Tips & Tutorial

Tips Cara Menghilangkan Bekas Semir Rambut di Tangan

Cara menghilangkan bekas semir rambut di tangan merupakan salah satu hal yang sering dicari khususnya bagi Anda yang mencoba mewarnai rambut sendiri. Saat ini banyak dijual pewarna rambut atau semir yang bisa Anda gunakan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon.

Penggunaan semir rambut ini biasanya juga cukup mudah, dimana pengguna cukup menuangkan ke tangan yang memakai sarung tangan plastik dan menggunakannya seperti menggunakan shampoo. Akan tetapi, tidak jarang cat semiran akan mengenai beberapa area tubuh, seperti tangan dan juga wajah. Pada artikel ini akan dibahas mengenai tips menghilangkan bekas semir rambut yang terkena di kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Semir Rambut di Tangan

Jika tidak segera dibersihkan, noda bekas cat semir rambut dapat menempel dan semakin susah hilang. Selain itu, cat rambut yang menempel di kulit dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Namun sebelumnya perlu diingat bahwa semakin lama bekas semir cat rambut menempel di kulit, semakin susah bekas noda tersebut dihilangkan.

cara menghilangkan bekas semir rambut

Ada baiknya segera bersihkan langsung area yang terkena cipratan atau noda dari semir rambut. Selain itu, saat hendak menyemir rambut sendiri, pastikan Anda lakukan secara perlahan dan hati – hati.

Namun apabila cat rambut terlanjur mengenai kulit seperti kulit tangan, wajah atau bagian lainnya, tidak perlu khawatir. Berikut ini sejumlah cara untuk menghilangkan bekas semir rambut di kulit:

Bilas dengan Air dan Cuci dengan Sabun

Langkah paling mudah jika menyadari kulit tangan atau wajah terkena semir cat rambut adalah dengan segera membilasnya dengan air dan gunakan sabun. Apabila cat rambut belum kering, noda biasanya dapat hilang dengan cukup mudah. Apabila noda sudah terlanjur kering, Anda mungkin perlu mencoba beberapa kali hingga noda menjadi samar dan hilang.

Gunakan Sabun Cuci Piring

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan noda semir rambut. Sabun cuci piring memiliki kandungan yang efektif untuk mengangkat noda dan dapat membersihkan bekas cat rambut di tangan.

Menggunakan Pembersih Cat Kuku atau Make Up Remover

Jika noda semir rambut terdapat di area tangan seperti di telapak atau lengan, Anda dapat coba menggunakan pembersih cat kuku atau make up remover. Anda dapat menuangkan sedikit pembersih cat kuku atau make up remover ke kapas dan gosokkan perlahan ke bagian yang terkena noda semir rambut.

menghilangkan cat rambut dengan pembersih kuku

Noda akan perlahan samar dan menghilang. Anda dapat mencoba menggosok dengan sedikit lebih kencang apabila bekas semir rambut sudah cukup mengering. Selanjutnya bilas dengan air hangat dan cuci dengan sabun tangan hingga bersih. Jangan gunakan pembersih cat kuku apabila noda terdapat di area wajah. Sebaliknya gunakan make up remover yang aman untuk wajah.

Menggunakan Alkohol Gosok

Selain pembersih cat kuku dan make up remover, Anda juga dapat menggunakan alkohol gosok. Namun ini tidak disarankan apabila kulit Anda sensitif atau mudah kering. Caranya pun cukup sama, cukup tuangkan alkohol gosok ke kapas dan gosokkan ke area yang terkena noda semiran. Selanjutnya bilas dengan air dan gunakan sabun.

Menggunakan Baby Oil atau Olive Oil

Apabila Anda memiliki kulit sensitif atau noda terdapat di area wajah, maka menggunakan baby oil dapat dipertimbangkan. Baby oil juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas noda semir rambut.

Selain itu baby oil aman untuk wajah dan juga cocok dengan kulit yang sensitif. Anda dapat menggosokkan baby oil ke bagian noda bekas semiran. Setelahnya, jangan dibilas. Biarkan hingga semalaman. Kandungan minyak pada baby oil atau olive oil akan perlahan menguraikan cat rambut dan menyamarkan bekas noda sehingga hilang atau lebih mudah dibersihkan.

Demikian sejumlah cara yang bisa Anda coba terapkan untuk membersihkan bekas semir rambut. Jangan khawatir apabila setelah mencoba beberapa cara di atas, bekas noda semir rambut tidak hilang sepenuhnya atau masih samar – samar. Bekas noda ini akan menghilang dengan sendirinya dengan perlahan.

Leave a Reply