Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Apa Itu Customer Segmentation? Kenali Fungsi dan Jenisnya

Menjadi seorang pengusaha dan berbisnis tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada sebuah fase di mana seseorang harus membuat bisnis plan sehingga aktivitas usaha dapat berjalan baik. Dalam merancang bisnis plan, terdapat tahapan customer segmentation yang dapat membuat proses pemasaran produk menjadi lebih maksimal.

Mengenal Customer Segmentation

Customer segmentation adalah sebuah cara untuk seseorang mengkategorikan konsumen sehingga terbagi dalam beberapa segmen atau karakteristik. Metode ini sering dimanfaatkan oleh pebisnis untuk menyusun strategi pemasaran agar produk bisa tepat sasaran. Melalui customer segment ini juga Anda dapat memetakan pelanggan secara lebih detail.

Mungkin banyak yang belum mengetahui apabila setiap bisnis memiliki segmen customernya masing masing. Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang dapat menguasai pasar harus memahami betul cara kerja dan customer segmentation ini. Cara terbaik untuk mengimplementasikan adalah dengan mengenali karakteristik pelanggan terlebih dahulu.

Dengan mengenal para konsumen lebih dekat, Anda sebagai pengusaha akan memahami produk dan jasa yang relevan dengan segmen itu. Tentunya hal ini akan meningkatkan peluang seseorang untuk memperoleh keuntungan lebih besar.

Fungsi Customer Segmentation dalam Bisnis

Dalam mengelola usaha dan membangun bisnis plan yang baik, memahami customer segmentasi ini sangatlah penting. Terdapat beberapa fungsi dari customer segment in yang harus Anda pahami sebagai pengusaha, berikut ulasannya,

1. Memudahkan dalam Menentukan Harga

Fungsi pertama dari customer segmentasi ini adalah memudahkan Anda dalam menentukan harga produk atau jasa. Proses menentukan harga produk ini memang harus teliti terkadang pengusaha harus melihat tingkat kecocokan harga dengan keuangan konsumen serta status sosialnya.

Apabila penentuan harga sudah sesuai dengan segmentasi pelanggan, kemungkinan produk akan konsumen beli meningkat. Hal ini karena harga sesuai dengan kemampuan atau daya beli para konsumen. Menentukan harga berdasarkan segmentasi konsumen ini sangat berdampak positif pada bisnis.

2. Membuat Strategi Pemasaran yang Kompetitif

Fungsi kedua dari customer segmentation ini adalah membantu pengusaha agar bisa bersaing dalam hal pemasaran. Kehadiran customer segmentation ini sangat penting khususnya bagi usaha skala kecil yang baru lahir. Untuk bersaing dengan perusahaan besar dalam hal pemasaran segmentasi konsumen akan berpengaruh.

Melalui konsep pemasaran berdasarkan customer segmentasi ini, Anda dapat menjual produk ke segmen pasar kecil dan lebih spesifik. Hal ini karena segmen tersebut biasanya beberapa perusahan besar lepas dan ini akan jadi peluang paling menguntungkan buat seorang pengusaha kecil.

3. Mengoptimalkan dan Tingkatkan Penjualan Produk

Ketika menjalankan bisnis, tentunya menjual produk sebanyak mungkin adalah tujuan utamanya. Dalam merealisasikan hal ini Anda harus memahami kebutuhan pasti dan karakteristik para konsumen. Dengan mengetahui permasalahan konsumen sebagai pengusaha akan bisa mengidentifikasi solusinya

Tentunya untuk mendapatkan solusi Anda harus menentukan target segmen pasarnya dulu. Misalnya memperhatikan perilaku serta demografis dari konsumen terlebih dahulu. Aktivitas ini nantinya akan membantu pengusaha menemukan solusi bisnisnya.

4. Loyalitas Konsumen Meningkat

Segmentasi konsumen ini juga sangat penting untuk membangun hubungan positif antara produsen dan pelanggan. Apabila pelanggan merasa puas dengan jasa maupun produk tersebut, maka kecenderungan akan kembali membeli serta menggunakannya akan meningkat secara signifikan.

Apabila hal ini terus berlangsung dalam kurun waktu yang lama secara konsisten, maka tingkat loyalitas atau kesetian pelanggan pun meningkat. Secara tidak langsung hal ini akan membantu bisnis Anda mendapatkan penghasilan besar dan keuntungan maksimal.

Beberapa Jenis Customer Segmentation dalam Bisnis

Setelah mengetahui betapa pentingnya fungsi dari Customer Segmentation, Anda juga harus tahu jenis jenisnya. Dalam prakteknya ada beberapa jenis customer segmentation yang harus pengusaha telaah agar bisnis berjalan baik. Berikut adalah jenis jenis customer Segmentasi.

  • Segmen perilaku, mengetahui sikap pembeli secara mendalam dan membuat produk yang dapat menyesuaikannya.
  • Segmentasi Demografis, memahami konsumen dari demografisnya seperti data kependudukan, jenis kalmin, suku, pekerjan, dan status ekonomi.
  • Segmentasi Geografis, Memahami konsumen dari tempat ia berasal dan tradisinya.
  • Segmentasi Manfaat, Memahami manfaat yang pelanggan terima dari sebuah produk.
  • Segmentasi Pelanggan baru dan lama, memahami sifat konsumen baru dan lama sehingga bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini terkait aktivitas promosi dan potongan harga.

 

Leave a Reply