Tips & Tutorial

Tips Menabung Agar Cepat Terkumpul

Ada tips menabung yang bisa anda lakukan agar cepat terkumpul yaitu anad bisa berhemat dan selalu konsisten dalam menjalankan tabungan ini. Sebab, menabung adalah hal dasar dalam pengelolaan keuangan dengan memiliki tujuan yang pasti, yaitu menyimpan atau menyiapkan dana untuk masa depan.

Menabung merupakan aktivitas penting yang memang harus dilakukan dan dijalankan dengan konsisten, hal lain bisa dipergunakan untuk hal yang lebih penting atau saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan serta bisa dijadikan dana darurat.

Tips Menabung

Tips menabung bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang memang memiliki perilaku konsumtif. Berdampingan dengan gaya hidup konsumtif juga menjadi faktor yang membuat seseorang menjadi boros. Meskipun memiliki pendapatan yang tidak setara dengan gayanya.

Sebetulnya, kita tidak bisa memastikan orang-orang menabung untuk keperluan apa, tetapi dapat dipastikan jika anda sudah mulai menabung semasa muda akan membuat anda menjalankan keseharian menjadi lebih tenang.

Ada yang menabung dengan memiliki tujuan untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pernikahan, bahkan ada yang menabung dengan tujuan jangka panjang.

Berikut beberapa tips dalam menabung agar cepat terkumpul, diantaranya :

1.Menyisihkan Uang Diawal menjadi Tips Menabung

Ketika sudah mendapat pemasukan dana, anda harus langsung menyisihkannya terlebih dahulu bukan malah menyisakannya, karena dua hal ini sangat berbeda. Tips menabung ialah saat membuat anggaran keuangan, langsung sisihkan minimal 10% dari dana yang anda dapatkan untuk menabung. Setelah itu sisanya boleh dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tips menabung untuk tetap konsisten ialah jangan pernah menggunakan tabungan untuk dana sehari-hari jika adanya kekurangan. Yang perlu dilakukan ialah harus menyesuaikan dengan keuangan pengeluaran harian anda bukan mengambil porsi dari tabungan.

2. Tips Menabung dengan Membuat Rekening Khusus

Agar uang tabungan anda aman dan tidak terganggung, lebih baik membuat rekening yang dikhususkan untuk tabungan. Usahakan untuk tidak menyatukan antara rekening tabungan dengan rekening pengeluaran harian. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir dalam menghitung pemakaian uang anda atau sisa uang anda yang sudah dikeluarkan.

Membuka Tabungan Khusus di Bank

3. Tips Menabung Sesuai Tanggal

Menabung dengan mudah agar cepat terkumpul bisa mengikuti tanggal calender membantu untuk mengumpulkan dana dengan cepat dan praktis. Maksud dari mengikuti tanggal calender ialah uiang yang disimpan mengikuti tanggal berapa hari ini dan dimulai dari tanggal akhir bulan atau akhir.

Uang yang anda sisihkan setiap harinya bisa juga disimpan dalam celengan di rumah, menaruh uang di lemari atau menyimpan di dompet khusus yang tidak bisa dibawa kemana mana. Melakukan tabungan seperti ini harus konsisten, kalau lewat satu hari saja, bisa rugi dan menjadi double.

Jika sudah terkumpul dan tidak ada tempat lagi, anda bisa menaruhnya di rekening khusus tabungan yang tidak bisa di ganggu gugat.

4.Menabung dengan Mengikuti Arisan

Dalam menambung jangka pendek bisa dilakukan dengan mengikuti arisan di lingkungan sekitar kita yang dapat di percaya. Bergabung dalam arisan menjadi salah satu tips menabung yang cukup jitu dan menarik.

Sebab, melalui arisan kita akan diharuskan atau dipaksa untuk membayarnya setiap bulan dan tidak boleh nunggak atau berhutang, hal ini bisa dikatakan layaknya sedang menabung.

Selain sebagai salah satu tips menabung, anda juga bisa memanfaatkan arisan untuk belajar dalam mengatur keuangan anda.

5.Melakukan Investasi untuk Tabungan

Dalam hidup sudah pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang memiliki tujuan berjangka panjang maupun berjangka pendek tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan melakukan investasi bisa menjadi tips untuk mengalokasikan dana di tabungan kita yang sesuai dengan jangka waktu dan tujuan.

Invetasi Memudahkan Tabungan

Investasi juga bisa menjadi aset yang saling penting dan cukup baik jika ingin mengumpulkan dana. Jika melakukan investasi dalam jangka pendek bisa menggunakan investasi yang fluktuasinya stabil dan likuid atau sangat mudah untuk dicairkan. Sementara jika jangka panjang, tempatkan di instrumen yang bisa memberikan imbal hasil tinggi mestik fluktuasinya sedikit lebih tinggi.

Investasi yang sudah pasti dan aman ialah bisa melakukan tabungan deposito yang berjangka pendek, obligasi dengan jangka menengah, emas memiliki jangka panjang dan saham yang bisa terus naik juga termasuk investasi berjangka panjang dengan memiliki imbal hasi dan resiko cukup tinggi.

Kunci dalam menabung ialah komitmen. Terbebas mau menggunakan tabungan model yang seperti apa, model tabungan harian, mingguan, bulanan, realisasikan sesuai target atau rencana. Disiplin dalam menyisihkan uang bukan menyisakan dan jangan sampai terlewatkan.

Leave a Reply