6 tips memahami buku dengan mudah
Tips & Tutorial

6 Tips Memahami Buku Dengan Mudah

6 tips memahami buku dengan mudah dan bisa mendapatkan hasil maksimal yaitu dengan cara membaca secara efektif. Dalam artikel ini akan dibahas cara yang tidak hanya membantu Anda mengingat dan memahami informasi yang Anda pelajari saja tetapi juga akan membuat pengalaman membaca Anda jauh lebih menyenangkan. Selain itu, kami akan menguraikan beberapa trik sederhana yang dapat Anda coba untuk memanfaatkan teks bacaan secara maksimal.

6 tips memahami buku dengan mudah

6 Tips Memahami Buku dengan Mudah

1. Buat Daftar Tujuan

Sebelum memulai membaca, tetapkan dahulu tujuan pemahaman sebelum membaca buku dengan cermat. Pikirkan mengapa Anda perlu memahami isi dari buku yang Anda baca tersebut, lalu apa tujuan akhir dari membaca.

Tujuan ini dapat berupa menemukan solusi khusus untuk suatu masalah, memahami sebab dan akibat dari peristiwa tertentu, atau mampu mendefinisikan kata atau ide baru. Catat tujuan Anda di buku catatan, sehingga Anda dapat melihatnya sekilas jika Anda mengalami kebuntuan saat membaca. Pertimbangkan juga seberapa banyak Anda ingin membaca dan apakah ada tujuan pemahaman yang berbeda untuk setiap bagian atau bagian.

2. Review Penulis, Judul, dan Sinopsis

Tentukan genre buku untuk bisa lebih mudah memahami pemahaman singkat. Sebelum memulai membaca, perhatikan dengan benar penulis serta judulnya.

Baca bagian belakang atau panel dalam buku atau uraian di awal artikel. Informasi ini akan memberi Anda gambaran umum tentang apa yang akan datang.

Memahami genre, nada, latar belakang penulis, dan lain-lain dapat membantu Anda memiliki pola piker yang tepat untuk jenis buku tersebut. Misalnya, Anda mengambil pulpen dan buku catatan sebelum membaca buku sejarah, tetapi Anda mungkin akan mengambil secangkir cokelat panas untuk membaca novel misteri.

3. Baca Bagian Akhir Terlebih Dahulu

Mulailah dengan paragraf penutup terlebih dahulu untuk memahami gagasan utama. Meskipun memulai dari akhir mungkin terasa berlawanan dengan intuisi, ini dapat membantu Anda membaca dengan lebih efektif karena Anda akan mengetahui apa yang perlu Anda pahami.

Buku teks dan buku nonfiksi sering menampilkan bagian yang disorot, dan pertanyaan lanjutan. Perhatikan baik-baik bagian ini karena akan menekankan ide dan konsep besar yang akan Anda pelajari.

Strategi ini tidak akan berguna untuk karya fiksi atau puisi, tetapi jika buku yang Anda baca menyertakan kata pengantar atau garis waktu, bacalah itu karena dapat memberikan konteks untuk teks tersebut.

4. Cobalah membaca selektif

Baca sekilas bagian-bagian tertentu untuk membaca teks informatif dengan cepat. Alih-alih membaca setiap kalimat kata demi kata, lompat ke bagian yang paling relevan dengan penelitian dan tujuan membaca Anda.

Baca sekilas kalimat topik dan kalimat penutup dari setiap paragraf. Baca lebih dekat ketika Anda menemukan bagian yang menjawab pertanyaan Anda atau membahas topik yang Anda ingin tahu secara mendalam.

Pindai paragraf untuk kata kunci yang berhubungan dengan tujuan membaca Anda. Misalnya, kata kunci mungkin berupa tahun, tempat, nama, atau kata sifat.

5. Buat catatan saat Anda membaca

Tips memahami buku dengan mudah
Berlatih membaca aktif dengan mencatat. Sebelum mengambil buku catatan Anda, tunggu sampai Anda selesai membaca atau membaca sekilas bagian atau ide yang lengkap. Luangkan waktu sejenak untuk meringkas ide utama di kepala Anda terlebih dahulu, lalu tulis poin dan konsep utama.

Pastikan untuk menyertakan nomor halaman dan sumber yang Anda rangkum dalam catatan Anda sehingga Anda dapat merujuk ke teks tersebut nanti. Cobalah menulis daftar pertanyaan atau rangkuman 1 kalimat singkat dari materi tersebut.

Garis bawahi atau sorot poin utama atau tulis catatan di pinggir jika Anda memiliki buku atau artikel cetak tersebut. Jangan menulis di buku dari perpustakaan atau perusahaan persewaan buku teks.

Jika tujuan pemahaman bacaan Anda adalah untuk memahami fakta atau kata-kata kosakata, tulis istilah kunci dan definisinya di kartu flash. Putuskan apa yang paling penting bagi Anda sebagai pembaca daripada mengkhawatirkan setiap detail.

6. Hindari Gangguan saat Membaca

Duduklah di tempat yang tenang untuk membaca. Pemahaman membaca adalah tentang fokus, dan jika ada terlalu banyak gangguan, Anda tidak akan dapat memproses materi sepenuhnya.

Temukan lokasi yang cukup terang, sunyi, dan terpencil. Matikan atau heningkan perangkat elektronik Anda, jadi hanya Anda dan yang membaca.

Pastikan Anda tidak lapar atau mengantuk sebelum mulai membaca, karena perasaan ini dapat mengalihkan perhatian Anda.

Jika Anda membaca di sekolah atau di tempat umum, kenakan headphone peredam bising, bawa camilan, dan cari tempat duduk yang jauh dari orang lain.

Semoga artikel 6 tips memahami buku dengan mudah ini bisa membantu Anda untuk lebih fokus dalam membaca buku bacaan yang sedang Anda baca saat ini. Berikut ada rekomendasi buku untuk kalian para kaum overthinker klik di sini.

Leave a Reply