X

Tips Membeli Paper Shredder Sesuai Dengan Kebutuhan

Dalam artikel ini akan dibagikan sedikit tips membeli mesin paper shredder atau mesin penghancur kertas agar Anda tidak salah pilih. Membeli paper shredder atau mesin penghancur kertas tidak bisa asal pilih. Bila ingin membeli paper shredder perlu melakukan beberapa pertimbangan, seperti berapa lembar yang harus dihancurkan tiap hari, tujuan penggunaan dan waktu yang dibutuhkan hingga kertas hancur.

Hal ini didasarkan pada kegunaan dari paper shredder yang digunakan untuk membantu menghancurkan kertas atau dokumen yang sudah tidak dipakai. Namun seringkali, dokumen atau kertas bekas ini memiliki informasi yang bersifat privasi atau rahasia sehingga tidak bisa dihancurkan sembarangan. Dalam menghancurkan pun perlu memastikan bahwa kertas tidak dapat disatukan atau di restorasi kembali.

Kenapa Perlu Memakai Paper Shredder

Ada sejumlah alasan kenapa fungsi paper shredder menjadi sangat penting baik digunakan untuk pribadi maupun secara profesional. Alasan pertama adalah kepraktisan. Menghancurkan banyak kertas atau dokumen yang sudah tidak terpakai tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Alasan kedua adalah tingkat keamanan. Meski sudah merupakan dokumen atau kertas yang tidak terpakai lagi, mungkin dalam kertas tersebut terdapat data atau informasi yang sifatnya penting dan rahasia. Menghancurkan dokumen atau berkas seperti ini tentu tidak bisa sembarangan.

Tips Membeli Paper Shredder

Dalam memilih jenis mesin paper shredder yang digunakan terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan selain dari harga. Secara umum, semakin mahal harga paper shredder, umumnya memiliki fitur yang lebih canggih, memiliki kemampuan menghancurkan yang lebih bagus serta kecepatan hancur yang lebih tinggi.

Namun bukan berarti paper shredder dengan harga yang lebih murah tidak bagus. Oleh karenanya, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tips dalam memilih paper shredder:

Ketahui Jenis Paper Shredder

Berdasarkan penggunaan atau tujuan penggunaan, paper shredder dapat dibedakan menjadi Paper Shredder Personal dan Paper Shredder Profesional. Mesin penghancur kertas personal memiliki harga yang relatif lebih murah. Namun paper shredder personal biasanya memiliki kapasitas penghancuran yang lebih sedikit dalam sekali proses. Selain itu hasil penghancuran juga umumnya tidak terlalu kecil sehingga masih mudah direstorasi.

paper shredder profesional adalah mesin yang dikhususkan untuk penggunaan di kantor, korporasi hingga kantor pemerintahan. Biasanya paper shredder profesional memiliki kapasitas penghancuran yang lebih besar serta kecepatan penghancuran yang lebih tinggi. Dari segi tingkat keamanan, paper shredder ini juga dapat menghancurkan kertas dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi dimana hasil penghancuran jauh lebih kecil dan sulit untuk disatukan kembali.

Ketahui Jenis Potongan Paper Shredder

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan saat memilih paper shredder adalah jenis potongan atau penghancuran kertas. Paper Shredder terbagi menjadi jenis straight cut, cross cut dan micro cut.

Straight Cut adalah jenis paper shredder yang hasil potongan kertas berbentuk strip panjang dengan lebar 3/8-inci, level menengah 1/8 hingga 2/4inci dan potongan terkecil 1/16 inci.

Cross Cut adalah jenis paper shredder yang memotong kertas secara diagional kearah berlawanan dan menghasilkan potongan kecil berbentuk berlian sehingga hasil penghancuran jauh lebih kecil dan sulit disatukan dan menawarkan tingkat keamanan yang tinggi.

Micro Cut merupakan paper shredder yang menghasilkan potongan yang sangat aman karena pisau mikro memotonganya dengan sangat halus, sehingga hampir mustahil untuk disatukan kembali

Ketahui Level Keamanan Paper Shredder

Level keamanan dari paper shredder berkaitan dengan jenis potongan dari mesin. Semakin kecil potongan, level keamanan semakin tinggi. Level 1 dan 2 umumnya belum mencukupi untuk menjamin informasi bisnis sensitif perusahaan terlindungi. Strip cut menawarkan perlindungan level 1 dan 2, serta level 3 untuk potongan terkecil. Cross cut ada pada level 2 atau 3, sedangkan micro cut menawarkan perlindungan level 4

Ketahui Kapasitas Penghancuran Mesin

Setiap paper shredder memiliki spesifikasi yang berbeda. Anda perlu mengetahui berapa banyak kertas yang bisa dihancurkan oleh mesin dalam satu waktu. Ini untuk menghindari risiko paper jamming yang membuat kertas tersangkut dan dapat merusak mesin.

Sesuaikan mesin dengan kebutuhan penghancuran kertas yang Anda perlukan. Tentunya ada baiknya Anda menggunakan paper shredder yang ditujukan untuk penggunaan profesional apabila hendak digunakan untuk kebutuhan kantor atau perusahaan yang Anda miliki.

Categories: Tips & Tutorial
Baladewa: Putra Baladewa Setiadji atau biasa dipanggil Putra memiliki pengalaman 5 tahun sebagai penulis di bidang gaya hidup (lifestyle). Lulusan sarjana komunikasi ini memulai karirnya sebagai penulis lepas di berbagai media massa. Selain berkecimpung sebagai penulis, Putra juga memiliki bisnis makanan ringan di kota Makassar. Menurutnya, bisnis makanan ringan sangat menjanjikan karena mudah dikembangkan dengan banyak ide inovasi. Jenis, menu, dan rasa bisa langsung disesuaikan dengan preferensi konsumen yang cepat berubah.
Related Post