Bhinneka News

Xiaomi Patenkan Charging dengan Solar Panel

Dengan semakin besarnya kapasitas baterai smartphone masa sekarang, semakin banyak hal yang dilakukan oleh para brand smartphone untuk bisa memberikan pengisian ulang baterai yang lebih efektif dan cepat. Salah satu hal yang bisa diberikan untuk mengisi ulang lebih cepat adalah dengan fitur fast charging, atau bahkan wireless charging dengan kecepatan tinggi. Untuk soal charging baterai, Xiaomi nampaknya akan memberikan inovasi terbaru dengan menggunakan panel solar sebagai ganti pengisian ulang menggunakan kabel atau wireless.

Paten charging dengan panel solar ini ditemukan oleh LetsGoDigital pada World Intellectual Property Office, di mana pihaknya menemukan gambar paten milik Xiaomi yang memperlihatkan bagaimana panel solar akan difungsikan sebagai changing baterai. Dalam gambar tersebut, panel solar nampak ditempatkan pada bodi belakang smartphone yang memiliki bezel tipis. Panel solar ini sendiri tidak jauh berbeda dengan panel solar yang umumnya bisa dilihat pada gedung atau atap rumah, hanya saja ukurannya tentu saja jauh lebih kecil.

Dari gambar yang sama, desain smartphone yang terlihat merupakan desain standar smartphone pada umumnya. Walau menggunakan panel solar di bodi belakangnya, smartphone tidak nampak terlalu tebal dan masih cenderung tipis. Sayangnya, tidak banyak informasi lebih detil terkait paten dari Xiaomi tersebut, baik informasi smartphone mana yang akan menggunakan desain ini maupun spesifikasi utamanya. Paten ini juga belum tentu akan digunakan secara pasti untuk produk smartphone Xiaomi berikutnya.

 

Leave a Reply