Tips & Tutorial

Tips Tutorial Cara Mengganti Password Wifi Agar Aman

Cara mengganti password wifi perlu diketahui khususnya bagi pengguna yang memasang dan mengatur sendiri router untuk jaringan wifi nya. Hal ini penting karena password wifi berguna untuk mencegah orang lain tidak bisa sembarangan menggunakan jaringan wifi yang Anda miliki.

Password yang lemah dapat dengan mudah diketahui oleh orang lain, akibatnya jaringan internet milik Anda dapat digunakan oleh orang lain secara cuma – cuma. Apabila Anda baru memasang atau mengganti router, penggantian password juga disarankan karena password wifi bawaan dari produsen tidak cukup aman.

Mengganti password wifi sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Namun, terkadang belum banyak orang yang mengetahui caranya, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa mengatur jaringan router miliknya sendiri.

Dalam artikel kali ini akan dibahas cara singkat untuk menggati password wifi yang Anda miliki. Cara ini dapat dicoba terlepas dari apapun model atau merek router yang Anda gunakan, karena biasanya semua router memiliki cara pengaturan yang kurang lebih sama.

Cara Mengganti Password Wifi

Pada artikel lain, sudah dibahas mengenai cara untuk mengganti nama wifi atau SSID. Nah untuk mengganti password wifi pun cara yang digunakan sama, yaitu Anda perlu masuk terlebih dahulu ke halaman pengaturan router.

Untuk masuk ke halaman pengaturan router ini dapat Anda lakukan melalui PC, laptop, ataupun smartphone dengan menghubungkan perangkat tersebut ke jaringan yang hendak diubah passwordnya.

Berikut cara untuk mengganti password wifi:

  1. Sambungkan PC, laptop atau smartphone ke jaringan wi-fi dari router yang akan diganti passwordnya
  2. Setelah tersambung, buka browser dari PC atau smartphone dan buka salah satu dari halaman berikut: 192.168.0.1 atau 192.168.1.1
  3. Apabila kedua alamat di atas tidak dapat digunakan, coba cek bagian belakang dari router Anda untuk mendapatkan petunjuk halaman yang perlu diakses untuk membuka halaman pengaturan router
  4. Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. Apabila ini pengaturan pertama dan belum pernah diganti, biasanya username dan password default bawaan produsen adalah admin.
  5. Setelah masuk, biasanya untuk mengganti SSID terdapat dalam bagian pengaturan Wireless – Wireless Settings
  6. Pada bagian wireless setting atau security (mungkin berbeda sedikit antar router), akan terdapat kolom atau baris yang bertuliskan password atau security atau wpa passphrase
  7. Masukkan password yang hendak digunakan
  8. Apply atau Save

Setelah selesai, Anda perlu menghubungkan ulang perangkat ke jaringan ssid dengan menggunakan password yang baru.

cara mengganti password wifi

Pentingnya Mengganti Password Berkala

Mengganti password wifi terutama apabila dilakukan secara berkala sangat disarankan. Hal ini penting dilakukan agar jaringan internet yang Anda miliki tetap aman. Beberapa kegunaan atau manfaat rutin mengganti password wifi adalah:

  1. Mencegah pembobolan jaringan internet
  2. Menghindari password mudah ditebak oleh orang asing

Adapun agar password aman dan sulit ditebak, Anda dapat menggunakan password berupa kombinasi huruf dan angka atau karakter khusus. Selain itu, hindari menggunakan data atau informasi pribadi sebagai bagian dari password wifi.

Leave a Reply