jadikan bumbu.     Haluskan menggunakan blander, agar semua bahan untuk bumbu tergiling hingga halus.

Apabila anda ingin mencari blander dan alat-alat elektronik lainnya anda bisa mengecek nya di web berikut : https://www.bhinneka.com/ karena banyak menjual barang-barang yang anda butuhkan.

Resep Ayam bumbu woku Bumbu Halus Ayam Woku

– Rempah atau Bumbu Kasar

 

Potong 1 buah tomat sesuai selera
Lalu Geprek 1 ruas Lengkuas
Cuci 5 Daun Jeruk
Cuci 2 Daun Salam
Geprek 1 buah serai
Beberapa Cabai Rawit bulat                                                                                                                                                                  Daun Kemangi sesuai dengan selera

Untuk bahan di atas anda bisa menyesuaikan dengan selera dan racikan yang di inginkan, sesuai dengan berapa banyak ayam yang di masak. Rempah-rempah di atas di gunakan untuk mempercantik dan memberikan aroma lebih lezat pada masakan.

– Tumis Bumbu Halus dan Rempah Kasar

– Kemudian tumis semua bumbu yang telah di buat

Bumbu Tumis
Masukkan minyak goreng pada wajan secukupnya dan tunggu hingga panas.
Lalu masukkan bumbu yang telah di haluskan dan juga rempah kasar nya kemudian aduk-aduk sampai tercampur rata jangan lupa gunakan api yang tidak terlalu besar agar bumbu tidak mudah kering tumis hingga harum dan sedikit mengering.

– Masukkan Ayam, air dan daun Kemangi

Ayam Woku

Masukkan ayam yang anda siapkan, jangan lupa sebelum memasukkan ayam ke-wajan ayam harus sudah di cuci dengan bersih agar tidak ada kotoran dari ayam yang tertinggal, lalu  aduk hingga rata dan masukkan air sesuai selera, jangan terlalu sedikit karena air akan cepat meyerap dan dapat menyebabkan masakan gosong karena kekeringan.

Jika biasanya anda memasak menggunakan penyedap rasa maka bisa menambahkan penyedap rasa secukupnya agar lebih nikmat. Lalu aduk dan tutup sampai ayam kelihatan matang dan kuah mengental.

Tumis Ayam dan Kemangi

Apabila kuahnya sudah mengental dan terlihat lebih kecoklatan maka anda bisa memasuk-kan daun kemangi yang telah di bersihkan dalam masakan tersebut, lalu aduk hingga daunnya layu dan aroma dari daun kemangi terasa.

Kemudian, anda bisa menambahkan cabai rawit bulat untuk memperpedas dan membuat tampilan dari ayam woku lebih cantik karena hijau-hijau dari daun kemangi dan cabai rawit tersebut.

Gambar di atas adalah contoh dari ayam woku yang telah matang dengan kemangi dan cabai rawit yang telah layu, apabila sudah matang seperti gambar di atas anda bisa menyajikannya sesuai dengan keinginan masing-masing dan ayam-pun sudah siap di santap.

Nah, setelah membaca tips atau cara memasak ayam woku di atas semoga anda bisa berhasil menerapkannya dan membuat ayam woku lebih lezat dari sebelumnya, selamat mencoba.

Leave a Reply