Komunikasi bisnis
Info Bisnis Tips & Tutorial

Tips Membangun Kerja Sama dalam Bisnis yang Sukses

Menjalin sebuah kerja sama dalam bisnis dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Kerja sama dalam berbisnis seolah menjadi pedang bermata dua yang mampu memberikan keuntungan dan kerugian bagi keberjalanan bisnis.

Kerja sama bisnis

Pada realitanya, untuk mendapatkan rekan yang memiliki kredibilitas serta dapat dipercaya untuk menjalankan sebuah bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang mengira menjalin kerja sama dengan orang yang kita kenal (keluarga maupun teman) akan mempermudah langkah, namun hal ini tidak berlaku jika proses kerja sama yang dijalin tidaklah baik.

Keuntungan dan Kerugian Menjalin Kerja Sama dalam Bisnis

Memulai sebuah bisnis dengan rekan kerja menjadi sebuah pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan ketika dua atau lebih orang bergabung untuk mendirikan sebuah bisnis, mereka membawa pengetahuan serta pengalaman yang lebih besar bila dibandingkan dengan memulai bisnis seorang diri. Lebih dari itu, bisnis yang dibangun secara bersamaan akan memiliki modal finansial, relasi, dan konsumen potensial yang lebih masif.

Tidak sepenuhnya kerja sama mampu menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, sebuah kerja sama akan memiliki pembagian kendali dan hasil. Semakin banyak orang yang terlibat, pengambilan keputusan akan semakin kompleks dan akan memperbesar kemungkinan timbulnya perselisihan yang dapat mengancam keberjalanan bisnis.

5 Tips Membangun Kerja Sama dalam Bisnis yang Sukses

Untuk membangun sebuah kerja sama dalam bisnis yang sukses, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini yang mampu menghindari permasalahan dengan rekan kerja sama Anda:

1. Pilih rekan yang mampu saling melengkapi

Jangan hanya mencari rekan yang cocok dengan Anda ketika menentukan rekan dalam bisnis. Lebih dari itu, kunci untuk membangun kerja sama bisnis adalah memiliki rekan yang mampu memberikan kekuatan yang dimiliki untuk melengkapi kekurangan yang Anda punya, begitu pula sebaliknya.

2. Pilih rekan yang memiliki kesamaan nilai dan prinsip

Menjadi sebuah aspek yang kritikal ketika Anda dan rekan yang Anda miliki memiliki kesamaan nilai dan prinsip dalam bekerja. Jangan memulai sebuah bisnis sampai Anda menemui dan mengetahui bahwa rekan Anda memiliki kesamaan dalam impian, tujuan, visi, serta misi dalam membangun bisnis bersama.

Pastikan Anda dan rekan Anda secara bersama-sama berkomitmen untuk berkontribusi penuh dalam pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Apabila Anda belum terlalu yakin telah mengenal rekan Anda, lakukan riset dengan melihat riwayat kerja calon rekan bisnis anda.

3, Buatlah dokumen secara tertulis

Membangun sebuah kerja sama merupakan sebuah komitmen yang legal. Jadi, hal tersebut sangatlah kritikal untuk menjadi landasan dalam pembagian peran dan tanggung jawab dalam kerja sama.

Sebagian pebisnis yang melakukan kerja sama dengan keluarga atau teman dekat berpikir untuk tidak memerlukan perjanjian secara legal. Hal tersebut sangatlah berbahaya dalam keberjalanan bisnis. Pastikan Anda dan rekan Anda membuat perjanjian kerja sama secara tertulis yang memuat: pembagian kontribusi dan gaji, jabatan dan tanggung jawab peran, dan rencana pertumbuhan bisnis selanjutnya.

4. Rencanakan kemungkinan terburuk

Anda perlu merencanakan strategi untuk kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi dalam hubungan kerja sama selama kegiatan bisnis berlangsung. Mungkin hal ini terdengar terlalu cepat untuk direncanakan. Akan tetapi, perencanaan yang matang akan meminimalisir hal yang tidak diinginkan dan dapat menjadi solusi atas potensi permasalahan yang dapat terjadi di waktu yang akan datang.

5. Kerja sama dalam bisnis memerlukan komunikasi yang baik

Komunikasi bisnis

Komunikasi organisasi menjadi aspek yang berperan penting dalam menjaga dan mempertahankan sebuah kerja sama dalam bisnis. Anda dan rekan bisnis haruslah mampu membicarakan permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam kegiatan bisnis untuk mencari solusi pemecahan masalah tersebut.

Menjalin komunikasi yang baik dapat dilakukan dengan cara: menjadwalkan rapat secara berkala, dengarkan rekan Anda secara seksama, menghadapi permasalahan dengan tenang, serta memberikan apresiasi atas keberhasilan yang mampu dicapai,
Komunikasi yang jujur, terbuka, dan saling percaya mampu dengan efektif mendukung jalannya sebuah kerja sama bisnis.

Keberjalanan sebuah bisnis tidak akan selamanya berjalan mulus. Banyak tantangan, hambatan, dan rintangan yang akan terus terjadi. Menjalin sebuah kerja sama  bisnis mampu menjadi kekuatan tersendiri dalam membuat bisnis bertumbuh dengan baik. Tingkatkan kemampuan komunikasi organisasi Anda agar mampu menjalin kerjasama dalam bisnis yang sukes.

Leave a Reply