tips meningkatkan kemampuan public speaking
Tips & Tutorial Uncategorized

Tips Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Tips meningkatkan kemampuan public speaking di artikel ini merupakan cara yang mudah untuk bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Ada penelitian menunjukan bahwa keterampilan dalam berkomunikasi adalah salah satu kunci kesuksesan Anda.

Tips meningkatkan kemampuan public speaking

Namun, masih banyak orang yang kesulitan untuk mengekspresikan diri dalam berkomunikasi, padahal dengan berkomunikasi yang baik kita bisa mendapatkan banyak manfaat.

Tips Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

1. Berbicara apa yang Anda tahu

Anda mungkin mengetahui bahwa orang professional cenderung akan tetap berada di zonanya mereka saat berbicara di depan umum. Hal tersebut tentunya membuat Anda terdengar percaya diri saat berbicara, Anda tidak perlu berpura-pura tahu apa yang sedang orang lain bicarakan.

Jika Anda merasa masih kesulitan saat berbicara apa yang Anda ketahui, mungkin secara tidak sadar topik yang sedang Anda bicarakan tidak banyak Anda ketahui.

Saat berbicara kuasai subjek, fakta, dan cerita yang paling Anda ketahui. Hal tersebut memudahkan Anda ketika berbicara dengan orang lain karena luasnya pengetahuan Anda.

Hindari berbicara langsung tentang topik yang tidak Anda kenal. Hal ini tidak hanya membuat Anda terdengar kurang informasi atau tidak dapat dipercaya, tetapi juga dapat mengirimkan pesan bahwa Anda adalah “orang yang berpura-pura tahu segalanya”.

Pembicara yang ahli biasanya tidak takut untuk mengatakan “saya tidak tahu”. Pembicara publik tidak akan menambahkan fakta atau opini yang tidak dapat mereka dukung dengan pengetahuan otentik tentang topik tersebut.

2. Perbanyak membaca buku

Membaca adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk menjadi pembicara hebat. Manfaat dari seringnya membaca ini yaitu Anda dapat terdengar lebih jelas dan halus dalam berpidato, dan Anda juga bisa belajar banyak kosa kata baru.

Tidak seperti percakapan atau pidato lisan, teks tertulis cenderung memiliki struktur pembelajaran yang lebih baik, karena penulis dan editor telah bekerja sama untuk menjaga agar teks bebas dari kesalahan tata bahasa atau kalimat yang janggal. Membaca buku dengan lantang membantu Anda belajar berbicara lebih lancar dalam percakapan sehari-hari.

Ulangi latihan ini setidaknya sekali seminggu atau setiap malam sebelum tidur jika Anda bertekad, temukan tempat yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu, pilihlah buku yang paling Anda sukai, dan catat kata-kata sulit yang Anda ucapkan.

3. Berlatih berbicara pada dirimu sendiri

tips meningkatkan kemampuan public speaking
Salah satu tips meningkatkan kemampuan public speaking Anda yang lain yaitu dengan cara berbicara sendiri dicermin. Kebanyakan orang sering menganggap jika berbicara sendiri merupakan orang gila padahal pada kenyataannya berbicara kepada diri sendiri adalah hal yang normal.

Para ilmuwan mengatakan bahwa berbicara kepada diri sendiri bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berolahraga, dan dapat memecahkan masalah. Sebuah praktik yang disebut meditasi cermin menggabungkan ilmu saraf dan refleksi diri untuk mengatasi rasa tidak aman seperti penampilan fisik dan berbicara di depan umum.

Psikolog mengatakan bahwa berbicara kepada diri sendiri di cermin dapat membantu mengeksternalisasi dialog batin Anda dan memilah-milah pikiran Anda. Berbicara hal-hal positif kepada refleksi Anda adalah bentuk penegasan positif.

Hal yang paling penting untuk diingat tentang self-talk adalah hindari berbicara negatif kepada diri sendiri, terutama sebelum acara komunikasi penting seperti rapat, presentasi, atau makan siang penting.

4. Belajar dari orang lain

Manusia secara psikologis diprogram untuk meniru satu sama lain, seperti bayi yang akan secara alami tersenyum saat kita tersenyum. Pikirkan tentang pembicara terbaik yang Anda kenal dan cobalah beberapa praktik sederhana ini untuk mengetahui kualitas terbaik mereka:

  • Tonton video pembicara favorit Anda tiga kali berturut-turut
  • Perhatikan nada suara, gestur tubuh, dan kebiasaan vokal mereka
  • Pelajari beberapa kalimat dari pidato tersebut dan cobalah untuk memerankannya kembali di cermin.

5. Berbicara dengan percaya diri

Berbicara bukan hanya tentang apa yang Anda katakan tetapi bagaimana Anda mengatakannya. Sebuah studi Yale tahun 2017 menemukan bahwa suara Anda yang membuat orang mempercayai Anda. Ada tiga kunci untuk terdengar lebih percaya diri saat berbicara:

  • Bicaralah lebih keras (tetapi jangan berteriak): ketika Anda merasa gugup, Anda mungkin secara alami berbicara lebih lembut, tapi ini bisa menciptakan lingkaran umpan balik negatif yang membuat Anda terdengar dan merasa kurang percaya diri
  • Bicaralah lebih rendah: penelitian menunjukkan bahwa orang yang berbicara lebih keras dan lebih rendah dianggap lebih dominan dan berwibawa. Ini sangat penting bagi wanita yang berbicara dengan nada lembut dan tinggi. Meskipun begitu Anda tidak perlu mengubah suara alami Anda sepenuhnya
  • Berbicara dengan kecepatan sedang: jika Anda berbicara terlalu lambat, Anda akan terdengar membosankan. Orang yang mengoceh dengan nada monoton cenderung tidak menjaga perhatian kita dalam waktu lama. Di sisi lain, jika Anda berbicara terlalu cepat, Anda bisa terdengar menjengkelkan atau sulit dimengerti. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang berbicara dengan kecepatan sedang (sekitar 195 kata per menit) tampak lebih cerdas, persuasif, dan menarik.

Demikian, cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk terus mencoba mengasah keterampilan komunikasi Anda dengan baik. Tingkatkan kemampuan public speaking Anda dengan ikut training Public Speaking di Bhinneka.

Leave a Reply