X

Fungsi Mesin Cuci & Kelebihan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Sebagian dari Anda mungkin menanyakan fungsi mesin cuci dan kegunaannya. Apakah menggunakan mesin cuci lebih banyak untungnya atau justru merugikan dibandingkan mencuci secara manual. Dalam artikel ini akan dibahas secara singkat apa saja fungsi mesin cuci beserta dengan kelebihan dan kekurangan dari mesin cuci.

Fungsi Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga. Fungsi mesin cuci ini tentu saja membantu untuk mencuci dan membersihkan pakaian. Hal ini yang membuat mesin cuci menjadi salah satu produk alat elektronik yang diinginkan karena dirasa dapat meringankan pekerjaan saat mencuci secara tradisional atau manual.

Mesin cuci modern sendiri fungsinya tidak hanya sekadar mencuci dan membersihkan saja. Beberapa mesin cuci modern dilengkapi juga dengan fungsi pengering serta fitur modern lainnya untuk mencuci pakaian sesuai dengan bahan dan jenis dari pakaian yang akan dicuci.

Jenis – Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasar bentuk dan fungsinya. Mesin cuci dapat dibagi menjadi:

  1. Mesin cuci 2 tabung
  2. Mesin cuci 1 tabung top loading / bukaan atas
  3. Mesin cuci 1 tabung front loading / bukaan depan

Pada mesin cuci 2 tabung, tabung pertama berfungsi untuk mencuci dan membilas pakaian. Sedangkan tabung kedua digunakan untuk mengeringkan pakaian saat sudah dicuci. Anda perlu memindahkan pakaian secara manual dari tabung pertama ke tabung kedua.

Sedangkan pada mesin cuci 1 tabung, fungsi mencuci, membilas dan mengeringkan sudah tergabung secara otomatis pada tabung yang sama. Sehingga jauh lebih praktis.

Kelebihan Mencuci dengan Menggunakan Mesin

Setelah memahami fungsi mesin cuci dan manfaatnya, tentu menjadikan pertimbangan bagi Anda apakah memiliki mesin cuci merupakan keputusan yang menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari menggunakan mesin cuci:

  1. Dapat mencuci dalam jumlah besar sesuai kapasitas mesin cuci (misal 6kg, 7kg, 10 kg)
  2. Hemat tenaga karena menggunakan mesin & tenaga listrik dibandingkan mencuci secara manual
  3. Dapat ditinggal, karena mesin bekerja secara otomatis. Sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan lainnya
  4. Hemat waktu, karena mesin cuci sekaligus melakukan proses pengeringan. Pakaian hanya cukup dijemur sebentar saja agar kering sempurna setelah selesai dicuci dengan mesin cuci
  5. Beberapa mesin yang modern memiliki fitur yang lengkap dan dapat diatur untuk mencuci sesuai jenis dan bahan pakaian seperti wool, katun, dll
  6. Menjaga kulit tangan karena tidak perlu terkena detergent, sabun cuci seperti saat mencuci secara manual

Beberapa kelebihan mesin cuci diatas tentu menjadikan mesin cuci salah satu alat elektronik yang cukup berguna dalam suatu rumah. Terlebih jika anggota keluarga cukup besar dan pakaian yang dicuci juga banyak.

Kekurangan Mencuci dengan Menggunakan Mesin

Selain sejumlah kelebihan yang ditawarkan, mesin cuci juga memiliki beberapa kekurangan. Perhatikan beberapa kekurangan dari mesin cuci dan jadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan Anda:

  1. Mesin cuci harganya cukup mahal. Semakin modern / lengkap fiturnya semakin mahal
  2. Menggunakan listrik sehingga tagihan listrik akan naik
  3. Daya listrik yang digunakan juga cukup besar
  4. Jika mati listrik, maka mesin cuci tidak dapat digunakan
  5. Mesin cuci membutuhkan area yang cukup besar untuk peletakan mesin dan instalasi pipa / selangnya
  6. Terkadang mesin cuci tidak dapat membersihkan secara sempurna noda atau kotoran yang membandel sehingga masih perlu dikucek atau dibilas secara manual

Demikan penjelasan dari fungsi mesin cuci serta kelebihan dan juga kekurangan dari mesin cuci. Selain untuk keperluan penggunaan dalam rumah tangga, bagi Anda yang mengembangkan usaha, mesin cuci juga dapat menjadi salah satu alternatif usaha seperti membuka laundry pakaian.

Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post