Tips & Tutorial

Tetap Sehat Saat Berpuasa Di Masa Pandemik

  • Bulan Ramadhan tahun ini tiba di saat dunia sedang mengalami masalah pandemic, sehingga menuai banyak pendapat baik pro maupun kontra
  • Saat berpuasa, dikhawatirkan tubuh akan menjadi lemah dan berisiko terjangkit virus
  • Tidak hanya memperhatikan konsumi makanan dan minuman, kebersihan udara di ruangan juga perlu diperhatikan untuk tetap sehat saat berpuasa

Seluruh umat Muslim di dunia telah memasuki bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah.  Selama bulan Ramadhan, umat Muslim menunaikan ibadah puasa, menahan diri bukan hanya dari makanan dan minuman, tapi juga dari pikiran dan perbuatan buruk.

Berpuasa merupakan kewajiban bagi semua umat Islam, kecuali anak-anak, mereka yang sedang bepergian, wanita hamil dan yang sedang sakit. Berpuasa bagi umat muslim memberi banyak nilai: ketakwaan, kemuliaan, dan kesehatan.

Namun, masalahnya bulan Ramadhan tahun ini tiba di saat dunia sedang mengalami masalah pandemik. Banyak orang mengemukakan pendapat baik pro maupun kontra atas apakah sebaiknya puasa dilaksanakan saat ini atau ditunda. Alasan dari yang berpendapat bahwa puasa harus ditunda adalah karena saat berpuasa tubuh akan menjadi lemah dan oleh sebab itu akan memiliki risiko lebih mudah terjangkit virus. Tentunya pendapat seperti ini sangat kontroversial dan mengundang banyak kritik dari berbagai pihak.

Selama bulan Ramadhan, banyak kegiatan positif yang dijalankan oleh umat Islam disamping berpuasa, seperti  contohnya berbuka puasa bersama, bersedekah, bersholat tarawih, ber I’tikaf, dan lain sebagainya.

Menunaikan ibadah puasa dengan aman tanpa mengurangi esensinya.

  • Sebisa mungkin beribadah di rumah. Ibadah streaming juga bisa dijadikan alternatif agar orang-orang tetap di rumah. Jika sedang dalam perjalanan dan harus berjamaah di masjid, gunakan masker dan jaga jarak aman. Pilihlah masjid yang mengerti pentingnya jaga jarak aman, dengan memberi tanda/batas jarak di tempat beribadah.
  • Memberi kepada orang yang butuh merupakan perbuatan yang berpahala. Bila ingin bersedekah namun tidak ingin keluar rumah karena mengikuti aturan jaga jarak yang sedang berlaku, maka melakukannya secara transfer on-line langsung ke yayasan atau panti asuhan yang telah dipilih merupakan opsi yang patut dipertimbangkan.
  • Buka puasa bersama teman-teman, kolega maupun keluarga besar adalah momen yang dinanti-nantikan pada saat Ramadhan. Walaupun harus ada pembatasan sosial, berbuka puasa dengan menikmati hidangan sembari berbincang santai dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pertemuan video seperti zoom atau melalui social media lainnya.

 Tetap sehat selama berpuasa

Berpuasa itu sehat, banyak manfaatnya bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula dalam tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit kardiovaskular. Dengan berpuasa, organ tubuh dapat beristirahat selama beberapa jam dan kondisi ini dimanfaatkan untuk memperbaiki jaringan dan sel-sel yang rusak. Puasa juga dapat menurunkan hormon kortisol sehingga orang yang berpuasa akan dapat merasa lebih rileks dan terhindar dari stress.

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat bisa membantu menjaga imun tubuh selama berpuasa. Asupan gizi dan nutrisi harus tetap dijaga. Mengkonsumsi suplemen/multivitamin juga bisa jadi solusi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

Untuk sehat, terkadang kita hanya memperhatikan konsumsi makanan dan minuman, tanpa memikirkan bahwa udara lebih banyak dikonsumsi. Dalam sehari, kita membutuhkan 10,000 liter udara bersih. Jika tidak diperhatikan kebersihannya, berbagai macam pemicu penyakit bisa masuk ke tubuh melalui udara yang berpolusi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebersihan udara yang kita hirup agar kesehatan juga tetap terjaga.

Alat pembersih udara bisa membantu Anda menjaga udara tetap bersih di dalam rumah. Hasil udara bersih yang tinggi dapat melindungi Anda dan keluarga karena tubuh menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit saat berpuasa. Anda juga bisa memonitor kualitas udara untuk memastikan udara di dalam ruangan terjaga bersih dan bebas dari penyakit. Apakah pilihan Anda jatuh pada Blueair dari Swedia dengan teknologi HEPASilentnya, atau Roger dan Roger Little dari Stadler Form dengan Dual filternya; keduanya bisa memenuhi kebutuhan udara bersih Anda.

Jangan sampai wabah virus ini menghambat ibadah puasa di bulan yang penuh berkah. Tetap sehat selama berpuasa.

BLUEAIR Air Purifier 205 Smokestop Filter
STADLER FORM Roger Little Air Purifier

 

 

 

 

 

 

 

Dapatkan berbagai perangkat Air Purifier ternama seperti Blueair dan Stadler Form hanya di Bhinneka.com dengan harga yang menarik dan pastinya bergaransi resmi yang dilengkapi dengan service center terpercaya.

Leave a Reply