Vivo Y12s Kelebihan dan Kekurangan
Review Produk Smartphone & Tablet

Review Spesifikasi Vivo Y12s Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu merk dan tipe terkenal yaitu Vivo Y12s, namun Anda harus mengetahui Vivo Y12s kelebihan dan keurangan ini terlebih dahulu.

Memiliki sebuah gadget impian memang sebuah keinginan anak zaman sekarang. HP dibutuhkan untuk bermain game, berfoto, dan bermedia sosial.

Vivo Y12s Kelebihan dan Kekurangan

Jika Anda sudah benar-benar yakin bahwa kelebihannya cocok dengan kebutuhan saat ini, maka tidak ada salahnya menggunakannya untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari.

5 Kelebihan Vivo Y12s Harus Diketahui

Terdapat beberapa kelebihan gak harus Anda ketahui sebelum membelinya, bahkan beberapa kelebihan di bawah ini mampu menarik perhatian para fans HP Vivo. Nah, berikut adalah daftar kelebihan Vivo seri Y12s:

1. Layar Vivo Y12s Lebar

Memiliki layar lebar memang salah satu keuntungan dari membeli HP yang besar. Y12s memiliki layar dengan luas 6,51 inci dengan didukung oleh Ultra All Screen mengusung konsep resolusi HD+.

Tampilannya bisa dibilang luas dan imersif sehingga nyaman untuk bermain game atau nonton.

Ponsel Layar lebar

Layarnya dilengkapi dengan fitur yang digunakan untuk menyaring cahaya biru jadi bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa lelah. Layarnya sangat tajam sehingga akan menampilkan detail gambar yang bagus saat Anda menonton film.

Ponsel seharga dua jutaan ini ternyata bisa memberikan kesan visual yang baik dan sangat unik. Bahkan dengan harga murah sudah bisa mendapatkan handphone dengan besar yang luas.

2. Ketahanan Baterai Vivo Y12s

Jika sering melakukan aktivitas di luar rumah, maka HP ini cocok untuk Anda karena kapasitas baterai yang ditawarkan adalah 5000 mAh. Dengan demikian, maka bisa dijamin bahwa HP ini bisa bertahan hingga seharian penuh.

Vivo Y12s Baterai 5000mAh

Developer HP Vivo mengklaim bahwa untuk versi Y12s ini mampu digunakan untuk bermain game selama 8 hingga 9 jam dan streaming film HD dengan durasi 16,3 jam. Hal tersebut menunjukkan bahwa keawetan dari HP memang sangat baik dan tahan lama.

3. Fitur Reverse Charging

Untuk gadget ini menggunakan pengisian daya terbalik atau reverse charging.

Jika Anda mempunyai dua ponsel atau HP teman Anda sedang lowbat, maka bisa dilakukan pengecasan dengan menggunakan kabel OTG sehingga HP Vivo Y12s Anda dijadikan sebagai powerbank.

4. Side-Mounted Fingerprint

Memiliki sensor biometric adalah salah satu keunggulan lain yang dimilikinya karena bisa menghadirkan Face Unlock, sensor sidik jari yang berada di samping yang menyatu pada tombol power.

Lokasi pemindai ini sangat atraktif dan berbeda dengan kebanyakan gadget saat ini. Hal tersebut bahkan memberikan kesan natural saat jempol Anda menempel pada sensor, sehingga tidak semua orang tahu bahwa Anda sedang mengunci atau membuka HP.

5. Memiliki Warna yang Trendi

Jika sensor sidik jari berada pada samping body maka akan membuat bagian belakang HP Anda terlihat sangat bersih karena tidak terdapat fingerprint tambahan.

Selain fisiknya, warna yang diluncurkan cukup unik dan menarik yaitu Glacier Blue dan Phantom Black.

Untuk warna Glacier Blue ini lebih dominan ke arah gradasi yang berkilau antara warna biru muda dan cahaya merah muda, sehingga terkesan sangat atraktif.

Kemudian, untuk warna Phantom Black lebih terlihat ke arah profesional dengan warna hitam elegannya.

5 Kekurangan Vivo Y12s

Jika di atas sudah melihat keunggulan Vivo Y12s, maka selanjutnya Anda harus mengenal bagaimana mengenai kekurangan yang dimilikinya.

