X

7 Jenis Mesin Cetak Format Besar dan Kelebihannya

Memilih jenis mesin cetak format besar atau Large Format Printer (LFP) bagi bisnis baru memang terkadang sangat membingungkan. Kemajuan teknologi cetak melahirkan banyak jenis printer LFP yang punya fungsi dan kelebihan yang berbeda tergantung bisnis Anda. Begitu banyaknya pilihan mesin dan merk membuat banyak orang kesulitan untuk memutuskan produk dengan metode cetak yang paling tepat dengan kebutuhan bisnisnya.

Untuk membantu Anda memilih mesin cetak format besar yang terbaik, kami akan mulai dulu dari pengertiannya secara umum. Berbeda dari printer konvensional, mesin cetak format besar secara khusus ditujukan untuk mencetak materi promosi berukuran besar, seperti: spanduk, sticker mobil, papan reklame, iklan di dinding, dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua mesin cetak memiliki cara kerja yang sama. Jenis mesin cetak format besar bisa dibedakan dari media apa yang digunakan, tujuan penggunaan, biaya yang per cetak yang dikeluarkan, dan berbagai faktor lainnya. Untuk membantu Anda memilih jenis mesin cetak format besar yang cocok dengan kebutuhan, berikut ini kami sampaikan penjelasan dari masing-masing jenis mesin dan kelebihannya.

1. Mesin Cetak Inkjet Format Besar

Mesin cetak inkjet format besar adalah mesin cetak yang menggunakan teknologi inkjet seperti printer rumahan. Bedanya, mesin ini didesain khusus untuk cetak gambar dan teks dalam ukuran yang lebih besar dibanding printer inkjet rumahan. Mesin cetak inkjet biasa digunakan untuk mencetak proyek cetak besar, seperti: poster, spanduk, billboard, dan lainnya.

Cara kerja mesin cetak inkjet adalah dengan cara menyemprotkan tinta ke permukaan media cetak secara bertahap dan lapis demi lapis untuk membentuk gambar dan teks yang diinginkan dari PC. Mesin cetak ini dapat mencetak di berbahai jenis material, seperti: kertas, kanvas, vinyl, film, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan mesin cetak inkjet format besar adalah bisa mencetak cepat dan efisien pada ukuran media besar. Resolusi cetak tinggi memungkinkan printer bisa mencetak file dalam berbagai setingan resolusi. Selain itu, dari segi harga juga cukup terjangkau dengan biaya cetak yang murah. Anda tidak perlu keluar modal besar untuk memulai bisnis cetak. Biaya jasa cetak untuk konsumen juga masih terjangkau.

Mesin cetak inkjet modern saat ini menggunakan tinta berbahan dasar air (water based inkjet). Jenis tinta yang lebih ramah lingkungan ini lebih rendah emisi VOC sehingga aman digunakan di dalam ruangan dan tidak mencemari udara. Namun, jenis tinta ini membutuhkan waktu dan daya pengeringan yang lebih lama. Selain itu, media cetak butuh laminasi khusus supaya tahan lama dan warna tidak cepat pudar.

2. Mesin Cetak UV

Kekurangan dari mesin cetak inkjet adalah waktu pengeringan yang lama. Oleh karena itu, mesin cetak UV hadir untuk menjawab kekurangan tersebut. Mesin cetak UV format besar menggunakan sinar UV (ultraviolet) untuk mengeringkan tinta dalam hitungan detik. Hasil akhir yang Anda dapatkan adalah tampilan yang matte, bukan mengkilap. Sama seperti Inkjet, printer UV cocok digunakan untuk cetak spanduk, billboard, signage, stiker dinding, dan lain sebagainya.

