X

6 Alasan Anda Harus Buka Toko Online di Marketplace

Supaya usaha terus berkembang, pemilik usaha harus mengikuti perkembangan jaman. Jika dulu untuk berjualan harus punya toko, sekarang Anda bisa meningkatkan penjualan dengan membuat akun merchant di marketplace. Buka toko online di marketplace, adalah salah satu cara meningkatkan penjualan paling murah dan mudah. Anda bisa mulai usaha dengan investasi modal yang sangat minim.

Berdasarkan data penduduk di tahun 2021, dari total 273,88 juta jiwa penduduk di Indonesia, sebanyak 23.93% berusia 25-39 tahun, atau bisa disebut sebagai Gen Y. Selanjutnya, untuk Gen Z berusia 10-24 tahun ada sebanyak 25.07%. Kebanyakan Gen Y dan Gen Z suka berbelanja online. Mereka cenderung mencari barang dibutuhkan di toko online (marketplace) ketimbang pergi ke toko.

Potensi pasar yang besar ini tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Jika bisa memanfaatkan banyaknya penduduk berusia muda yang gemar berbelanja online, maka bisa berkontribusi menaikan penjualan Anda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda segera buka akun di marketplace supaya bisa mendapat penjualan lebih besar.

Selain punya potensi pasar besar, ada beberapa alasan lain kenapa Anda harus buka toko online di marketplace, yaitu:

1. Bisa Buka Toko Online 24 Jam

Saat membuka toko offline, Anda dibatasi waktu operasional toko atau mall. Ditambah lagi, tidak semua orang mau tengah malam pergi ke toko Anda untuk beli produk yang bisa dibeli esok hari. Toko offline biasanya punya waktu operasional yang efektif selama 12 jam. Buka toko offline juga butuh tenaga kerja tambahan untuk menjaga toko dan melayani pelanggan.

Berbeda dengan buka toko online. Anda bisa buka toko dan terima pesanan selama 24 jam. Pelanggan bisa melihat produk-produk apa saja yang Anda jual dan langsung pesan di saat bersamaan. Waktu operasional toko online juga bisa disesuaikan dengan jam operasional perusahaan Anda. Namun, jika ingin buka selama 24 jam dan proses pesanan kapan saja Anda terima, itu terserah Anda. Marketplace membebaskan pemilik toko mengatur waktu operasionalnya sendiri.

2. Terima Pesanan dari Berbagai Daerah

Dengan membuka toko online di marketplace, Anda bisa perluas jangkauan promosi. Sangat cocok untuk brand lokal baru yang ingin berkembang. Website marketplace bisa diakses dari mana saja. Anda bisa terima pesanan dari luar kota setiap saat. Promosi di marketplace juga lebih mudah dan murah. Cukup ikuti partisipasi promo yang diselenggarakan marketplace untuk membuat brand dan produk Anda lebih dikenal luas.

Produk yang Anda jual juga bisa muncul di pencarian Google. Dengan begini, lebih banyak konsumen yang bisa menemukan produk Anda. Supaya produk mudah ditemukan di Google, silakan pelajari cara menerapkan SEO atau Search Engine Optimization saat mengisi nama produk, isi deskripsi produk, dan lain sebagainya.

3. Investasi Modal Relatif Kecil

Salah satu kelebihan buka toko online di marketplace adalah tidak butuh banyak modal. Tidak perlu cari dan sewa toko fisik untuk jualan. Stok produk yang ada di marketplace juga bisa disesuaikan dengan stok yang ada di gudang. Pengelolaan toko online di marketplace juga sangat mudah. Bahkan bisa dikerjakan oleh satu orang admin saja.

Karena tidak butuh toko fisik Anda bisa hemat modal untuk memulai usaha. Tidak perlu bayar sewa ruko, tagihan listrik, atau gaji banyak karyawan. Mengelola toko online butuh lebih sedikit karyawan. Kebanyakan modal yang dibutuhkan saat buka toko di marketplace adalah koneksi internet, smartphone, laptop, dan modal untuk produksi atau belanja produk untuk dijual kembali.

4. Ongkos Kirim dan Kurir Sudah Tersedia

Marketplace sudah bekerjasama dengan banyak kurir dan bank atau lembaga keuangan sebagai penyedia metode pembayaran. Anda tinggal pilih mana kurir yang menjangkau daerah Anda. Pilihan metode pembayaran juga banyak tersedia jadi memudahkan pelanggan Anda untuk membayar pesanan.

Perhitungan ongkos kirim juga sudah disediakan. Anda tinggal input berat barang di sistem dan secara otomatis sistem akan menghitung ongkos kirim sesuai kurir yang dipilih pelanggan. Jika ada perubahan harga di kurir, sistem bisa mengupdate secara otomatis.

5. Bebas Buka Toko Online di Banyak Marketplace

Salah satu keuntungan terbesar pemilik toko online di marketplace adalah bisa buka akun toko online di banyak Marketplace. Sebagai pemilik usaha, Anda bisa buka akun di Marketplace lain dengan nama toko yang sama atau berbeda. Setiap marketplace punya pangsa pasarnya masing-masing. Dengan membuka toko online di banyak marketplace Anda bisa dapat kenaikan penjualan berkali-kali lipat.

Jika brand sudah besar, Anda bisa tawarkan promosi khusus dengan bekerjasama dengan pemilik marketplace. Ada banyak opsi yang bisa ditawarkan, seperti penjualan tipe produk tertentu secara eksklusif atau mendapat potongan fee merchant selama periode tertentu. Akan tetapi untuk mengelola banyak akun toko perlu tambahan karyawan sehingga Anda perlu menaikan belanja modal.

6. Tidak Perlu Buat Website Toko Online Sendiri

Marketplace ternama di Indonesia, seperti Bhinneka.com punya banyak pengunjung harian. Jadi ketimbang Anda buat website toko online sendiri, akan lebih mudah untuk buka akun toko online di Marketplace yang sudah ternama. Pengunjungnya sudah ada dan yang perlu Anda lakukan hanya optimasi nama dan deskripsi produk, lengkapi katalog produk, dan pasang harga yang kompetitif.

Buka toko online di Marketplace adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Biaya operasional juga lebih murah ketimbang buka toko fisik. Jangkauan produk dan promosi Anda juga lebih luas sehingga bisa terima pesanan dari berbagai daerah di Indonesia. Langkah ini sangat baik dilakukan jika perusahaan Anda ingin meningkatkan penjualan sekaligus menekan biaya operasional secara bersamaan.

Yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu siapkan karyawan khusus untuk mengelola akun toko online. Tambah dan update katalog produk, seting harga, sampai mengirim produk membutuhkan karyawan tambahan. Apalagi jika Anda punya banyak akun toko online. Meningkatnya permintaan membuat Anda perlu menambah karyawan. Jadi, perlu dihitung kembali modal yang perlu dikeluarkan.

Bhinneka: Bhinneka merupakan pionir B2B e-commerce di Indonesia yang melayani UKM, korporasi dan instansi pemerintah. Selama lebih dari 30 tahun Bhinneka melayani pengadaan barang dan jasa, seperti: gadget, PC/laptop, peralatan networking, produk MRO, elektronik kantor, furnitur, produk digital printing, software, servis, hingga jasa instalasi. Bhinneka bekerjasama dengan LKPP untuk layani pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution. Sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka aktif memberikan solusi produk dan jasa terbaik untuk semua segmen konsumen bisnis melalui blog.
Related Post