Bhinneka News Info Bisnis

Twitter Peringat Pengguna untuk membaca Sebelum Retweet

Saat ini banyak masyarakat pengguna platform social media dengan mudahnya menyebarkan berita atau informasi dan tidak sedikit juga yang menyebarkan berita tersebutmelakukan cek kebenaran dari isi dalamnya sebelum membagikannya, sehingga terkadang membawa masalah kepada pengguna social media tersebut hingga berurusan dengan hukum karena melanggar undang-undang ITE Indonesia.

Hal ini Twitter memberikan fitur baru yang saat ini baru dirilis untuk Twitter versi Android, di mana pengguna akan diberikan notifikasi apakah mereka telah membaca artikel yang hendak mereka Retweet (RT) tersebut sebelum diperbolehkan untuk melakukan RT yang diberikan dalam bentuk notifikasi tersebut adalah berupa pop up windows dengan tulisan ““Headlines don’t tell the full story. Want to read this before Retweeting?””.

Fitur eksperimental tersebut dilangsur oleh Twitter Support lewat akun Twitter resmi. Fitur berupa notifikasi ini hanya akan aktif ketika si pengguna melakukan RT terhadap sebuah tweet yang mengandung link artikel saja untuk sementara ini. Pengguna sama sekali tidak dilarang untuk melakukan RT, hanya mengingatkan bahwa ia perlu membaca isi artikel tersebut lebih dulu sebelum menyebarkannya lebih lanjut. Untuk saat ini, fitur notifikasi pengingat untuk membaca artikel lebih dulu sebelum RT baru diberikan ke pada sejumlah pengguna saja dan sepertinya diberikan kepada pengguna dengan jumlah Followers lebih dari 1.000 untuk awalnya awal.

Leave a Reply