Ini bukan serta merta bahwa HP Vivo Y12s adalah jelek, namun informasi ini bisa Anda jadikan sebagai perbandingan.

1. Tidak Ada Fast Charging

Biasanya untuk HP zaman sekarang diunggulkan dengan fast charging atau mengisi ulang baterai dengan cepat. Namun, tidak untuk Vivo Y12s karena daya pengisian hanya 10 W yang bisa dibilang cukup lama untuk mengisi 5000 mAh.

Oleh sebab itu, untuk menyiasatinya maka Anda bisa menchargenya selama Anda tidur. Hal tersebut pastinya akan lebih efektif dilakukan karena pagi hingga sore bahkan malam, HP akan selalu Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

2. Menggunakan Micro USB

Mayoritas HP terbaru sudah menggunakan port USB dengan type C. Sayangnya, untuk Vivo Y12s ini masih mengusung port microUSB dengan bentuk yang tidak simetris, sehingga menyulitkan pengguna mencolokkan kabel pada lubang HP.

Sebenarnya tidak begitu terlalu dipermasalahkan karena saat dilakukan pengisian hasilnya adalah sama saja. Hanya jika menggunakan port USB C maka lebih unggul dalam pengisian, pemindahan file, atau menyalin file ke PC.

3. Ukuran RAM dan Penyimpanan Internal Rendah

Sayangnya, untuk HP saat ini penyimpanan Vivo Y12s kurang memadai karena dibekali dengan RAM 3 GB dan 4 GB serta penyimpanan internal hanya 32 GB saja. Hal tersebut akan menyusahkan jika Anda ingin melakukan install aplikasi terbaru.

4. Menggunakan Rear Dual Camera

Kamera adalah salah keunggulan yang kadang ditampilkan oleh HP Vivo. Sayangnya, berbeda dengan Vivo Y12s yang hanya menyuguhkan kamera dua lensa belakang dengan resolusi 13 MP dan 2 MP.

Sedangkan bagian depannya menawarkan lensar dengan resolusi 8 MP saja.

Vivo Dual Camera

Kualitas kameranya kurang bagus jika dibandingkan dengan harganya yang jika mencari HP lain akan mendapatkan kamera yang lebih bagus lagi.

Bahkan jika ditambahkan dengan kamera pendamping nantinya akan membuat tampilannya kurang menarik.

5. Kurang Bertenaga

Salah satu hal terpenting dalam menjalankan sebuah gadget adalah kinerjanya bagus atau lambat. Pasalnya, parameternya bisa dilihat saat HP digunakan saat bermain game, bagaimanakah performanya?

Performa Smartphone

Untuk Vivo Y12s maka disarankan tidak memainkan game yang terlalu berat. Sebab, chipset yang digunakan adalah Mediatek Helio P35 yang memiliki 8 inti yang mana kurang memiliki performa baik dalam bekerja.

Tabel Spesifikasi Vivo Y12s

Untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi lengkap dari Vivo Y12s ini, maka bisa Anda lihat melalui tabel di bawah:

Dimensi ponsel164,41 x 76,3 x 8,4 mm
Berat ponsel191 gram
Luas layar6,51 inch
Resolusi layar1600 x 720 pixel
Tipe layarLCD (IPS)
ProsesorHelio P35
RAM dan ROM3 GB dan 32 GB
Baterai5000 mAh
WarnaPhantom Black dan Glacier Blue
HargaRp 2 jutaan

Spesifikasi di atas jika dibandingkan dengan HP keluaran saat ini memang sedikit tertinggal. Namun, ada kalanya saat Anda membutuhkan HP dengan kualitas yang biasa saja, namun cocok untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan HP Vivo Y12s kelebihan dan kekurangan inilah pilihan terbaiknya.

Bahkan, kelebihan Vivo Y12s tidak boleh Anda lihat sebelah mata hanya karena ponsel ini memiliki beberapa kekurangan. Sebagai referensi, anda bisa baca review Vivo Y12i.

Hal tersebut bisa Anda jadikan untuk pilihan bahwa kelemahan itu tidak akan menjadi penghambat Anda bermain HP untuk aktivitas Anda.

Leave a Reply