Penyebab baterai hp kembung
Tips & Tutorial

Penyebab Baterai Hp Kembung dan Cara Mengatasinya

Meskipun teknologi smartphone saat ini sudah canggih, namun teknologi pada baterai tetap menggunakan reaksi kimia. Hal ini membuatnya rentan pada berbagai masalah, salah satunya adalah baterai hp kembung. Masalah ini memang tidak banyak dialami banyak pengguna hp, namun masalah hp dengan baterai kembung masih terus ada sampai saat ini.

Baterai hp yang kembung bisa menyebabkan berbagai masalah dan membahayakan pengguna. Jika baterai hp Anda tidak tiba-tiba membengkak hal ini bisa menimbulkan bahaya kebakaran. Untuk keamanan, sebaiknya segera stop menggunakan hp, matikan, dan segera ke Service Center resmi untuk memperbaikinya. Mengganti baterai hp yang kembung memerlukan biaya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab baterai hp kembung, cara mengatasinya, dan cara mencegah baterai hp yang kembung.

Penyebab Baterai Hp Kembung

Baterai Lithium-Ion menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan energi listrik. Seiring bertambahnya usia, reaksi kimia di dalam baterai tidak berlangsung sempurna sehingga dapat mengakibatkan terbentuknya gas yang menyebabkan baterai bengkak. Gas yang menumpuk kemudian menimbulkan tekanan dan membuat bodi baterai mengembang.

Penyebab baterai hp kembung

Cacat produk juga dapat menyebabkan baterai hp kembung. Jika produsen tidak membuat baterai dengan benar, gas dapat menumpuk secara perlahan selama proses pengisian daya. Mengisi daya baterai cukup sering menjadi masalah baterai hp membengkak. Ini disebabkan karena pengisian daya hp menghasilkan panas sehingga ikut memperparah penumpukan gas.

Hp yang panas dapat mempercepat proses penumpukan gas. Oleh karena itu, hindari mengisi baterai hp dengan charger palsu untuk menghindari risiko panas berlebih. Jangan terbiasa meninggalkan hp di tempat panas atau di bawah sinar matahari, atau di samping benda yang sangat panas.

Kerusakan fisik pada baterai juga jadi penyebab umum baterai hp bengkak. Jika Anda pernah menjatuhkan hp atau tidak sengaja membuka cover belakang hp bisa menyebabkan baterai hp bengkak. Benturan fisik merusak baterai sehingga mengubah reaksi kimia di dalamnya dan sekaligus melemahkan berbagai bagian di dalam baterai.

Ciri-Ciri Baterai Hp Bengkak

Kebanyakan hp saat ini sudah menggunakan baterai tanam atau unremovable battery. Ini menyulitkan untuk cek kondisi baterai apakah ada benjolan atau tidak. Cara termudah untuk mengetahui baterai hp bengkak adalah dengan meletakkan hp di permukaan datar. Jika Anda melihat hp bergoyang, tidak stabil, atau ada sedikit bagian di bodi belakang yang melengkung ini bisa jadi ciri-ciri baterai hp kembung.

Baterai hp bengkak

Sayangnya, bodi yang tidak bisa dibuka membuat baterai hp yang bengkak baru bisa terdeteksi saat sudah parah. Jika baterai terlanjur bengkak sampai mendorong bodi belakang ini artinya kondisi baterai sudah sangat gawat. Cover belakang yang mulai mengangkat dan mulai terkelupas disebabkan bentuk baterai yang tidak biasa sehingga memberi tekanan pada cover.

Apakah Aman Menggunakan Hp Baterai Kembung ?

Jika baterai hp Anda kembung, segera stop menggunakan, matikan, dan bawa ke Service Center resmi terdekat di kota Anda. Baterai Lithium-Ion yang bengkak bisa sangat berbahaya. Tekanan akibat gas yang menumpuk di dalam baterai dapat membuat permukaan baterai bocor dan membuat gas keluar. Hal ini dapat menyebabkan kebakaran atau baterai meledak. Baterai hp yang bengkak juga dilarang ditusuk untuk menghindari ledakan.