Cara kerja mesin cetak UV format besar mirip printer Inkjet. Namun perbedaannya ada pada proses pengeringan tinta. Setelah tinta diaplikasikan ke media, mesin printer UV akan menggunakan lampu UV untuk segera mengeringkan tinta. Hal ini memungkinkan hasil cetak bisa segera digunakan tanpa menunggu proses pengeringan yang lama.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari printer UV format besar adalah bisa mencetak di berbagai jenis media, mulai dari: kertas, kanvas, vinyl, plastik, kayu, logam, dan kaca. Tinta UV lebih tahan cuaca dan tidak mudah luntur. Ini menjadikannya pilihan ideal untuk pencetakan material luar ruangan. Kelebihan lain dari printer UV format besar adalah konsumsi daya lebih hemat. Metode pengeringan UV memerlukan lebih sedikit energi, hanya untuk menyalakan lampu UV saja.

Kekurangan dari printer UV adalah biaya investasinya lebih mahal. Biaya perawatan juga lebih mahal dengan biaya operasional yang juga lebih tinggi. Biaya pemeliharaan rutin semakin mahal karena butuh uang ekstra untuk biaya perawatan lampu UV dan pembelian tinta khusus UV. Penggunaan jenis media juga harus diperhatikan karena bahan yang digunakan harus bisa menyerap tinta UV.

3. Printer Solvent/Eco-Solvent

Printer Solvent format besar adalah jenis mesin cetak yang menggunakan tinta berbasis pelarut (solvent-based) untuk mencetak gambar dan teks. Cara kerja mesin ini mirip dengan printer Inkjet namun bedanya ada pada jenis tinta yang digunakan. Printer Solvent biasa menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan dan berbau menyengat sehingga kurang aman digunakan di dalam ruangan tanpa ventilasi memadai.

Sebagai solusi untuk tinta Solvent yang kurang ramah lingkungan, hadirlah printer eco-solvent. Tinta eco-solvent sama-sama terbuat dari campuran resin dan pigmen yang ditambahkan pelarut agar tetap cair. Perbedaannya ada pada bahan pelarut yang digunakan. Tinta eco-solvent menggunakan pelarut yang lebih ramah lingkungan sehingga bau tintanya tidak menyengat.

Kelebihan dan Kekurangan

Printer Solvent dan Eco-Solvent menggunakan pelarut yang berbeda sehingga berpengaruh pada hasil akhir yang diharapkan. Tinta Solvent memiliki karakteristik tahan air dan sinar UV sehingga cocok untuk mesin cetak digital outdoor. Akan tetapi, kekurangannya adalah memiliki bau yang sangat menyengat. Pemilihan tinta juga harus lebih hati-hati karena perbedaan PL (Pico Liter) di setiap mesin berbeda-beda.

Printer Eco-Solvent menggunakan bahan pelarut yang lebih ramah lingkungan. Karakteristik tinta ini lebih cair dan cerah dibanding tinta Solvent biasa dan baunya tidak menyengat. Sayangnya, tinta tidak tahan cuaca sehingga kurang cocok untuk pencetakan outdoor. Namun, kelebihan tinta ini ada pada PL yang relatif lebih kecil sehingga bisa hasilkan cetakan lebih detail. Kelebihan dan kekurangan tinta Eco-Solvent justru membuatnya sangat cocok untuk pencetakan indoor.

4. Mesin Cetak Sublimasi Dye

Mesin cetak Sublimasi format besar khusus digunakan untuk cetak pada bahan kain. Cara kerja printer sublimasi adalah dengan mencetak gambar dan teks pada kertas transfer khusus. Kertas tersebut kemudian ditekan dan dipanaskan untuk mengubah tinta menjadi gas. Saat gas sudah meresap ke dalam bahan kain kemudian akan didinginkan supaya tinta jadi padat kembali.

Proses sublimasi dapat menghasilkan cetakan yang tahan luntur dan memiliki warna cerah. Tinta yang digunakan diformulasi khusus sehingga bisa hasilkan cetakan tahan lama dan tidak mudah rusak. Mesin cetak sublimasi format besar banyak digunakan untuk mencetak pada berbagai media jenis kain, seperti: banner, bendera, pakaian olahraga, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan

Proses sublimasi dapat menghasilkan cetakan kualitas tinggi dengan detail warna tajam dan jelas. Cetakan juga tahan luntur sehingga aman untuk dicuci. Cetakan mesin sublimasi cocok untuk mencetak foto, grafik desain, dan teks yang kompleks pada material kain. Anda bisa gunakan kain sintetis, poliester, atau kain yang dilapisi untuk sublimasi. Kelebihan ini membuat mesin cetak sublimasi bagus untuk produksi massal dalam waktu singkat.

