Tips & Tutorial

Tips Cara Cek Tagihan Listrik PLN Dengan Mudah

Bagi pelanggan pascabayar dan prabayar listrik PLN, mungkin ada sebagian yang masih bingung cara cek tagihan listrik setiap bulannya. Cek tagihan listrik ini sangat berguna bagi pelanggan pascabayar karena dapat mengetahui besar tagihan dan mempersiapkan uang untuk membayar tagihan listrik tersebut.

Sama seperti pelanggan prabayar atau pengguna token, PLN juga mempermudah pelanggan pascabayar untuk membayar atau melunasi tagihan, misalnya melalui teller bank, ATM, internet banking hingga gerai minimarket.

cara cek tagihan listrik

Tentu bagi Anda yang membayar langsung ke gerai minimarket atau kantor pos misalnya, perlu mengetahui terlebih dahulu besarnya tagihan untuk menyiapkan uang yang akan dibawa. Ada sejumlah cara cek tagihan listrik yang dapat digunakan untuk mengetahui besarnya nominal tagihan.

Cara Cek Tagihan Listrik

Untuk pengguna pascabayar, umumnya Anda dapat mengecek jumlah tagihan untuk bulan sebelumnya pada setiap tanggal 2 atau 3 awal bulan. Anda perlu membayar tagihan tersebut sebelum tanggal 20 setiap bulannya untuk menghindari pemutusan listrik dan denda.

Untuk mengetahui tagihan listrik setiap bulannya, Anda perlu mengetahui atau menyiapkan terlebih dahulu ID Pelanggan PLN yang Anda miliki. Selanjutnya Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Mengecek melalui internet banking

Pada beberapa internet banking, Anda dapat mencoba untuk masuk ke menu pembayaran tagihan atau menu serupa untuk pembayaran listrik. Selanjutnya, biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan yang dimiliki.

Masukkan ID Pelanggan dan lanjut ke bagian berikutnya. Jika tagihan sudah tersedia, layar internet banking akan menampilkan rincian tagihan untuk bulan sebelumnya yang perlu dilunasi. Anda selanjutnya dapat melunasinya langsung melalui internet banking atau metode pembayaran lain yang Anda kehendaki.

2. Cek Tagihan Listrik Melalui PLN Mobile

Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi resmi dari PLN yaitu PLN Mobile yang dapat digunakan untuk android ataupun iOS.

Kelebihan aplikasi ini, selain untuk mengecek tagihan juga dapat digunakan untuk cek riwayat pemakaian kwh, pembelian token listrik, info status, serta untuk melaporkan gangguan. Sebelumnya setelah mendownload aplikasi, Anda perlu register terlebih dahulu dan memasukkan nomor ID Pelanggan yang Anda miliki.

3. Cek Tagihan Listrik via Telepon

Cara ketiga adalah dengan menghubungi customer service di nomor layanan PLN: 123. Anda akan terhubung dengan customer service dimana Anda dapat bertanya, melaporkan aduan atau meminta rincian tagihan listrik Anda.

Pihak Customer service umumnya akan menanyakan nomor ID Pelanggan yang Anda miliki. Jadi pastikan Anda sudah menyiapak ID Pelanggan Anda terlebih dahulu sebelumnya.

4. Cek Tagihan via SMS

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan layanan SMS. Untuk mengetahui tagihan, Anda dapat mengirimkan pesan ke nomor 8123 dengan format:

REK (spasi) Nomor ID Pelanggan

Misalnya

REK 1234567891011

Cara ini membutuhkan pulsa dan Anda akan dikenai besaran tarif SMS sesuai operator yang Anda gunakan.

Leave a Reply