X

8 Ide Kostum dan Makeup Halloween yang Patut Dicoba!

Setiap tanggal 31 Oktober, masyarakat di berbagai belahan dunia khususnya Eropa dan Amerika melakukan perayaan Halloween. Umumnya, halloween identik dengan games, trick or treat, dan hal-hal yang menakutkan. Tidak hanya itu, halloween juga erat kaitannya dengan pesta kostum. Biasanya, orang-orang akan memakai kostum yang unik dan juga menyeramkan. Pada artikel ini, Bhinneka akan memberikan 8 inspirasi ide kostum dan makeup halloween yang patut dicoba!

Nah, sebelum membahas mengenai ide kostum dan makeup untuk halloween, tahukan kamu apa yang dimaksud dengan halloween dan bagaimana asal-usul perayaan ini? Yuk, simak tulisan ini sampai habis!

Asal-Usul Halloween

Pernahkah Anda merayakan halloween? Perayaan ini dipercaya berasal dari tradisi festival Bangsa Keltik kuno yang bernama “Festival Samhain”. Bangsa Keltik merupakan suku kuno yang dahulu tersebar di wilayah Eropa Tengah. Pada perayaan Festival Samhain, Bangsa Keltik akan menyalakan api unggun dan juga memakai kostum untuk mengusir hantu atau roh-roh jahat.

Saat 2000 tahun yang lalu, Bangsa Keltik menganut kepercayaan bahwa roh-roh akan muncul saat transisi dari musim gugur ke musim dingin. Menurut mereka, udara dingin dan juga kegelapan akan membuat roh-roh menyeberangi dua dunia. Tidak hanya mengenakan kostum dan juga menyalakan api unggun, Bangsa Keltik juga akan melakukan kunjungan ke rumah penduduk sekitar untuk menawarkan doa dengan meminta imbalan roti.

Pada abad ke-9, pengaruh kekristenan sudah menyebar dan mulai menggantikan tradisi kuno Bangsa Keltik. Gereja pun membuat tanggal 2 November sebagai “Hari Arwah”. Pada hari tersebut, diperingati mirip dengan Festival Samhain yang mana, terdapat parade, api unggun, dan juga kostum. Pada tahun 1600, Festival All Hallows’ Day sudah banyak dirayakan oleh orang-orang Eropa. Tradisi ini mulai menyebar ke berbagai belahan dunia, kini halloween menjadi sebuah perayaan yang dapat dirayakan oleh segala usia.

Dimasa sekarang, masyarakat akan melakukan perayaan halloween dengan mengenakan kostum dari karakter fiksi, seperti hantu ataupun karakter lainnya yang menarik dan juga iconic. Berikut Bhinneka telah merangkum beberapa ide kostum dan makeup halloween yang patut Anda coba!

Ide Kostum dan Makeup untuk Halloween

1. Squid Game

Siapa yang tidak tahu karakter yang satu ini? Jangan heran, semenjak film “Squid Game” release, karakter “penjaga” menjadi salah satu karakter yang banyak di-cosplay saat halloween. Untuk mengenakan kostum ini, Anda dapat membelinya di toko e-commerce. Apabila ingin lebih hemat, kenakanlah seragam olahraga berwarna hijau atau merah yang Anda punya, lalu berikan simbol yang kamu inginkan ke topeng berwarna hitam.

2. Maleficent

Ide kostum halloween kedua yang dapat kamu tiru yaitu kostum karakter Maleficent. Karakter yang diperankan Angelina Jolie ini sudah dikenal oleh banyak orang. Kostumnya yang unik dan menyeramkan ini sangat cocok untuk Anda coba!

3. Eddie Munson

Bagi Anda yang menyukai serial “Stranger Things“, pasti sudah akrab dengan karakter satu ini. Eddie Munson adalah salah satu karakter yang populer karena salah satu line-nya dalam Stranger Things, yakni Chrissy, wake up. Untuk mendapatkan kostum Eddie Munson pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu memakai kaos Hellfire Club dan rompi jeans. Mudah, kan?

4. ‘Ibu’ Pengabdi Setan

Apakah Anda kebingungan ingin meniru karakter siapa untuk pesta halloween? Mungkin Anda bisa meniru pakaian dan juga riasan ala peran Ibu Mawarni di film horor Pengabdi Setan. Karakter ‘Ibu’ yang muncul dalam film Joko Anwar ini memanglah sangat mencuri perhatian penonton. Hal ini karena karakternya yang menyeramkan, misterius, dan juga sangat kuat sehingga membuat jutaan masyarakat Indonesia ketakutan saat menontonnya.

5. Annabelle

Sebagai salah satu karakter yang paling banyak diminati, karakter Annabelle memang sangat menyeramkan. Apabila Anda ingin terlihat simpel, namun tetap seram, Anda dapat memilih kostum Annabelle untuk pesta kostum halloween. Anda hanya perlu memakai gaun putih dan menambahkan sedikit aksesoris agar terlihat lebih mirip.

6. ‘Badarawuhi’ KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari adalah film horror yang memiliki penonton sangat banyak pada tahun 2022 ini. Film horror yang mengangkat kisah menyeramkan yang dialami mahasiswa ini menghadirkan salah satu tokoh yang sangat iconic. Badarawuhi yang identik dengan pakaian dan selendangnya yang berwarna hijau ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang bingung memilih kostum.

7. Wonder Woman

Wonder Woman menjadi karakter super hero yang banyak digemari saat halloween. Untuk menjadi Wonder Wooman tidaklah sulit, Anda hanya perlu memakai mini dress, headpiece berwarna gold, dan rambut hitam yang tergerai indah, seperti yang ditampilkan oleh Wonder Woman.

8. Sailor Moon

Tokoh super hero yang ternama ini berasal dari Jepang, siapa yang tidak mengetahui Sailor Moon? Apalagi bagi Anda yang mengalami masa kecil atau remaja pada tahun 90-an. Untuk meniru tokoh ini, Anda hanya perlu memakai wig berwarna pirang dan kostum Sailor Moon tentunya!

Nah, itulah sederet ide kostum dan makeup halloween yang unik dan beragam! Siapa tahu bisa jadi ide kostum Anda juga tahun depan! Menurut Anda, mana yang paling bagus? Share di kolom komentar ya!

Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post