X

Bhinneka x Poltek Harber & UNAIR Gelar Sosialisasi Campus Marketplace

Dalam rangka mendukung transformasi kewirausahaan berbasis digital, Bhinneka (https://www.bhinneka.com/) menggandeng Politeknik Harapan Bersama dan Universitas Airlangga untuk menciptakan platform marketplace di kampus yang dapat dimanfaatkan oleh semua civitas akademika secara optimal. Sebelum peluncuran resmi platform tersebut, Bhinneka bersama dua universitas ini mengadakan sosialisasi terkait tata cara mendaftar sebagai pembeli (buyer) dan melakukan transaksi di website campus marketplace. Selain itu, sosialiasi tersebut juga memberikan informasi mengenai merchant campus marketplace, mulai dari tata cara pendaftaran, syarat dan ketentuan, dokumen yang diperlukan, hingga tata cara berjualan dan upload produk.

“Campus Marketplace adalah salah satu bentuk kewirausahaan berbasis digital yang dapat dimanfaatkan oleh staf, dosen, mahasiswa dan alumni. Kerjasama Politeknik Harapan Bersama dengan PT Bhinneka Mentari Dimensi merupakan langkah konkrit untuk mendukung implementasi kewirausahaan agar tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga dapat diterapkan secara nyata sesuai dengan karakter dan latar belakang universitas yang merupakan pendidikan vokasi. Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, memberikan manfaat dan berjalan secara optimal”, tutur Vice Director of Partnership and Development, Ginanjar Wiro, pada Jumat, (4/3/2022).

 

Tidak hanya Politeknik Harapan Bersama yang melakukan sosialisasi untuk menjadi merchant dan buyer di campus marketplace, salah satu kampus terkemuka di Surabaya, Universitas Airlangga, juga turut melasanakan kegiatan sosialisasi yang sama pada Sabtu, (5/3/2022). Kerja sama Bhinneka dengan UNAIR ini pun mendapat dukungan penuh dari internal, yaitu pihak kampus.

 

“Proses dan perjalanan kerja sama Bhinneka x UNAIR tidaklah mudah. Kami juga memiliki harapan untuk dapat meramaikan marketplace ini dengan cara mengajak para alumni untuk dapat bergabung, karena alumni  UNAIR sendiri sangatlah banyak. Sebagian besar mahasiswa UNAIR juga merupakan target konsumen kami”, ujar Prof. Dr. Elly Munadziroh drg.,MS selaku Direktur Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA), dalam acara sosialisasi tersebut. Beliau juga mendukung secara penuh kolaborasi ini.

Dalam kesempatan yang sama,  Yanuar Nugroho,  salah satu penanggung jawab DPKKA, mengatakan,  “Bentuk dukungan penuh kita adalah dengan akan lebih sering mengadakan promosi pada saat melakukan event-event yang pihak UNAIR lakukan demi mendukung, mengembangkan, dan membangun marketplace ini.”

Acara sosialisasi Harberstore dan  Airlangga Market juga dihadiri oleh Head of Business bhinneka.com, Dennis Kumara dan VP Strategic Management Office bhinneka.com, Ahmad Adriansyah. Dennis Kumara memperkenalkan website Harber Store dan Airlangga Market serta menjelaskan langkah-langkah untuk mendaftar sebagai buyer. Selain itu, juga diberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk mulai berbelanja di website tersebut.

Pada tersebut, Ahmad Adriansyah menjelaskan mengenai langkah-langkah registrasi merchant yang ingin berjualan di Harberstore dan Airlangga Market, dari mulai ketentuan pembuatan password hingga cara mengisi formulir yang telah disediakan untuk calon merchant. Adrian juga menjelaskan mengenai bagaimana cara mengatur toko, menambahkan informasi, logo, dan banner toko, hingga penerimaan dan pengiriman  pesanan pelanggan melalui berbagai ekspedisi yang tersedia di bhinneka.com, termasuk kurir merchant.

Berikut cara mudah untuk mendaftar sebagai merchant di kampus marketplace yang dijelaskan oleh Adrian:

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mendaftar menjadi merchant campus marketplace di antaranya adalah :

  1. Password harus terdiri dari delapan karakter, mengandung satu angka, satu huruf besar, satu huruf kecil, serta satu karakter spesial atau simbol.
  2. Dokumen-dokumen yang diperlukan adalah foto KTP, nomor NPWP (untuk mahasiswa diganti dengan Nomor Induk Mahasiswa), foto NPWP (untuk mahasiswa diganti dengan Kartu Tanda Mahasiswa).
  3. Jika dari awal sudah memilih jenis usaha Perseorangan, calon merchant tidak perlu mengunggah dokumen legalisasi perusahaan dan dapat langsung klik Daftar Jadi Penjual.
  4. Selanjutnya akan ada aturan-aturan yang harus dibaca dan patuhi ketika sudah menjadi merchant di campus marketplace. Berikan tanda centang, lalu klik Setuju. Jika notifikasi email sudah diterima, artinya calon merchant sudah terdaftar sebagai merchant dan toko sudah aktif.
  5. Untuk bisa mulai berjualan, merchant harus meng-upgrade toko, dari Reguler Merchant menjadi Managed Merchant.

Selanjutnya, Bhinneka juga berupaya membantu seluruh merchant yaitu dengan membantu mempromosikan akun-akun merchant di media sosial yang dimiliki. Jika diperlukan informasi lebih lanjut, merchant-merchant tersebut juga dapat menghubungi Bhinneka dari berbagai media sosial, seperti  Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, LinkedIn dan Blog yang tersedia.

Bhinneka: Bhinneka merupakan pionir B2B e-commerce di Indonesia yang melayani UKM, korporasi dan instansi pemerintah. Selama lebih dari 30 tahun Bhinneka melayani pengadaan barang dan jasa, seperti: gadget, PC/laptop, peralatan networking, produk MRO, elektronik kantor, furnitur, produk digital printing, software, servis, hingga jasa instalasi. Bhinneka bekerjasama dengan LKPP untuk layani pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution. Sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka aktif memberikan solusi produk dan jasa terbaik untuk semua segmen konsumen bisnis melalui blog.
Related Post