Tips & Tutorial

5 Tips Menciptakan Pengalaman Berbelanja yang Berkesan

Pengalaman berbelanja di toko merupakan kunci dari persepsi yang akan timbul di benak para pelanggan yang datang berkunjung dan melakukan transaksi pembelian. Tidak hanya pada saat bertransaksi, pengalaman terjadi setelah transaksi selesai pun perlu menjadi perhatian para pebisnis.

Pengalaman konsumen dalam berbelanja

Seperti yang kita ketahui, baik di toko fisik maupun toko online, pelanggan mengharapkan pengalaman serta pelayanan yang baik.

Pengalaman berkaitan dengan perasaan, emosional, dan sensasi yang dirasakan oleh seseorang. Memberikan perhatian pada ketiga hal tersebut mampu menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pelanggan.

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Berbelanja

Mengetahui dan memahami kebutuhan, keinginan, serta ekspektasi pelanggan menjadi dasar dalam meningkatkan pengalaman yang berkesan pada saat konsumen berbelanja.

1. Personalisasi Konsumen

Konsep personalisasi berkaitan dengan bagaimana kemampuan perusahaan mampu menciptakan keunikan pelayanan yang berbeda bagi tiap pelanggan yang berkunjung.

Sebagai seorang pelanggan, nilai yang diharapkan ketika memasuki sebuah toko tidaklah hanya disadari oleh para staf yang berjaga. Lebih dari itu, para pelanggan berharap bahwa para staf mampu memberikan pelayanan sesuai dengan selera serta kebutuhan para pelanggan. Hal tersebut dapat menciptakan sebuah kedekatan yang mampu mengubah keterikatan menjadi loyalitas pelanggan.

2. Masukkan Pelanggan ke dalam “Cerita” Toko Anda

Pengalaman berbelanja yang baik harus mampu memperkenalkan kepada pelanggan terkait dengan toko yang Anda miliki.

Tujuan utama dari tips ini adalah buatlah pelanggan masuk ke dalam “cerita” toko melalui tata ruang yang baik, pengalaman mencoba produk, nuansa harum disertai dengan alunan musik, dan berbagai pernak pernik yang menarik.

3. Permudah Aksesibilitas

Yang tidak boleh terlewatkan dalam menciptakan pengalaman yang berkesan adalah kemudahan aksesibilitas.

Aksesibilitas tidak hanya semata berkaitan dengan tata letak produk. Lebih dari itu, perusahaan perlu memperhatikan pula aksesibilitas terhadap sirkulasi udara dan pencahayaan dalam toko.

4. Ciptakan Kesatuan Pengalaman Berbelanja

Apabila perusahaan memiliki beberapa cabang toko, kesatuan pengalaman yang konsumen dapatkan di antara cabang satu dengan yang lainnya perlu menjadi perhatian tersendiri.

Suasana yang dibangun di berbagai cabang sebaiknya memiliki kemiripan serta kesesuaian sehingga dapat dengan mudah dipahami dan dikenali oleh para pelanggan.

5. Bangun Komunitas dan Gerakan Sosial

Tips kelima untuk membangun pengalaman berbelanja yang baik bagi para pelanggan adalah dengan membuat komunitas atau gerakan dalam lingkup yang cukup besar.

Pelanggan akan memiliki keterkaitan emosional apabila perusahaan mampu menaruh perhatian pada taraf hidup serta kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Dengan hanya melakukan pembelian terhadap sebuah produk, pelanggan mampu bergabung dalam komunitas pengguna produk tersebut, atau bahkan mampu berperan dalam sebuah gerakan sosial.

Manfaat Peningkatan Pengalaman Berbelanja di Toko

Pengimplementasian tingkat pelayanan yang menawarkan pengalaman berbelanja yang berkesan mampu membawa manfaat banyak manfaat bagi perusahaan. Manfaat tersebut digolongkan menjadi manfaat kualitatif dan kuantitatif yang mampu memberikan dukungan terhadap keberjalanan operasional perusahaan. Manfaat tersebut diantaranya:

Kepuasan pelanggan

1. Tumbuhnya Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Dengan berfokus memberikan pengalaman yang berkesan, para pelanggan menjadi memiliki kepercayaan akan sebuah merek. Seiring berjalannya waktu, kepercayaan tersebut akan menciptakan sebuah komitmen pelanggan atau yang kerap disebut dengan loyalitas pelanggan.

2. Peningkatan Penjualan

Loyalitas konsumen yang terbentuk akan menciptakan peningkatan jumlah penjualan. Konsumen yang loyal akan melakukan pembelian secara berulang yang akan memberikan dampak positif bagi keuntungan perusahaan.

3. Penguatan Merek dan Citra

Mengaitkan sebuah merek dengan pelayanan yang mampu memberikan pengalaman berkesan akan menjadikan konsumen ingat akan merek tersebut. Dengan ingatan tersebut, apabila perusahaan mampu mempertahankan kinerjanya, maka akan timbul citra baik di kalangan konsumen tentang merek dan perusahaan tersebut.

Cita dan merek yang kuat akan membuat pelanggan tidak segan untuk memberikan rekomendasi terhadap merek tertentu kepada para keluarga, kerabat, dan temannya. Hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan penjualan produk.

Kesimpulan Peningkatan Pengalaman Berbelanja

Pengalaman melalui pelayanan yang diberikan kepada konsumen merupakan salah satu faktor penentu untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah penjualan. Perusahaan perlu memberikan pelayanan secara personal yang mampu menciptakan pengalaman  yang berkesan bagi para pelanggan. Ketahui dan pahami kebutuhan, keinginan, selera, serta ekspektasi pelanggan guna penentuan strategi pelayanan yang optimal.

Leave a Reply