Kekurangan mesin cetak sublimasi adalah sulit menembus bahan berwarna gelap. Warna terlihat lebih maksimal di bahan berwarna cerah atau putih. Namun, untuk mengatasi ini Anda bisa pilih mesin cetak sublimasi dengan tinta putih yang memudahkan cetak warna rumit di kain berwarna gelap. Kekurangan lain adalah media kain yang digunakan (contohnya Poliester) harganya lebih mahal dibanding kain biasa sehingga berdampak ke harga jual pakaian akhir.

5. Printer Latex Format Besar

Printer latex adalah jenis mesin cetak format besar terbaru yang memiliki kelebihan di daya tahan cetak dan ramah lingkungan. Printer ini lebih aman dibanding printer solvent karena menggunakan tinta berbahan dasar air seperti resin atau latex. Karena berbahan dasar air, Anda bisa mengoperasikan mesin cetak ini dengan aman di ruangan dengan sedikit ventilasi.

Printer latex bisa mencetak di berbagai jenis media, seperti: kain, kanvas, wallpaper, bahan non PVC, dan media lainnya. Emisi VOC yang sangat rendah membuat tinta resin atau latex cocok untuk aplikasi cetak material indoor yang mengutamakan keselamatan dan kepatuhan pada keamanan seperti rumah sakit dan sekolah.

Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu kelebihan yang paling ditonjolkan dari printer latex adalah tinta yang sangat ramah lingkungan. Tinta berbahan dasar air membuatnya lebih aman digunakan dibanding tinta solvent atau UV karena punya emisi VOC lebih rendah. Daya tahan untuk cetak outdoor juga lebih baik dibanding Eco-Solvent. Lebih tahan perubahan cuaca, air, dan tahan luntur sehingga cocok untuk aplikasi cetak outdoor.

Kekurangan printer latex adalah harga tintanya masih relatif mahal. Karena terbilang teknologi baru dan belum banyak digunakan di industri cetak, harga tintanya masih tinggi. Suku cadang printer latex juga masih cukup sulit ditemukan karena varian mesin yang dijual belum sebanyak jenis mesin cetak format besar lainnya.

6. Printer Struktural Format Besar

Printer Struktural adalah salah satu jenis mesin cetak format besar buatan Roland DG yang dapat mencetak gambar dan teks bertekstur emboss (timbul). Teknologi cetak terbaru Roland dapat memberi tekstur unik pada desain Anda sehingga membuat hasil cetak terasa lebih hidup. Printer format besar jenis struktural cocok untuk mencetak materi dekorasi interior.

Teknologi bernama DIMENSE dari Roland DG sudah dipatenkan. Teknologi ini menggabungkan printer inkjet, media, dan tinta untuk membuat cetakan bertekstur 3D dalam satu langkah. Tinta DIMENSE yang berbahan dasar air sangat ramah lingkungan. Teknologi DIMENSE sudah mematuhi standar keselamatan dalam ruangan seperti sertifikasi AgBB atau A+.

Printer struktural bisa digunakan untuk membuat cetakan bertekstur 3D unik seperti:

  • Dekorasi interior
  • Branding toko
  • Lukisan kanvas
  • Seni berbingkai
  • Dinding dekorasi ekterior
  • Kemasan produ
  • Sampul buku, dan
  • Cetakan komersial lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari printer struktural adalah mampu mencetak grafik dan teks dengan efek emboss atau timbul. Selain terlihat lebih artistik, kesan timbul 3D membuat produk Anda terlihat lebih elegan dan mahal. Tinta yang dipakai terbuat dari bahan dasar air sehingga lebih ramah lingkungan. Sangat cocok untuk cetak keperluan indoor. Namun, kekurangannya adalah harga printer cukup mahal dan varian yang tersedia tidak banyak karena menggunakan teknologi yang dipatenkan Roland DG.

