X

Cara Mengatasi Gusi Bengkak yang Bisa Dicoba di Rumah

Gusi bengkak adalah kondisi yang seringkali dialami semua orang dan cukup mengganggu sehingga banyak yang mencari tahu cara mengatasi gusi bengkak. Apabila gusi sedang tidak sehat atau bengkak, gusi dapat berubah warna menjadi lebih merah dan lebih terang. Selain itu gusi juga menjadi lebih sensitif dan dapat mengeluarkan darah saat menggosok gigi.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai ciri gusi yang sehat dan apa saja yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Salah satu cara paling umum untuk mencegah gusi bengkak adalah dengan menjaga kebersihan mulut.

Apabila Anda sudah mengalami gusi bengkak, tentu ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala gusi bengkak serta mengatasinya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membantu meringankan gejala dari gusi bengkak.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Pembengkakan pada gusi merupakan hal yang umum terjadi dan biasanya terjadi karena adanya infeksi pada area gusi. Apabila Anda mengalami gusi bengkak, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk meringankan gejala gusi bengkak:

Berkumur dengan Air Garam

Penyebab utama gusi bengkak adalah infeksi bakteri pada area gusi. Untuk itu, berkumur dengan air garam dapat menjadi salah satu cara yang ampuh. Air garam dapat membantu membunuh bakteri sehingga dapat meringankan dan mempercepat penyembuhan gusi bengkak.

Mengompres Gusi yang Bengkak

Untuk meringankan gusi yang bengkak dapat dilakukan dengan mengompres gusi. Anda dapat mengompres gusi dengan menggunakan es batu maupun air hangat. Kompres lah gusi dengan es batu apabila bengkak tidak disertai dengan rasa nyeri. Sebaliknya bila gusi bengkak disertai nyeri, kompres dengan air hangat.

Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi gusi bengkak dan meredakan rasa nyeri akibat bengkak pada gusi. Anda dapat menggunakan minyak cengkeh dengan mengoleskannya langsung pada area gusi yang bermasalah atau meneteskannya dalam segelas air untuk berkumur.

Menggunakan Teh Celup

Untuk mengatasi gusi bengkak dan meredakan peradangan juga dapat menggunakan teh celup seperti teh hitam atau teh hijau. Rendam kantong teh dalam air mendidih selama 5 menit, dan setelah antong teh cukup dingin, Anda dapat mengoleskan langsung kantong teh tersebut ke gusii yang bengkak.

Menjadwalkan Kunjungan ke Dokter Gigi

Apabila gusi bengkak tidak kunjung membaik, ada baiknya Anda menjadwalkan kedatangan ke dokter gigi. Beberapa penyebab gusi bengkak tidak dapat diatasi sendiri di rumah dan perlu mendapatkan bantuan dari dokter, misalnya gusi bengkak akibat adanya abses pada gusi.

Selain cara di atas, Anda juga dapat melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari gusi bengkak dengan cara:

  1. Menyikat gigi dengan rutin dan bersih serta memastikan celah gigi terhindar dari sisa makanan yang terselip
  2. HIndari merokok dan minum minuman beralkohol
  3. Gunakan pasta gigi dan obat kumur yang tidak menyebabkan iritasi
  4. Hindari menyikat gigi terlalu keras karena dapat melukai gusi
  5. Konsumsi buah dan sayuran secara teratur agar vitamin yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan gusi terpenuhi
Categories: Tips & Tutorial
Baladewa:
Related Post