Tips & Tutorial

Cara Memilih Madu Manuka yang Asli

Madu Manuka adalah salah satu jenis madu yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari madu manuka, Anda perlu mengetahui cara memilih madu manuka yang asli.

Mengetahui madu manuka yang asli dan cara memilihnya, sangat penting dikarenakan harga dari madu manuka yang lebih mahal bila dibandingkan dengan madu biasa. Oleh karenanya, tentu Anda tidak mau tertipu atau salah dalam memilih madu manuka bukan?

manfaat madu manuka

Pada artikel ini akan dibahas sejumlah tips yang bisa membantu Anda dalam memilih produk madu manuka agar dapat mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan dari madu manuka secara optimal.

Apa itu Madu Manuka

Bunga manuka (Leptospernum scoparium) merupakan salah satu jenis bunga yang tumbuh di wilayah New Zealand dan bagian selatan dari Australia. Dikarenakan kekhasan dari sumber madu yang dihasilkan lebah ini, membuat madu manuka memiliki aroma serta tekstur dan juga warna yang berbeda dan unik dibandingkan dengan jenis madu lainnya.

Perbedaan Madu Manuka yang Asli dengan Madu Biasa

Madu manuka lebih terasa kental dan lengket dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Dan salah satu pembeda utama adalah pada madu manuka kandungan MGO nya sangat tinggi dibandingkan madu biasa.

Manfaat utama dari madu manuka berasal dari kandungan MGO atau methulglyoxal yang tinggi, dimana kandungan MGO ini memiliki sifat anti bakteri. Adapun kandungan MGO pada madu manuka jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang terdapat dari madu biasa.

Apa itu Standarisasi UMF

UMF atau Unique Manuka Factor adalah standarisasi internasional yang mengukur kekuatan senyawa antibakteri dalam madu manuka. Semakin tinggi angka UMF, maka dapat dikatakan makin tinggi pula tingkat senyawa pelindung yang ada dalam madu manuka tersebut.

Hal ini jugalah yang membuat harga manuka semakin mahal seiring making tinggi angka UMF yang dimiliki madu tersebut. Adapun madu manuka dengan tingkat UMF yang tinggi, dipercaya lebih poten untuk sejumlah manfaat kesehatan.

Apabila Anda menggunakan madu manuka untuk konsumsi sehari – hari seperti selai, Anda dapat memilih madu manuka dengan kandungan UMF yang lebih rendah.

Cara Memilih Madu Manuka yang Asli

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan atau perhatikan untuk memastikan madu manuka yang Anda beli asli. Beberapa cara tersebut antara lain:

  1. Memperhatikan kemasan madu manuka yang Anda beli. Biasanya akan tercantum nilai label UMF maupun MGO pada kemasan madu manuka asli, misalnya UMF 5+, MGO 550, dll
  2. Madu manuka tersebut berasal dari Selandia Baru
  3. Apabila madu manuka tersebut menggunakan standarisasi UMF, Anda dapat mengecek lisensi UMF tersebut pada website
  4. Pastikan membeli madu manuka dari perusahaan dengan lisensi yang resmi

Leave a Reply