7. Printer 3D

Jika jenis printer format besar di atas hanya bisa mencetak gambar dan teks 2D, printer 3D dapat membuat objek yang bisa dipegang. Printer 3D bekerja dengan cara menumpuk material secara bertahap sesuai pola desain yang diinginkan. Bahan yang digunakan untuk membuat objek 3D biasanya adalah:

  • Plastik. Contohnya: PLA (polylactic acid), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PETG (polyethylene terephthalate glycol), dan nylon
  • Logam. Contohnya: Aluminium, Stainless Steel, Titanium, Nikel, dan Tembaga
  • Resin. Contohnya: Melalui proses stereolithography (SLA) atau digital light processing (DLP), resin cair dimatangkan menggunakan cahaya UV atau laser untuk membentuk objek 3D
  • Serbuk. Contohnya: Melalui metode Selective Laser Sintering (SLS) bahan untuk mencetak objek 3D meliputi: polimer, logam, dan keramik.

Pemilihan jenis bahan yang dibutuhkan disesuaikan dengan kebutuhan mesin cetak 3D. Lalu juga disesuaikan dengan sifat objek yang diinginkan dan kemampuan cetak 3D printer yang dimiliki. Setiap bahan memiliki kekuatan, daya tahan, dan karakteristik yang berbeda. Oleh sebab itu, sangat penting memilih bahan yang tepat sebelum memulai proses cetak objek 3D.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan printer 3D adalah untuk membantu pembuatan prototipe dengan cepat dan biaya rendah. Dengan begini, desainer atau insinyur dapat menguji konsep ide mereka dengan cepat sebelum mewujudkannya dengan peralatan asli. Printer 3D juga banyak digunakan pada aplikasi medis, seperti pembuatan model anatomi untuk rencana operasi, pembuatan prototipe alat medis, dan mencetak model organ dan jaringan untuk transplantasi.

Adapun kekurangan dari printer 3D adalah bahan bakunya masih sulit ditemukan. Objek yang dibuat hanya untuk prototipe yang membantu untuk pembuatan produk asli melalui proses manufaktur. Setelah tidak digunakan, objek 3D yang dibuat berpotensi terbuang dan menjadi limbah. Objek yang dibuat dengan printer 3D sulit menggantikan objek asli yang akan dibuat karena hasil akhir yang masih kasar dan material yang tidak sesuai standar.

Mesin Cetak Format Besar Terbaik

Itulah jenis-jenis mesin cetak format besar yang dijual di pasaran. Anda bisa sesuaikan kebutuhan cetak dengan jenis printer Large Format yang akan dibeli. Misalnya untuk cetak indoor berkualitas bisa pilih jenis Eco-Solvent. Sedangkan untuk cetak outdoor murah Anda bisa pilih jenis Inkjet, printer UV, atau printer latex. Printer jenis Struktural dan 3D dikhususkan untuk membuat hasil cetak unik. Sedangkan, printer sublimasi adalah pilihan terbaik untuk cetak di media kain.

Bhinneka DPS (Digital Printing Signage) menyediakan berbagai jenis Printer Large Format untuk mendukung bisnis Anda. Mesin cetak yang kami jual memiliki sertifikasi Greenguard Gold yang artinya sangat ramah lingkungan dan aman untuk karyawan Anda. Tak hanya itu, kami juga menyediakan solusi purna jual khusus mesin cetak format besar. Cek selengkapnya di sini.

Yudhistira: Yudhistira Arjuna Wicaksana atau akrab dipanggil Yudhi adalah seorang praktisi Digital Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Berbekal pengalaman yang luas dan latar belakang pendidikan Teknik Informatika, Yudhi menggabungkan pengetahuan dan pengalamannya untuk memberikan solusi bisnis praktis di bidang teknologi. Yudhi berkontribusi sebagai penulis artikel di Blog Bhinneka untuk membantu perusahaan kecil, menengah, hingga besar untuk mendapatkan rekomendasi produk terbaik agar dapat meningkatkan performa bisnisnya. Memastikan setiap orang mendapatkan akses ilmu pengetahuan teknologi secara gratis dan up to date.
Related Post