Tips & Tutorial

Cara Menghindari dan Mengatasi Perut Kembung

Banyak dari kita mungkin masih belum tahu cara mengatasi perut kembung. Perut yang terasa kencang dan kembung perlu diatasi karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Beberapa cara untuk meredakan gejala perut kembung bahkan cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan cepat.

penyebab perut kembung

Selain dengan obat – obatan yang dapat membantu mengatasi perut kembung, beberapa di antara nya alami dan lebih bersifat pencegahan. Perut kembung sendiri biasanya dapat hilang sendiri. Namun apabila setelah beberapa hari perut masih terasa penuh dan tidak nyaman, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tips Mengatasi Perut Kembung

Yang menyebabkan perut terasa kembung dan penuh, adalah dikarenakan ada gas atau udara di dalam perut. Gas yang menumpuk ini yang menimbulkan sensasi perut penuh dan terasa kencang.

Beberapa cara yang efektif untuk mencegah gas menumpuk dalam pencernaan dan menghindari perut terasa kembung serta mengatasi perut kembung adalah

Menghindari Makanan yang Meningkatkan Gas Lambung

Beberapa jenis makanan dan minuman seperti kopi, minuman bersoda, kacang – kacangan, kol, brokoli dapat memicu naiknya gas di dalam lambung. Makanan yang berlemak juga dapat memicu naiknya gas dalam lambung. Hal ini dikarenakan makanan berlemak lebih susah dan lama untuk dicerna.

Untuk mencegah perut terasa bloated atau penuh karena gas, sebaiknya hindari makanan atau minuman tersebut atau kurangi porsi asupannya.

Makan Secara Perlahan

Salah satu penyebab perut kembung adalah makan terlalu cepat. Saat Anda makan terlalu cepat, semakin banyak udara yang ikut masuk ke saluran pencernaan. Udara yang menumpuk dalam pencernaan ini bisa menyebabkan perut kembung. Oleh karenanya makan secara perlahan sangat dianjurkan.

Kurangi atau Batasi Porsi Makan

Makan terlalu banyak dalam porsi yang besar dapat membuat perut terasa kencang, begah dan kembung. Untuk menghindari hal ini, bagilah porsi asupan makan Anda menjadi porsi yang lebih kecil agar tidak terasa begah setelah makan.

Jangan Tunda Buang Air

Sadar atau tidak disadari, kebiasaan sering menunda buang air dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini karena feses yang menumpuk akan menghasilkan gas. Gas ini akan membuat perut menjadi penuh dan kencang.

Apabila Anda mengalami perut kembung, salah satu cara untuk mengatasinya juga adalah mencoba untuk buang air. Buang air dapat membantu untuk mengeluarkan gas yang berada dalam usus sehingga perut tidak terasa begah dan penuh.

Kompres Perut dengan Handuk Hangat

Perut kembung terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri pada area perut. Rasa nyeri ini dapat membuat tidak nyaman terutama saat bergerak. Untuk meredakan rasa nyeri ini, Anda dapat mencoba untuk mengompres area perut yang terasa nyeri dengan kompres hangat.

Beautiful young woman in bed, with hot water bag on her tummy

Bersendawa atau Buang Angin

Anda dapat mencoba untuk meringankan gejala perut terasa penuh dengan mencoba bersendawa atau buang angin. Kedua cara ini dapat membantu untuk mengeluarkan kelebihan gas yang ada di tubuh sehingga perut dapat terasa lebih nyaman.

Meminum Laxative

Konstipasi atau sembeli juga menjadi salah satu pemicu menumpuknya gas dalam tubuh. Untuk Anda yang mengalami konstipasi, dapat mencoba meminum laxative untuk melancarkan buang air agar gas yang menumpuk dalam pencernaan dapat hilang.

Namun perlu diingat, saat meminum laxative, perbanyak minum air untuk mencegah tubuh terdehidrasi.

Kapan Perlu Berkonsultasi ke Dokter

Perut kembung meskipun menimbulkan rasa tidak nyaman, biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun Anda perlu mempertimbangkan berkonsultasi ke dokter apabila:

  1. Rasa kembung tidak hilang setelah beberapa hari
  2. Terasa rasa sakit yang luar biasa
  3. Kembung disertai demam ataupun muntah
  4. Apabila terasa nyeri pada dada
  5. Apabila tinja berdarah

Beberapa gejala di atas dikhawatirkan merupakan salah satu tanda atau gejala ada penyakit lain yang lebih serius sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Leave a Reply