Tips & Tutorial

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Normal Agar Tetap Sehat

Menjaga gula darah normal serta tidak tinggi melebihi batas penting dilakukan. Kadar gula darah yang tinggi memiliki risiko menyebabkan penyakit diabetes melitus tipe 2. Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, oleh karenanya penting untuk mencegah terkena penyakit ini.

menjaga gula darah normal

Diabetes Melitus Tipe 2 adalah kondisi dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin secara optimal dan tidak dapat merespon hormon insulin dengan baik. Akibatnya kadar gula dalam tubuh tidak dapat teregulasi dengan baik.

Berapa Kadar Gula Darah Normal Dalam Tubuh

Saat Anda melakukan pengecekan diabetes atau gula darah baik secara mandiri ataupun lab, umumnya akan mendapatkan hasil bacaan tingkat kadar gula darah yang dinyatakan dalam satuan mg / dl.

Tingkatan kadar gula darah juga dibagi ke dalam beberapa tingkatan seperti rendah, normal, prediabetes, dan seterusnya. Berikut ini adalah acuan kadar gula darah dalam tubuh

kadar gula dalam darah

Apabila hasil pengukuran menunjukkan kadar gula darah antara 80 – 100 mg/dl, maka Anda dapat dikategorikan normal serta apabila pengukuran dilakukan 2 – 3 jam setelah makan menunjukkan angka < 140 mg/dl

Tips Menjaga Gula Darah Normal

Bagi para penderita diabetes, menjaga agar tingkat gula darah mereka tetap rendah adalah suatu keharusan. Idealnya, apabila seseorang tidak menderita diabetes, kadar gula darah puasa hendaknya berada dalam tingkatan normal 80 – 100 mg/dl.

Apabila hasil pengukuran berada pada tingkat prediabetes atau antara 101 – 126 mg/dl, hendaknya ini disikapi dengan serius. Pada tingkatan prediabetes, kadar gula masih dapat diturunkan ke rentang normal dengan sejumlah cara seperti perubahan gaya hidup dan pola makan.

Adapun berikut ini adalah tips untuk menjaga agar gula darah tetap normal, antara lain:

Kurangi Asupan Karbohidrat

Bagi penderita diabetes atau Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi, hendaknya melakukan diet rendah karbohidrat atau mengurangi dan membatasi asupan karbohidrat.

Ini dikarenakan karbohidrat seperti nasi akan dipecah menjadi gula sederhana dalam tubuh dan dapat menaikkan kadar gula. Ini tidak berarti Anda tidak boleh sama sekali memakan karbohidrat seperti nasi, melainkan konsumsi dalam porsi yang lebih sedikit.

Menjaga Gula Darah Normal Dengan Mengurangi Asupan Gula

Makanan dan minuman dengan gula tinggi merupakan salah satu penyebab tingginya penderita diabetes di dunia. Adapun kandungan gula yang tinggi ini banyak terdapat pada makanan olahan dan fastfood, makanan seperti permen, kue serta minuman soda yang memiliki kadar kandungan gula tinggi.

Untuk ini Anda dapat mencoba mengganti gula dengan pengganti gula atau gunakan produk pemanis yang dikhususkan untuk penderita diabetes.

Menjaga Berat Badan dan Rajin Olahraga

Obesitas juga menjadi salah satu faktor yang membuat gula darah lebih tinggi dan sulit terkontrol. Hasil menunjukkan rajin berolahraga atau melakukan gerakan fisik, selain dapat membantu menjaga berat badan juga memiliki efek terhadap gula darah.

Olahraga rutin dapat membantu agar kadar gula dalam tubuh terkendali dengan baik dan mengurangi risiko lonjakan dari gula darah.

Perbanyak Makanan Berserat

Makanan berserat dapat membantu mengonrol gula darah dari lonjakan. Selain itu dengan makan makanan berserat, Anda akan lebih mudah kenyang sehingga asupan makanan dapat dikurangi dan gula darah lebih dapat terkontrol.

Anda dapat mulai mengkonsumsi makanan tinggi serat dan baik untuk tubuh seperti oatmeal, roti gandum, kacang – kacangan, sayuran hijau, buah – buahan.

Konsumsi Cuka Apel

Anda dapat mencoba melarutkan sedikit cuka apel ke air dan meminumnya atau mencampurkan cuka apel ke makanan. Beberapa penelitian menunjukkan cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolestrol serta menjaga agar gula darah tetap stabil.

Perbanyak Minum Air

Jaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hindari konsumsi minuman ringan atau minuman manis saat merasa haus. Perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi air yang cukup dalam sehari juga dapat membantu tubuh menjaga agar gula darah tetap stabil.

Selain dari sejumlah tips dan cara untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, pastikan juga Anda rutin melakukan pengecekan kadar gula darah Anda. Anda dapat melakukan hal ini dengan mudah di rumah dengan menggunakan strip test dan alat ukur gula darah.

3 Comments

  1. Saya penderita diabet baru baru opname dirumah sakit, tinggi gula darh saya belu turun sajak mendapt parawatan, sejak 1 bulan lebih, bagaimana bisa turun normal

    1. Perbanyak makan makanan protein bu. Kacang2an, buah tanpa dijus gpp, ikan, daging tanpa lemak, putih telur. Stop semua tepung dan kurangin nasi. Perbanyak olahraga (30 menit lebih dalam 1x olahraga, membakar lemak yang didapat dari gula sehingga otomatis membakar penyimpanan gula dalam tubuh anda).. Saya sudah jalani, hba1c sy normal. Hanya habit karbo rendah harus mendarah daging, sampai gula puasa turun ke normal ya bu. Jangan stop makan tinggi protein dan rendah karbo. Semakin anti karbohidrat, semakin cepat turunnya.

Leave a Reply