Tips & Tutorial

Ulasan Singkat Lenovo Yoga Tab 3 8″ Slate

Lenovo Yoga 3 8″ Slate menjadi salah satu tablet unik yang memiliki kick stand langsung. Bentuk silinder dibagian bawah memberikan pegangan yang nyaman saat dipegang pada satu sisi tablet, sekaligus memberikan ruang bagi baterai dengan kapasitas lebih besar serta engsel yang mampu menopang layar untuk penggunaan handsfree. Berikut adalah ulasan singkat untuk Lenovo Yoga Tab 3 8″ Slate

Kamera
Lenovo telah meningkatkan Yoga Tab 3 Slate dengan terintegrasi kamera. Tentu saja bukan dua sensor kamera dibagian depan dan belakang, namun sebuah kamera dengan engsel yang bisa berputar 180 derajat. Bila tablet diposisikan horisontal, aplikasi kamera otomatis berorientasi live view maupun ketika kamu memutar dari depan kebelakang, sehingga kamu bisa langsung menggunakannya dengan cara yang sesuai.

Selain itu, kualitas gambar menjadi jauh lebih baik dibandingkan Tablet pada umumnya kamera depan, karena menggunakan kamera utama dengan sensor 8-megapixel. Bahkan ketajaman gambar dan level detail cukup baik untuk sebuah tablet dengan harga tidak terlalu mahal, dengan menghasilkan tekstur sempurna untuk gambar yang diambil dari luar ruangan dalam kondisi cuaca cerah.

Namun bila bergerak kedalam ruangan, kamera perlu lebih banyak cahaya untuk memperoleh gambar bebas noise. Warna yang dihasilkan tetap cukup akurat meski hasilnya tidak terlalu mengesankan. Dalam keadaan darurat kamera Lenovo Yoga Tab 3 Slate masih bisa diandalkan, namun tentu saja bukan sebagai pengganti kamera smartphone kamu.

Layar
Foto dan video tampil cerah dan penuh warna pada layar 8 inci, meski tes objektif mengungkapkan, Lenovo menggunakan panel berkualitas standar pada Yoga Tab 3 Slate. Kecerahan maksium 368.2cd/m2 cukup baik untuk bisa memandang layar tablet dengan nyaman baik didalam maupun luar ruangan.

Sudut pandang juga sangat baik, namun layar yang mengkilap kemungkinan bisa menjadi masalah bila terkena pantulan cahaya. Resolusi yang hanya 1280×800 membuat kerapatan piksel hanya 189ppi, sehingga tidak perlu mendekatkan layar ke mata untuk bisa melihat masing-masing piksel. Ini juga bisa membuat teks dengan ukuran sangat kecil menjadi terlihat kuning dan agak sulit terbaca.

Performa
Resolusi layar yang tidak tinggi ternyata cukup membantu dari sisi kinerja, karena prosesor dan GPU bekerja tidak sekeras ketika mereka menunjang layar Full HD. Prosesor quad core 1.3GHz Qualcomm Snapdragon 212 yang berpasangan dengan RAM 1GB, cukup berhasil membuat aplikasi terbuka dengan cepat tanpa sekalipun terjadi lag.

Geekbench 3 single dan multi-threaded benchmark memberikan nilai cukup baik namun tidak terlalu mengesankan, masing-masing 315 dan 1105, ini menegaskan Yoga Tab 3 Slate sangat mumpuni digunakan untuk tugas ringan dan digunakan secara tunggal, bukan untuk aplikasi yang menguras tenaga. Sementara GPU Adreno 304 mampu menangani game 3D dengan lancar maupun memutar klip video HD apapun tanpa masalah. Namun hasil dari benchmark GPU tidak terlalu memuaskan hanya meraih skor 244.1 (4fps) onscreen dan 113.5 (2fps) offscreen dengan GFX Bench 3 Manhattan.

Software
Skin Android Lenovo mengambil bagian terbaik dari Android 5.1 Lollipop dengan menambah beberapa kustom tambahan. Kemampuan menyesuaikan ukuran grid layar awal dan menyembunyikan label aplikasi tanpa harus mengunduh sebuah peluncur kustom merupakan sentuhan menarik terutama ketika layar awal. Laci aplikasi dan tray notifikasi semua menggunakan layout default Material UI, bahkan ikon manage apps mirip dengan milik Android One.

Aplikasi Dolby Sound menjadi penambahan penting dengan equalizer audio mode terpisah untuk film, game, musik dan suara. Aplikasi ini tidak bisa mengenali konten, sehingga kamu harus mengubahnya secara manual dan kamu akan merasakan suara yang lebih kuat sesuai konten yang kamu nikmati. Selain itu kualitas suara secara umum sangat baik dan dua speaker menghadap depan mampu menghasilkan audio kencang yang bisa terdengar dari seberang ruangan.

Desain
Sisi speaker tertata rapi pada dasar silinder yang membuat penampilan Yoga Tab 3 Slate tetap terlihat apik. Tentu saja lebih banyak material plastik yang digunakan, namun finishing soft-touch dibagian belakang menghasilkan banyak grip untuk pegangan yang lebih nyaman. Saat memegangnnya secara alami tangan berada pada stand logam, seolah-olah terasa seperti memegang perangkat premium. Silinder dibagian bawah memiliki ketebalan 7 mm dan bobot tablet sekitar 420g, cukup ringan untuk menahannya dengan satu tangan.

Ada cukup banyak untuk diisi berbagai port, namun hanya terlihat audio jack 3.5mm dan port microUSB. Lenovo melengkapinya dengan card reader microSD dibawah kickstand, yang kompatibel dengan kapasitas hingga 128GB. Sangat bermanfaat untuk memperluas kapasitas penyimpanan internal yang hanya tersisa 11GB untuk dapat diakses pengguna dari kapasitas penuh 16GB.

Desain yang fungsional, speaker kualitas tinggi dan layar dengan resolusi yang lumayan, menjadikan Yoga Tab 3 8 Slate menjadi salah satu tablet yang layak kamu pertimbangkan. Penampilannya mungkin tidak seramping Asus ZenPad S, namun bentuknya yang unik membuatnya jauh lebih fleksibel, terutama saat ingin menonton video atau bermain game secara handsfree.

Extra THR Social Facebook (1) copy (2)

Nah ingin memiliki Lenovo Yoga Tab 3 8″ Slate ini dengan harga Rp 100 RIBU-an? Ikuti program THR Bhinneka bersama Daily Social di sini >> http://www.bhinneka.com/aspx/products/extra-thr.aspx

Leave a Reply