Ledakan akibat baterai bengkak bisa menyebabkan luka serius di tubuh Anda. Tidak jarang bisa menyebabkan kematian karena terkena bagian vital. Hp yang baterainya bengkak tidak boleh dihubungkan ke charger supaya tidak menambah penumpukan gas. Simpan hp di tempat yang aman dan jauhkan dari berbagai hal yang dapat terbakar.

Cara Membuang Baterai Hp yang Bengkak

Baterai yang bengkak tidak boleh dibuang sembarangan. Baterai yang rusak bisa menimbulkan kebakaran atau mencemari sumber air atau tanah di sekitar tempat baterai dibuang. Supaya lebih aman, sebaiknya bawa hp atau baterai yang rusak ke tempat pembuangan sampah khusus atau tempat daur ulang.

Cara mengatasi baterai hp kembung

Saat memindahkan baterai hp yang rusak usahakan dilakukan di tempat dengan sirkulasi udara baik. Gunakan kacamata untuk melindungi mata dan sarung tangan untuk mencegah kontak dengan kulit. Sediakan penjepit panjang untuk memindahkan baterai dari satu tempat ke tempat lain.

Baterai hp yang kembung bisa dibuang ke wadah khusus tahan api. Setelah itu, masukan pasir atau tanah untuk mencegah ledakan atau kebakaran. Jika baterai panas, berbau, dan berasap segera letakkan hp atau baterai di luar ruangan jauh dari bahan mudah terbakar. Tunggu sampai gejalanya hilang. Intinya, jangan buang atau kirim baterai rusak tanpa izin dan instruksi khusus protokol keselamatan yang harus dipatuhi sesuai hukum.

Cara Mengatasi Baterai Hp Bengkak

Baterai hp yang bengkak tidak aman digunakan. Bahan-bahan berbahaya di dalam baterai dan reaksi kimia yang terjadi bisa mengeluarkan asap beracun yang berbahaya, mudah terbakar, dan menimbulkan ledakan. Baterai hp yang rusak tidak boleh dibuang sembarangan. Anda harus bawa ke pusat daur ulang atau lokasi pembuangan khusus barang elektronik.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa segera bawa hp yang baterai kembung tersebut ke Service Center resmi terdekat. Baterai hp lama yang rusak akan diganti dengan yang baru dan original. Baterai yang rusak juga akan dibuang oleh petugas Service Center ke tempat yang aman.

Bhinneka melayani jasa servis Smartphone dan Tablet Android atau iOS. Anda bisa ganti baterai hp kembung dengan baterai hp yang original. Segera datang ke Service Center kami di Jakarta, hubungi:
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Sarah@bhinneka.com
Alamat: Jl. Gunung Sahari Raya 73C No 5-6 Jakarta Pusat 10610

Cara Mencegah Baterai Hp Kembung

Ada beberapa cara untuk mencegah baterai hp kembung, yaitu:

  • Baterai Lithium-Ion dan Lithium Polimer tidak bisa kena panas. Jangan taruh smartphone di bawah sinar matahari langsung. Hindari mengisi baterai hp di bawah sinar matahari dan sumber panas
  • Main game sambil mengisi baterai bisa menyebabkan baterai hp kembung. Suhu baterai hp jadi semakin panas dan terjadi penumpukan gas berlebih yang membuat baterai bengkak
  • Jika hp tidak digunakan dalam waktu lama, simpan di tempat sejuk dan kering
  • Gunakan charger original. Jika rusak, beli charger dengan model yang sama atau merk lain yang sudah dilengkapi sertifikat keamanan. Menggunakan charger palsu menyebabkan arus listrik tidak stabil sehingga bisa menyebabkan baterai kembung
  • Jika baterai Anda cepat habis, cek apakah ada bug pada aplikasi atau sistem operasi. Jika tidak ditemukan bug artinya kerusakan pada baterai Anda. Segera ke Service Center resmi Bhinneka untuk mengganti baterai hp dengan baterai original
  • Jangan biarkan baterai hp dicharge sepanjang hari. Baterai hp terbaru saat ini memang sudah dirancang untuk berhenti mengisi otomatis saat baterai penuh. Akan tetapi, lebih baik jika Anda segera copot kabel charger setelah baterai penuh.

Leave a Reply