cara membersihkan luar kulkas
Tips & Tutorial

Tips Cara Membersihkan Kulkas Agar Tetap Terjaga Higienis

Masih banyak orang yang belum terlalu memahami cara membersihkan kulkas dengan benar dan optimal. Kulkas sebagai salah satu peralatan elektronik rumah tangga perlu dibersihkan secara berkala.Tidak hanya membersihkan bagian luarnya saja, namun kulkas juga perlu dibersihkan bagian dalamnya.

Menyimpan makanan dan minuman serta sayur maupun buah – buahan di dalam lemari es ataupun bagian freezer dapat menyebabkan kulkas menjadi kotor. Sisa kotoran atau tanah pada sayuran, tetesan minuman dan lainnya dapat membuat sampah dan kotoran menumpuk di kulkas.

Untuk membersihkan kulkas, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian agar lebih mudah, misalnya:

  1. Bagian luar atau eksterior
  2. Bagian interior atau dalam kulkas
  3. Bagian freezer

Masing – masing bagian kulkas ini memiliki sedikit perbedaan mengenai cara untuk membersihkannya. Dalam artikel kali ini akan dibahas tips dan cara membersihkan kulkas.

Membersihkan Bagian Luar

Untuk membersihkan bagian luar kulkas dapat dilakukan dengan cukup mudah. Anda cukup menyiapkan kain yang halus dan juga cairan pembersih. Atau dapat juga menggunakan air yang dicampur dengan sabun yang lembut.

cara membersihkan luar kulkas

Basahkan atau rendam kain / microfiber ke dalam cairan pembersih, dan lap secara merata permukaan kulkas. Pastikan Anda membersihkan juga bagian handle atau pegangan kulkas, yang merupakan area utama kuman menumpuk.

Setelahnya, Anda dapat melap kering permukaan kulkas dengan menggunakan kain atau microfiber yang kering. Agar lebih aman, Anda dapat mencabut kabel listrik kulkas sementara saat Anda sedang melap bagian kulkas.

Pastikan juga Anda membersihkan atau melap bagian atas kulkas. Meski tidak terlihat, namun debu banyak menumpuk pada bagian atas kulkas.

Cara Membersihkan Bagian Dalam

Untuk membersihkan bagian dalam kulkas, Anda terlebih dahulu perlu mengosongkan atau memindahkan isi kulkas saat Anda membersihkannya. Untuk sayuran segar Anda dapat memindahkannya ke baskom atau wadah berisi air agar sayur tetap segar. Setelah Anda mengosongkan isi kulkas, maka Anda dapat memulai membersihkan bagian dalam kulkas.

  1. Beberapa rak pada kulkas dapat dilepaskan, sehingga dapat Anda lepaskan untuk membersihkannya
  2. Biar rak yang sudah dilepas beberapa saat dalam suhu ruangan sebelum Anda mencucinya dengan air hangat dan juga sabun. Ini untuk mencegah timbul retakan pada rak bila Anda membilasnya dengan air panas saat masih dingin
  3. Cuci dan sikat serta lap kering rak yang sudah dibersihkan dan biarkan kering sembari Anda dapat melanjutkan membersihkan bagian dalam kulkas
  4. Untuk interior kulkas dan rak yang tidak dapat dilepas dapat Anda bersihkan dengan menggunakan kain microfiber yang basah
  5. Semprotkan cairan pembersih dan lap dengan kain microfiber hingga bersih
  6. Pasang kembali rak kulkas yang tadi sudah Anda lepas dan bersihkan
  7. Selanjutnya Anda dapat kembali memasukkan makanan dan minuman ke dalam bagian kulkas

cara membersihkan kulkas

Agar lebih rapi dan teratur, ada baiknya Anda mengelompokkan rak di dalam kulkas untuk jenis makanan tertentu agar lebih rapi dan tidak bercampur. Misalnya saja rak khusus sayuran, atau rak khusus minuman.

Cara Membersihkan Bagian Freezer

Untuk membersihkan bagian freezer, kurang lebih sama dengan saat Anda membersihkan bagian interior kulkas. Hanya saja perlu diingat bahwa bagian freezer terkadang terdapat bunga es yang menempel pada bagian dalam freezer.

Anda perlu menunggu bunga es tersebut mencair agar dapat dibersihkan. Oleh karenanya, idealnya adalah Anda mencabut kabel listrik saat hendak membersihkan kulkas. Selain lebih aman dari setrum, saat Anda mencabutnya, freezer akan berhenti bekerja dan memungkinkan bunga es untuk mencair selagi Anda membersihkan bagian kulkas lainnya.

bunga es

Apabila bagian freezer sudah bersih dari bunga es, maka Anda dapat mulai mengosongkan atau memindahkan makanan dan minuman yang ada di freezer. Setelahnya, mulai lap bagian interior freezer dengan kain microfiber yang bersih.

Jika terdapat bunga es yang masih tersisa, gunakan sikat gigi yang direndam dengan air panas, dan sikat perlahan area yang terdapat bunga es agar bunga es mencair.

Demikian tips singkat yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan kulkas di rumah Anda. Cara membersihkan kulkas ini tentu perlu disesuaikan jika kulkas yang Anda miliki memiliki beberapa fitur atau fungsi tambahan lainnya seperti dispenser air misalnya.

Leave a Reply